• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wanita Perlu Tahu Ciri-Ciri Kanker Serviks Ini

Wanita Perlu Tahu Ciri-Ciri Kanker Serviks Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kanker serviks merupakan kondisi yang terjadi karena pertumbuhan sel-sel kanker di leher rahim alias serviks. Pertumbuhan sel terjadi secara tidak terkendali, kemudian berubah menjadi penyakit ganas yang mematikan. Kabar buruknya, penyakit yang menyerang wanita ini sering terlambat dikenali, sehingga terlambat pula ditangani. 

Penyakit kanker serviks sering tidak disadari karena awal kemunculannya sering tidak menunjukkan gejala. Namun, wanita tetap harus mewaspadai dan mengetahui beberapa ciri-ciri kanker serviks yang bersifat umum. Dengan begitu, pengobatan bisa segera diberikan dan perkembangan kanker bisa diperlambat atau dicegah menjadi lebih buruk. 

Baca juga: Ini Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diketahui 

Meskipun pada awalnya tidak menunjukkan gejala, tetapi bukan berarti kanker serviks tidak bisa dikenali sama sekali. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa menjadi tanda ada kelainan pada serviks. Berikut ini beberapa ciri-ciri kanker serviks yang perlu diketahui:

  • Perdarahan Tidak Normal

Perdarahan menjadi salah satu tanda bahwa ada masalah pada tubuh, termasuk kanker serviks. Penyakit ini menyebabkan terjadinya perdarahan tidak normal pada miss V. Kondisi ini bisa menyebabkan darah keluar lebih banyak atau lebih sedikit saat menstruasi. Perdarahan juga bisa terjadi, bahkan saat tidak dalam periode menstruasi atau bercampur dengan urine. Darah juga bisa keluar saat berhubungan intim dengan pasangan.

  • Keputihan Tidak Wajar 

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Namun waspadai jika hal ini terjadi secara tidak wajar, sebab bisa jadi keputihan adalah tanda penyakit berbahaya seperti kanker serviks. Keputihan tanda penyakit biasanya memiliki warna, aroma yang tidak sedap, serta perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. 

Baca juga: Penting untuk Wanita, Ini 4 Cara Mencegah Kanker Serviks

  •  Masalah Buang Air Kecil

Kanker serviks juga bisa memicu terjadinya masalah pada buang air kecil. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air kecil atau tidak bisa menahan keinginan buang air kecil, tetapi pengidapnya akan merasa sakit saat berkemih. Hal ini bisa terjadi karena pertumbuhan sel kanker pada sekeliling leher rahim. Sel kanker tersebut kemudian menyebar hingga ke kandung kemih. Meski begitu, gejala ini tidak selalu tanda kanker serviks. Masalah buang air kecil juga bisa terjadi karena infeksi saluran kemih, maka dari itu segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejalanya. 

  • Nyeri Berhubungan Intim

Pada tingkat yang lebih parah, gejala penyakit ini biasanya akan semakin beragam. Kanker serviks bisa menyebabkan nyeri saat berhubungan intim, terutama di sekitar panggul. Nyeri yang muncul bisa membuat tidak nyaman, bahkan menyiksa. 

  • Sembelit 

Kanker serviks bisa menyebar ke usus besar. Jika itu yang terjadi, biasanya akan muncul gejala berupa kesulitan buang air besar alias sembelit. Biasanya, sembelit akan muncul jika kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut. 

  • Mudah Lelah 

Pengidap kanker serviks cenderung mudah lelah dan sering mengalami penurunan berat badan drastis. Kondisi ini terjadi karena anemia yang disebabkan oleh perdarahan tidak normal pada vagina. Kondisi ini bisa membuat tubuh mudah merasa lelah dan hal itu berlangsung sepanjang hari. Kanker serviks juga mengakibatkan penurunan nafsu makan, sehingga penurunan berat badan rentan terjadi. 

Baca juga: Komplikasi yang Bisa Diakibatkan oleh Kanker Serviks

Cari tahu lebih lanjut seputar ciri-ciri kanker serviks dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Cervical Cancer.
Health. DIakses pada 2019. Cervical Cancer: 9 Symptoms Every Woman Needs to Know.