Cegah Flu dengan 5 Kebiasaan Sehat Ini

Cegah Flu dengan 5 Kebiasaan Sehat Ini

Halodoc, Jakarta – Flu adalah infeksi pernapasan yang memengaruhi banyak orang setiap tahun. Siapa pun dapat terkena virus, yang dapat menyebabkan gejala ringan hingga parah. Gejala flu, termasuk demam, sakit tubuh, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Gejala-gejala ini biasanya membaik dalam waktu sekitar satu minggu, dengan beberapa orang pulih sepenuhnya tanpa komplikasi. Namun, pada orang dewasa yang lebih tua yang sistem kekebalannya mungkin lebih lemah, maka flu bisa berbahaya. Risiko komplikasi terkait flu, seperti pneumonia lebih tinggi pada orang dewasa yang lebih tua.

Penting bagi kamu untuk mengetahui cara melindungi diri sebelum dan sesudah terpapar virus. Berikut ini lima cara praktis untuk menjaga diri aman dari flu.

Baca juga: Ketahui Gejala dan Cara Mengatasi Flu di Rumah

Hindari Terlalu Lama di Kerumunan

Membatasi kontak dengan orang-orang banyak selama musim flu dapat mencegah penyebaran flu. Flu dapat menyebar dengan cepat di ruang terbatas. Ini termasuk sekolah, tempat kerja, panti jompo, dan fasilitas hidup berbantuan.

Jika kamu sedang memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah, kenakan masker wajah setiap kali berada di tempat umum selama musim flu. Kamu juga dapat melindungi diri dengan menjauhi orang yang sakit. Jaga jarak dari siapa pun yang batuk, bersin, dan memiliki gejala pilek atau virus lainnya.

Cuci Tangan Secara Teratur

Karena virus flu dapat hidup di permukaan yang keras selama 24 jam, biasakan mencuci tangan secara teratur. Ini sangat penting sebelum menyiapkan makanan dan makan. Selain itu, kamu harus selalu mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.

Tidak hanya harus mencuci tangan secara teratur, tapi usahakan untuk tidak menyentuh hidung, mulut, ataupun mata. Virus flu dapat menyebar di udara, tapi juga dapat masuk ke tubuh ketika tangan yang terinfeksi menyentuh wajah.

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat sistem kekebalan adalah cara lain untuk melindungi diri dari flu. Sistem kekebalan yang kuat membantu tubuh melawan infeksi. Untuk membangun kekebalan, tidurlah setidaknya tujuh setengah hingga sembilan jam per malam. Selain itu, pertahankan aktivitas fisik rutin secara rutin setidaknya 30 menit, tiga kali seminggu.

Baca juga: Benarkah Pilek Bisa Disembuhkan Tanpa Obat?

Makan-makanan yang sehat dan kaya nutrisi juga. Batasi gula, junk food, dan makanan berlemak. Sebagai gantinya, makanlah beragam buah dan sayuran yang penuh dengan vitamin dan antioksidan, untuk meningkatkan kesehatan.

Mengurangi Stres

Stres dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Setiap hari, cobalah untuk bersantai dengan teknik pengurangan stres. Ada banyak cara yang telah dicoba dan diuji untuk mengurangi stres, jadi cobalah beberapa dan lihat apa yang terbaik untukmu.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok bisa menjadi langkah pencegahan terhadap flu. Ini tidak hanya buat perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Orang yang merokok memiliki respons yang lebih besar terhadap virus, termasuk flu.

Baca juga: Ini yang Membuat Telinga Sakit Saat Pilek dan Cara Menanganinya

Gejala virus flu yang sering ringan pada mereka yang tidak merokok dapat memiliki efek yang parah pada perokok. Para peneliti di Yale School of Medicine mengungkapkan bahwa paparan asap rokok dari dua batang rokok per hari selama 2 minggu memicu reaksi berlebihan dalam sistem kekebalan tubuh tikus ketika terkena virus flu.

Untuk informasi lebih jelas mengenai cara mencegah flu melalui kebiasaan sehat, segera periksakan langsung di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Penanganan tepat dapat meminimalisir risiko kesehatan jangka panjang. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.