11 June 2018

Begini Cara Membuat Tubuh Fit Selama Mudik

Begini Cara Membuat Tubuh Fit Selama Mudik

Halodoc, Jakarta – Tidak terasa Lebaran sudah di ujung mata. Sebagai tradisi yang tidak bisa diluputkan begitu saja, mudik menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan setiap tahun. Karena hampir semua orang melakukan mudik, bisa dipastikan kamu bakal terjebak dengan kemacetan dan khalayak ramai. Seringkali kondisi yang crowded seperti ini membuat tubuh tidak fit. Kalau tubuh jadi tidak fit, pastinya kamu jadi kurang menikmati perjalanan mudikmu.

Karenanya perlu untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama mudik. Walaupun kamu terjebak berjam-jam dalam kemacetan, ketika Lebaran tiba, kamu tetap bisa melakukan silaturahmi tanpa harus terganggu karena kesehatan yang sedang tidak baik. Yuk, ikuti tips di bawah ini supaya tetap fit selama mudik. (Baca juga: 5 Tips Lebaran Sehat)

  1. Tidur yang Cukup

Apapun pilihan transportasi yang kamu gunakan ada baiknya satu hari sebelum berangkat kamu tidur yang cukup agar badan tidak tiba-tiba drop. Tidak hanya secara kuantitas saja, pastikan tidurmu juga berkualitas. Jangan begadang atau disibukkan dengan mengepak barang sehingga tidurmu jadi molor. Persiapkan perjalananmu mulai dari barang-barang yang akan dibawa sehari sebelumnya dan jangan lakukan di malam hari yang mengganggu waktu tidurmu.

  1. Minum Air Putih

Kelelahan akan menyebabkan dehidrasi. Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih. Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan sembelit. Pastinya kamu tidak mau perjalanan mudik jadi terganggu karena sembelit yang tiba-tiba muncul di tengah kemacetan kan? (Baca juga: 4 Bahaya Makan Gorengan untuk saat Berbuka)

  1. Konsumsi Vitamin C

Supaya fit selama mudik, ada baiknya kamu mengonsumsi vitamin C. Butuh rekomendasi vitamin C terbaik untuk dikonsumsi sebelum dan selama perjalanan mudik, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Pedas Saat Mau Mudik

Mengonsumsi makanan pedas akan memicu sakit perut dan diare, apalagi kalau pencernaanmu sedang terganggu. Ada baiknya kamu menghindari makanan dengan rasa kuat, supaya perjalanan mudikmu tidak terganggu. Perbanyak makan buah dan sayur-sayuran yang mendinginkan perut, sehingga perjalanan tidak riskan karena sakit perut yang bisa bikin diare.

  1. Sediakan Minyak Angin

Terjebak macet, berhimpitan dengan penumpang lain, serta hal-hal lain yang biasa mengiringi perjalanan mudik pada umumnya sering membuat mual dan keinginan untuk muntah. Supaya aman, ada baiknya kamu menyiapkan minyak angin bila sewaktu-waktu perasaan mual datang. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan menghirup minyak angin atau mengusapkan minyak angin ke leher, perut, dan dada untuk meringankan rasa mual tersebut.

  1. Nikmati Perjalananmu

Terkadang badan tidak fit datang dari pikiran saja. Kalau kamu berpikir positif, berusaha menikmati perjalanan, dan tidak mengeluh segala sesuatunya tidak akan menjadi masalah yang siginifikan. Untuk melengkapimu menikmati perjalanan, ada baiknya kamu mengisi gadget dengan playlist atau buku bacaan. Selain itu, penuhi pikiran dengan kegembiraan karena kamu akan bertemu sanak saudara di kampung halaman.

  1. Jangan Terlalu Banyak Mengemil di Perjalanan

Biasanya untuk mengusir rasa bosan, orang senang mengemil makanan. Seringnya makanan yang dikonsumsi adalah keripik asin ber-MSG dan minuman bersoda. Rasa jenuh cenderung menimbulkan keinginan untuk makan camilan enggak sehat. Padahal, durasi perjalanan yang panjang akan membuatmu cenderung merasa mual karena terlalu banyak mengudap makanan tak sehat.