• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Sederhana Meredakan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Cara Sederhana Meredakan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi pada ibu hamil. Meski sebagian besar kasus sakit pinggang bisa membaik tanpa membutuhkan pengobatan, tetapi masalah ini tetap saja bisa mengakibatkan dampak negatif pada kenyamanan ibu. Bahkan, sakit pinggang juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius lagi. 

Keluhan sakit pinggang ketika hamil terjadi karena perubahan pusat gravitasi pada tubuh. Oleh karena kandungan yang kian lama makin membesar, ibu hamil perlu mengendalikan postur tubuh saat berdiri maupun berjalan. Perubahan hormon dan ligamen yang berkembang guna persiapan persalinan, juga sedikit banyak berpengaruh pada sakit pinggang yang dirasakan ibu ketika hamil. 

Baca juga: Waspada Gangguan Ginjal saat Muncul Sakit Pinggang? 

Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil

Hamil bukan berarti ibu bebas bermalasan karena memang tubuh yang mudah lelah. Justru, aktivitas fisik tetap harus dilakukan guna mengurangi keluhan yang kerap terjadi saat hamil seperti sakit pinggang. Nah, agar sakit pinggang tak mengganggu kenyamanan, redakan dengan cara sederhana berikut ini. 

  • Tidak Berdiri atau Duduk Terlalu Lama

Ibu pasti kerap mendengar atau mendapatkan nasihat bahwa jangan berdiri atau duduk terlalu lama ketika sedang hamil. Ini bukan tanpa alasan, ternyata duduk maupun berdiri terlalu lama ketika hamil memang tidak baik untuk kondisi kehamilan dan tubuh ibu. Salah satunya bisa menyebabkan sakit pinggang. 

  • Menjaga Berat Badan agar Tidak Kegemukan

Meski saat hamil ibu membutuhkan kalori tambahan untuk janin yang sedang berkembang, tetapi bukan berarti ibu bisa makan dengan bebas dan membuat berat badan menjadi tidak terkendali. Bukannya sehat, kondisi ini justru akan memperburuk sakit pinggang dan memicu banyak gangguan kesehatan lainnya, seperti diabetes gestasional

Baca juga: Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang

  • Rutin Berolahraga

Nah, aktivitas ini tidak boleh ibu lupakan. Olahraga menjadi cara paling mudah, murah, dan sederhana untuk meredakan sakit pinggang selama hamil. Bukan olahraga berat, lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki dan berenang. 

Kalau berjalan kaki, lakukan setiap hari selama 10–15 menit dan tambah intensitas dan durasinya setiap minggu. Tidak hanya mengurangi sakit pinggang, jalan kaki juga membuat proses persalinan lebih lancar. 

  • Hindari Penggunaan Sepatu Hak Tinggi

Saat hamil, sebaiknya ibu menghindari mengenakan sepatu hak tinggi ya, terlebih dalam waktu lama. Ini akan membuat sakit pinggang ibu menjadi semakin parah, bahkan bisa memicu varises dan keluhan lainnya. Gunakan saja sepatu yang nyaman dengan sol yang datar atau tanpa hak selama hamil. 

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

  • Pijat Hamil Tidak Ada Salahnya

Tubuh yang terasa mudah lelah ketika hamil pasti sangat nyaman rasanya kalau dipijat, ya? Ibu boleh kok melakukan pijat hamil, asalkan oleh tenaga yang memang ahli. Kalau ibu masih ragu, tanyakan dulu saja pada dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc. Jadi, tubuh nyaman dan kondisi kandungan pun tetap aman.

  • Perbaiki Posisi Tidur

Ibu hamil disarankan untuk berbaring dalam posisi miring dan menghindari telentang. Ketika berbaring, tekuklah salah satu lutut dan berikan bantal sebagai penyangga di bawahnya. Saat duduk, ibu juga bisa menggunakan bantal sebagai alas duduk dan penyangga punggung. 

Itulah tadi beberapa cara sederhana meredakan sakit pinggang ketika hamil yang bisa ibu coba. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan lakukan kontrol kandungan secara rutin, ya!



Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Back pain during pregnancy: 7 tips for relief.
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Your pregnancy and baby guide. Back pain in pregnancy.
Baby Center. Diakses pada 2020. Lower back pain during pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2020. Back Pain in Pregnancy.