09 October 2018

Jangan Salah, Ini Bedanya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

jangan salah ini bedanya diabetes tipe 1 dan tipe 2

Halodoc, Jakarta- Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal dalam tubuh. Kadar gula atau glukosa memang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pembentukan energi, tetapi dengan jumlah yang tidak melebihi batas. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki pengidap diabetes cukup besar. Tahun 2013 saja, pengidap diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai 8,5 juta orang.

Penyakit diabetes memiliki dua jenis yang berbeda. Ada penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Meskipun kedua penyakit ini disebabkan oleh kadar gula darah dalam darah, tetapi kedua jenis diabetes ini nyatanya berbeda. Berikut perbedaan antara penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2:

1. Diabetes Tipe 1 Merupakan Autoimun, Sedangkan Diabetes Tipe 2 Bukan

Penyakit diabetes nyatanya akan muncul jika kesehatan kamu bermasalah dengan insulin. Insulin adalah salah satu hormon yang dapat membantu mengubah gula dari makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Karena itu, ketika insulin dalam tubuh tidak mencukupi maka akan ada penumpukan gula darah yang membuat penyakit dalam tubuh. Perbedaannya, pada diabetes tipe 1 tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali. Oleh karena adanya autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh kamu menyerang sel-sel yang ada dalam tubuh. Termasuk pankreas yang merupakan organ tubuh yang memproduksi insulin. Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh kamu masih memproduksi insulin, tetapi dalam jumlah yang sedikit. Itulah salah satu bedanya diabetes 1 dan 2.

2. Pengobatan Diabetes Tipe 2 Bervariasi

Pada diabetes tipe 1 tubuh pengidap tidak memproduksi insulin dengan baik maka harus melakukan injeksi insulin secara rutin. Sementara itu, pengidap diabetes tipe 2 memiliki pilihan pengobatan yang lebih bervariasi, di antaranya dengan menurunkan berat badan atau mengonsumsi obat. Tujuannya membuat tubuh memproduksi kadar insulin lebih banyak dari biasanya atau menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kamu.

3. Diabetes Tipe 1 Lebih Banyak Menyerang Anak-anak

Meskipun penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tapi diabetes tipe 1 lebih banyak ditemukan pada anak-anak. Karena itu, pastikan anak mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, pastikan gizi dan nutrisi anak terpenuhi dengan baik dan seimbang. Anak-anak yang mengidap diabetes tipe 1 kemungkinan akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 pada saat usia dewasa. Khususnya, saat memasuki usia 45 tahun.

4. Diabetes Tipe 2 Berhubungan dengan Berat Badan

Biasanya pada penyakit diabetes tipe 1, berat badan tidak akan menjadi penyebab seseorang mengidap penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan baik. Namun pada orang yang memiliki berat badan yang berlebih, kemungkinan berisiko terserang diabetes tipe 2.

5. Pengidap Diabetes Tipe 2 Hindari Makanan Manis

Pengidap diabetes tipe 1 biasanya melakukan injeksi insulin agar kadar insulinnya lebih stabil. Sedangkan pengidap diabetes tipe 2, tidak melakukan injeksi insulin, tetapi ada baiknya menghindari mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Dengan mengatur kandungan makanan yang dikonsumsi, tentu saja kesehatan akan lebih terjaga.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh sejak dini, agar kesehatan kamu tetap terjaga dan terhindar dari penyakit diabates 1 dan 2. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc jika memiliki keluhan terhadap kesehatan. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: