Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pisang Tanduk

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2021
Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pisang TandukKetahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pisang Tanduk

“Jika kamu penggemar olahan pisang tanduk, maka kamu harus lebih sering konsumsi buah ini. Pasalnya, ada banyak sekali nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari buah ini. Kamu pun bisa mengolah pisang jenis ini menjadi makanan lezat, seperti pisang goreng, kolak, pisang kukus, hingga bolu pisang.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu adalah salah satu pecinta olahan pisang tanduk? Di Indonesia, pisang tanduk memang menjadi salah satu jenis pisang yang cukup dikenal. Tak hanya nikmat, ia juga sangat tinggi manfaat untuk kesehatan, seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga menjaga saluran pencernaan.

Pisang tanduk juga sangat berlimpah di negara tropis, seperti Indonesia. Pisang ini juga punya ciri khas, yang mana ia memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan tekstur yang lebih padat. Oleh karena itu, ada cukup banyak jenis olahan pisang tanduk, seperti pisang goreng, pisang kukus, kolak pisang, atau kue bolu pisang.

Baca juga: Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kandungan Nutrisi dalam Pisang Tanduk

Di dalam 100 gram pisang tanduk, ternyata kamu bisa mendapatkan sekitar 120 hingga 150 kalori. Selain itu, ada beberapa nutrisi lainnya yang akan kamu dapatkan, seperti: 

  • 30 gram karbohidrat.
  • 1,3–1,5 gram protein.
  • 0,2–0,3 gram lemak.
  • 2 gram serat.
  • 450 miligram kalium.
  • 35–40 miligram magnesium.
  • 0,5 miligram zat besi.
  • 30 miligram fosfor.
  • 20 miligram vitamin C.
  • 60 mikrogram vitamin A.

Pisang tanduk juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti selenium, zinc, vitamin B, vitamin K, serta senyawa antioksidan, seperti flavonoid, lutein, dan karoten.

Baca juga: Alasan Buah Pisang Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan

Jika ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal, maka lebih baik mengolah pisang tanduk dengan cara direbus. Nah, berikut ini beberapa manfaat pisang tanduk yang wajib kamu tahu: 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang pada dasarnya memang mengandung komponen penting untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi tersebut misalnya kalium, magnesium, serat, folat, dan vitamin C. Selain itu, pisang tanduk juga diduga bisa membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko hingga 27 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.

  1. Melancarkan Pencernaan

Pisang adalah buah yang kaya serat, sehingga ia bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan pektin dalam pisang juga bisa menjaga kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan cara memperlambat pengosongan di lambung.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Darah

Pisang tanduk juga mengandung lektin, yakni sebuah protein dalam pisang yang dapat mencegah sel leukemia tumbuh. Lektin ini punya peran penting sebagai antioksidan yang membantu tubuh memerangi radikal bebas penyebab kanker. Berdasarkan penelitian lainnya, konsumsi pisang juga dipercaya bisa mengurangi risiko kanker darah atau leukemia.

  1. Menurunkan Berat Badan

Pisang tanduk juga bisa menjadi makanan sehat yang cocok jika kamu sedang berencana menurunkan berat badan. Ini karena pisang pada umumnya mengandung sedikit kalori, kurang lebih sekitar 100 kalori saja. Namun, pisang mengandung banyak nutrisi dan membuat kamu cepat kenyang. Bahkan pisang yang belum matang juga memiliki kandungan pati resisten yang bisa mengurangi nafsu makan.

Namun, jika kamu merasa konsumsi pisang saja tidak cukup untuk mendukung program penurunan berat badan yang sedang kamu jalankan, kamu juga bisa datang ke dokter gizi di rumah sakit untuk meminta bantuan tentang perencanaan diet sehat. Kamu juga sekarang bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pakai aplikasi Halodoc supaya lebih mudah. 

Baca juga: 3 Manfaat Konsumsi Pisang saat Masa Kehamilan

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

The American Diabetes Association mengungkapkan bahwa kandungan serat yang tinggi di dalam pisang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Apalagi, pisang mentah mengandung pati resisten, yang bertindak seperti serat larut dan lolos dari pencernaan. Pektin dan pati resisten ini bisa memoderasi kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung. 

  1. Menjaga Fungsi Ginjal

Kandungan kalium di dalam pisang tanduk bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal dan mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Pisang tanduk juga mengandung tryptophan, yakni jenis asam amino yang dapat membantu menjaga suasana hati dan meningkatkan kemampuan mengingat.

halodoc banner
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Proven Benefits of Banana.
Live Science. Diakses pada 2021. Banana Nutrition Facts.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Benefits of Banana.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan