Cegah Dehidrasi saat Pulang Mudik dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cegah Dehidrasi saat Pulang Mudik dengan 4 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Mudik sejatinya dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Apapun jenis transportasi yang menjadi pilihan seringnya seseorang merasa kehabisan tenaga dan kelelahan. Karenanya, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk menjaga diri tetap terhidrasi saat menjalani mudik.

Beberapa gejala yang menunjukkan kalau seseorang mengalami dehidrasi adalah rasa haus meningkat, kelelahan/kelesuan, pusing, sakit kepala, urine kuning gelap, penurunan output urine, mulut terasa lengket atau kering, hilangnya elastisitas kulit, dan sifat lekas marah.

Kabar baiknya adalah dehidrasi sangat mudah diperbaiki. Dehidrasi biasanya lebih dari sekadar kekurangan cairan, karena ini juga menandai kamu mengeluarkan garam dan gula penting yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Inilah yang harus digantikan.

Baca juga: Begini Cara Membuat Tubuh Fit Selama Mudik

Berikut cara untuk mencegah dehidrasi saat pulang mudik, yakni:

  1. Ambil banyak cairan, idealnya air, untuk menggantikan apa yang telah hilang

  2. Ganti garam yang hilang dengan saset (atau lebih) dari garam rehidrasi oral, juga dikenal sebagai larutan elektrolit Ini dapat ditemukan di apotek atau toko serba ada, baik dalam bentuk bubuk maupun sebagai minuman olahraga.

  3. Jika kamu tidak dapat menemukan garam atau solusi rehidrasi, kamu dapat membuatnya sendiri. Caranya, campurkan 2 sendok makan gula, setengah sendok teh garam, dan 1 liter air.

  4. Beristirahat. Kamu mungkin akan merasa sangat lelah, dan tubuh perlu waktu untuk pulih. Luangkan waktu di tempat yang sejuk dan santai, nikmati banyak hal di atas, hingga kamu merasa lebih baik.

Baca juga: Awas, Ini 5 Tanda Tubuh Sudah Dehidrasi

Berbahaya Buat Lansia

Dehidrasi sangat berbahaya bagi orang dewasa yang lebih tua karena tubuh mereka menyimpan lebih sedikit air. Beberapa hal yang perlu diingat:

  1. Jangan menunggu sampai merasa haus untuk minum. Pastikan kamu minum cairan sepanjang hari dalam kondisi haus atau tidak.

  2. Pastikan air mudah dijangkau siang dan malam.

  3. Minum antara 6 dan 8 gelas cairan sehari. Jika suhunya tinggi atau kamu demam, minumlah lebih banyak.

  4. Jangan melewatkan makan. Kamu biasanya mendapatkan banyak cairan dari makanan biasa.

  5. Minumlah jus buah, minuman olahraga, susu, dan kaldu, tapi hindari minuman berprotein tinggi dan minuman beralkohol. Jenis ini bisa membuat kamu mengalami dehidrasi.

  6. Makanlah makanan seimbang yang mencakup buah-buahan dan sayuran. Jenis makanan yang mengandung sejumlah besar air, garam, dan vitamin dan dapat membantu mencegah dehidrasi.

Baca juga: Berapa Lama Tubuh Dapat Bertahan Tanpa Air?

Siapa pun yang berolahraga, berapapun usia, ataupun tingkat keahliannya, perlu memastikan mereka mendapatkan cukup cairan:

  1. Minumlah secangkir air sekitar 4 jam sebelum berolahraga.

  2. Siapkan setengah cangkir air lagi setiap 10 hingga 15 menit saat berolahraga.

  3. Minumlah air setelah selesai berolahraga. Jika tubuh memproduksi banyak urine berwarna terang itu pertanda baik.

  4. Mengikuti aturan umum untuk berolahraga ini tidak hanya akan membantu kamu tetap terhidrasi, itu juga akan menjaga detak jantung dan suhu tubuh dari detak yang terlalu tinggi, dan peningkatan kinerja.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak tips cegah dehidrasi saat pulang mudik, serta masalah kesehatan yang biasanya timbul saat mudik, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to A Doctor,  kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.