Awali Pagimu dengan Menu Sarapan Sehat dan Berenergi

MAKANAN SEHAT 06 September 2017

Halodoc, Jakarta - Mulailah pagimu dengan menyantap sarapan sehat. Dengan sarapan sehat, tubuh menjadi lebih berenergi dan siap menjalani aktivitas sehari-hari. Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat juga memberikan efek positif untuk kesehatan, seperti dapat mengontrol berat badan, meningkatkan konsentrasi kerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol. Sarapan juga bisa menjaga stamina sepanjang pagi dan mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba. Berikut kamu bisa mengawali pagimu dengan menu berikut ini:

1.  Karbohidrat
Banyak orang menganggap sarapan sepenuhnya harus diisi dengan karbohidrat. Itu salah besar. Sarapan tidak hanya sekedar karbohidrat, tetapi harus ditambah yang lainnya. Setidaknya, dalam satu sarapan harus ada 25% sampai 40% karbohidrat dari total makanan yang ada. Tujuan dipilihnya karbohidrat adalah agar energi kita tercukupi. Beras merah lebih baik daripada beras putih dan untuk alternatif, bisa digantikan dengan gandum. Kamu bisa mencoba roti gandum dan hindari roti tawar putih karena bisa menaikkan kadar gula darah. Perlu diingat, sebelum mengetahui menu sarapan sehat berenergi, kamu juga harus mengetahui dan memperhatikan nutrisinya juga.

2.  Protein
Hampir sama dengan karbohidrat, protein minimal harus ada sekitar 15 sampai 25% di setiap menu sarapan sehat. Protein memang sangat penting, karena bisa menambah masa otot dan mendukung pertumbuhan. Jadi bisa langsing dan berotot. Makanan yang mengandung protein cukup banyak. Seperti susu rendah lemak, ikan (terutama salmon dan tuna), daging rendah lemak, kacang-kacangan dan telur.

3.  Serat
Serat adalah yang utama untuk mendukung diet. Minimal harus mencapai angka 25% serat saat dimakan pada sarapan. Untuk kandungan serat, banyak terdapat pada buah dan sayur, kamu tinggal memilih mana yang lebih disukai. Buah pisang, apel dan alpukat masih menjadi primadona. Sedangkan sayuran hijau seperti bayam, sangat cocok untuk dikonsumsi.

4.  Lemak
Lemak yang dimakan bukanlah lemak jahat seperti lemak trans dan lemak jenuh, namun berupa lemak tak jenuh. Apa saja makanan yang mengandung lemak tak jenuh? Contohnya yaitu seperti tahu dan tempe. Kemudian selai kacang, yang bisa di kombinasikan dengan roti gandum dan juga makanan yang digoreng dengan minyak zaitun.

5.  Kalori
Dari keempat komposisi gizi diatas, jumlah total kalori yang didapat harus berada di atas 300 kkal dan dibawah 400 kkal. Idealnya sekitar 350an kalori yang harus ada pada menu sarapan sehat. Setelah tahu angka kecukupan gizi untuk sarapan, kamu juga harus tahu kapan waktu terbaik untuk sarapan diet.

Rekomendasi Menu Sarapan Sehat dan Berenergi:
Roti Gandum dan Telur Omelet Isi Sayur

Cara mudah untuk mendapat kandungan protein dari makanan adalah dengan mengonsumsi telur, serta untuk mendapatkan kandungan serat kamu juga dapat menambahkan sayuran pada adonan omelet serta telur rebus dan pisang.

Oats
Oats merupakan sarapan pagi dengan kandungan karbohidrat yang baik. Tetapi kamu juga perlu kandungan yang baik dari makanan lain. Untuk itu kamu dapat menambahkan buah-buahan untuk kandungan seratnya. kamu juga boleh menambahkan susu rendah lemak agar oats memiliki cita rasa.

Roti Gandum Dengan Selai Kacang dan Buah
Selain dengan omelet, kamu bisa mengonsumsi roti gandum untuk sarapan dengan mengoleskan selai kacang dan sedikit buah diatasnya.

Sereal Biji-bijian
Menu sehat lainnya yaitu sarapan sereal biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat. Agar tidak bosan dengan rasa sereal biji-bijian, kamu bisa menambahkan toping berupa buah-buahan dan tambahkan juga susu rendah lemak.

Jus Pisang
Jus pisang mungkin kedengarannya sangat sederhana. Tetapi untuk sarapan pagi jus pisang ini sudah cukup untuk mengganjal perut. Kamu bisa mengkombinasikan jus pisang dengan susu rendah lemak dan selembar roti gandum.

Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa bertanya kepada dokter lewat aplikasi HalodocDownload aplikasi maka kamu bisa bertanya via chat, voice atau video call. Kamu juga bisa membeli obat melalui smartphone dengan cepat, aman dan nyaman tanpa harus keluar rumah.

BACA JUGA: 5 JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI UNTUK SARAPAN


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

23 July 2018

Tidak hanya lemak dan karbohidrat, konsumsi terlalu banyak gula juga berbahaya. Nah, berikut ini cara melakuka...

Selengkapnya

OLAHRAGA

23 July 2018

Bangun pagi adalah kebiasaan yang baik. Daripada tidur lagi, lebih baik lakukan kebiasaan yang memengaruhi met...

Selengkapnya

KECANTIKAN

23 July 2018

Tukak lambung merupakan sebuah kondisi ketika lapisan dinding lambung mengalami luka. Sebaiknya kamu ketahui b...

Selengkapnya