Coba 3 Jenis Olahraga Ini Saat Puasa

Coba 3 Jenis Olahraga Ini Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Berpuasa identik dengan tubuh yang lemas karena harus menahan haus dan lapar selama seharian. Ketika seseorang berpuasa, hal tersebut umumnya akan menjadi alasan apabila seseorang untuk menghindari aktivitas fisik yang berat. Namun, memang kebanyakan orang akan merasa seperti tidak ingin melakukan hal yang berat selama berpuasa. Walau begitu, sangat disarankan untuk tetap berolahraga ketika berpuasa.

Berolahraga saat kamu berpuasa dapat menjaga kebugaran tubuh kamu dan juga menghilangkan lemak di dalam tubuh. Berbeda dengan olahraga yang dilakukan ketika seseorang tidak berpuasa, ketika bulan Ramadan berlangsung, terdapat beberapa olahraga yang tertentu yang sangat disarankan untuk dilakukan. Salah satu olahraga yang dapat kamu lakukan adalah joging.

Baca Juga: Tips Olahraga selama Puasa

Berolahraga saat Berpuasa Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Jika kamu sudah menghabiskan waktu untuk berolahraga, kamu mungkin tertarik untuk memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang digunakan dan mendapatkan manfaat sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari berolahraga adalah melakukannya saat berpuasa.

Ketika kamu berolahraga saat berpuasa, kamu akan memaksa tubuh untuk melepaskan lemak. Sebab, proses pembakaran lemak pada tubuh dikendalikan oleh sistem saraf simpatik (SNS), dan sistem tersebut akan diaktifkan dengan olahraga dan kekurangan makanan.

Kombinasi puasa dan olahraga dapat memaksimalkan dampak faktor seluler dan katalis yang memaksa pemecahan lemak dan glikogen untuk energi. Disebutkan bahwa seseorang yang berpuasa sebelum berolahraga dapat berdampak pada pengurangan berat badan dan lemak tubuh. Sementara itu, makan sebelum latihan hanya mengurangi berat badan.

Baca Juga: Planking, Olahraga Ringan yang Cocok saat Puasa

Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Puasa

Ketika berpuasa, beraktivitas yang terlalu berat pasti akan sangat menyiksa. Maka dari itu, olahraga yang dapat kamu lakukan hanya mempunyai intensitas ringan hingga sedang. Berikut adalah beberapa olahraga yang cocok dilakukan saat puasa:

1. Joging

Joging bisa menjadi pilihan latihan ringan yang cocok untuk kamu lakukan di sore hari sebelum berbuka puasa. Joging dapat dilakukan di sekitar kantor atau rumah di sore hari. Kamu juga dapat memilih alternatif lain dengan berlari di atas treadmill. Olahraga yang satu ini dianggap sebagai latihan kardiovaskular yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung untuk menurunkan berat badan.

2. Bersepeda

Sama seperti joging, bersepeda juga termasuk dalam latihan kardiovaskular. Selama bulan puasa, kamu dapat memilih untuk mengayuh sepeda statis di gym agar lebih nyaman. Kamu pun bisa bersepeda di sekitar kompleks. Sama seperti joging, kurangi intensitas mengendarai sepeda saat kamu puasa. Cukup 15-20 menit, tubuh kamu pun sudah cukup bergerak.

Tidak hanya tubuh yang sehat, bersepeda juga bisa menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuatmu merasa bahagia dan bersemangat. Olahraga ini cocok dilakukan sebelum atau sesudah makan.

Baca Juga: 5 Tips Olahraga saat Puasa

3. Latihan Aerobik

Latihan aerobik, seperti Zumba dan menari, dapat meningkatkan daya tahan jantung seseorang serta membakar banyak kalori. Latihan tersebut tergantung pada tingkat kebugaran seseorang, dan bisa lebih berat bagi seseorang yang tidak aktif secara teratur. Latihan seperti itu harus dilakukan setelah berbuka puasa selama Ramadan, karena hal tersebut cenderung meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh. Tubuh menjadi dingin dengan membuka kelenjar keringat, dan berkeringat.

Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan apabila kamu berpuasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal berolahraga saat berpuasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!