• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Diabetes dengan Diet ala Oprah Winfrey

Cegah Diabetes dengan Diet ala Oprah Winfrey

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Selama puluhan tahun, Oprah Winfrey menjadi inspirasi banyak orang. Entrepreneur sekaligus selebriti asal Amerika Serikat ini belakangan menarik perhatian banyak orang berkat diet yang ia lakukan. Diet ini disebut diet OMD (One Meal a Day), diyakini efektif meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Melalui diet OMD ini, kamu tidak dibatasi untuk mengonsumsi makanan apa pun setiap hari. Namun, diet ini meminta kamu untuk berkomitmen mengonsumsi makanan nabati dalam satu hari. Tidak hanya berfokus pada upaya pencegahan diabetes dan penyakit kronis lainnya, diet ini mengedepankan efek positif untuk lingkungan. 

Baca juga: Tips untuk Memulai Diet Vegetarian

Mengutamakan Makanan Nabati

Rencana diet OMD ini dicetuskan oleh Suzy Amis Cameron, seorang pencinta lingkungan. Suzy menuliskan ide tentang pola diet sehat ini dalam bukunya yang berisi banyak resep nabati untuk dikonsumsi keluarga. Menarik perhatian, Oprah mengundangnya ke acara SuperSoul Sunday Oprah dan membahas lebih dalam mengenai hal ini. 

Melansir The Global Diabetes Community, pola makan vegetarian dapat membuat kesehatan fisik dan psikis pengidap diabetes tipe 2 semakin membaik. Hal ini karena mereka beralih kepada makanan yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, serta mencukupi serat dan protein. Akibat kebiasaan ini, kadar glukosa darah mudah untuk dikendalikan. Artinya, pengidap diabetes yang menerapkan diet ini mampu mencegah komplikasi.

Lewat buku yang ditulis oleh Suzy ini, terdapat jenis makanan yang lezat bahkan tidak membuat kamu tersadar bahwa tengah menjalani diet.  Resep makanan tersebut mencakup puding chia, smoothie, hummus ubi jalar, spaghetti Bolognese vegan, dan bahkan makanan penutup, seperti kue wortel vegan dan cokelat mousse.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Penurunan Berat Badan Jadi Bonusnya

Banyak pengidap diabetes, khususnya diabetes tipe 2, memiliki tujuan yang kuat untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan dipahami sebagai cara terbaik untuk mengontrol diabetes. Diet vegan dengan indeks glikemik yang lebih rendah dan tingkat serat yang lebih tinggi adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan indeks massa tubuh.

Dengan mengikuti diet vegan rendah lemak, menghindari daging dan susu, maka ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan efisien dan kemudian menurunkan berat badan. Para peneliti juga sepakat bahwa orang dengan diabetes yang mengonsumsi makanan vegetarian dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi ginjal.

Baca juga: Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!

Berkontribusi juga Bagi Keselamatan Lingkungan

Tidak hanya menyehatkan, dengan menjalankan diet OMD ini, maka kamu telah berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Mulai dari upaya penghematan air dan pohon, mengurangi gas rumah kaca, dan melindungi hewan yang terancam punah. 

Dengan banyaknya bencana yang belakangan sering terjadi, krisis iklim dinilai sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat. Dengan implikasi yang mencakup kerawanan pangan, risiko keamanan air, polusi udara, dan penyakit yang dibawa oleh serangga. Menurut para ilmuwan, makanan yang dimakan memainkan peran utama dalam kondisi iklim, termasuk produksi sepertiga dari semua emisi gas rumah kaca global.

Ingin tahu tips lain dalam mencegah diabetes? Kamu bisa chat dokter di Halodoc untuk mendapatkan jawabannya. Dokter di Halodoc selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan.

Referensi:
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2020. Vegan Diet.
Health. Diakses pada 2020. What Is Oprah's Latest Diet? A Nutritionist Explains the OMD Plan.