Cicip Minuman Sehat Khas Tahun Baru Imlek

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
cicip minuman sehat khas tahun baru imlek

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya makanan dan kue-kue manis saja yang melimpah ruah saat hari raya Imlek, berbagai macam minuman segar nan sehat khas China pun juga turut disuguhkan untuk memeriahkan suasana. Bila berbicara soal minuman sehat khas China, pasti yang langsung terbayang di dalam pikiran kamu adalah teh. Padahal, masih ada banyak jenis minuman lainnya khas negeri bambu ini yang juga tidak kalah sehat selain teh lho.

Selain untuk menghilangkan dahaga, minuman sehat juga penting untuk menetralisir tubuh setelah kamu mengonsumsi berbagai macam hidangan khas Imlek yang rata-rata berlemak tinggi. Jadi, yuk, cari tahu minuman sehat apa saja yang bisa kamu nikmati saat imlek di sini.

1. Jus Kiamboy

Bagi kamu penikmat manisan buah kering, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kiamboy. Manisan yang berasal dari buah plum yang dikeringkan ini memiliki rasa asam manis yang segar. Enggak heran bila kiamboy sering dijadikan minuman untuk disuguhkan di hari raya Imlek. Selain rasanya yang enak dan segar, buah plum juga kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga cocok dikonsumsi saat musim hujan.

2. Mai Dong

Minuman ini merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak pria dewasa. Mai Dong sebenarnya adalah sejenis minuman berenergi yang biasanya diminum setelah melakukan pekerjaan berat atau sehabis berolahraga. Tapi, minuman ini juga bisa saja dikonsumsi untuk menggantikan energimu yang terkuras setelah seharian menjamu tamu atau berkeliling ke rumah-rumah para kerabat saat Imlek.

Mai Dong tidak hanya dapat membuatmu bersemangat kembali, namun juga menyehatkan karena terbuat dari campuran beberapa buah dan rempah-rempah.

Baca juga: Inilah 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

3. Es Jeruk Ponkam

Si buah lambang keberuntungan ini enggak hanya bisa dimakan secara langsung, namun juga bisa dijadikan minuman sehat saat Imlek, lho. Jenis jeruk yang biasanya dijadikan minuman saat Imlek adalah jeruk mandarin ponkam. Selain rasanya yang manis, jeruk juga dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Mulai dari vitamin C, vitamin B, vitamin A, asam sitrat, kalium, kalsium, fosfor, sampai flavonoid. Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

4. Teh Wang Lao Ji

Wang Lao Ji adalah merek teh paling populer di China. Para wisatawan atau orang asing lebih sering menyebutnya sebagai “teh kaleng merah” karena memang teh tersebut dikemas dalam kaleng merah. Teh Wang Lao Ji sebenarnya masih sejenis dengan liang teh, namun teh ini juga mengandung bahan obat tradisional Tiongkok, sehingga dipercaya bisa menurunkan panas dalam dan menjaga kesehatan tubuh.

5. Air Sari Tebu

Sebagai negara penghasil tebu ketiga terbesar di dunia, enggak heran bila air sari tebu menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi di Tiongkok. Rasanya yang manis dan segar menjadikan air sari tebu sebagai minuman yang juga cocok disuguhkan saat Imlek.

Enggak hanya itu, air sari tebu juga merupakan minuman yang sehat karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan antioksidan.  Mengonsumsi minuman air sari tebu bisa memberimu manfaat kesehatan, antara lain menjaga kecantikan kulit, menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Tebu untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itulah makanan sehat saat Imlek yang bisa konsumsi agar berat badan tetap terjaga. Jangan lupa download Halodoc juga ya di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan kamu. Jadi, bila sakit, kamu bisa langsung menghubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.