Coba 90 Menit, Nonton Bola Sama Sehatnya dengan Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Coba 90 Menit, Nonton Bola Sama Sehatnya dengan Olahraga

Halodoc, Jakarta - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di dunia. Olahraga satu ini pun memiliki banyak penonton, baik secara langsung maupun melalui siaran tv. Sepak bola melibatkan 11 orang dari masing-masing tim yang bersaing untuk melihat siapa yang lebih unggul dalam mencetak gol.

Ternyata nonton bola juga baik bagi kesehatan kamu, lho! Disebutkan bahwa menonton sepak bola selama 90 menit setara dengan berolahraga. Banyak orang yang tidak mengetahui fakta tentang ini. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Selain Kopi, 6 Makanan Ini Cocok untuk Teman Nonton Bola

Manfaat Nonton Bola bagi Kesehatan

Banyak orang yang sangat menantikan tim sepak bola kesayangannya untuk bertanding. Dalam sebuah pertandingan, tim tersebut mungkin mengalami kemenangan atau kekalahan. Pertandingan sepak bola berlangsung selama 90 menit dengan beberapa menit waktu istirahat setelah 45 menit pertama.

Bagi kamu yang gemar menonton bola, ternyata apa yang lakukan selama ini tidak sia-sia, lho! Sebuah penelitian dari University of Leeds menyatakan bahwa menonton bola dapat berdampak baik bagi kesehatan. Hal tersebut terjadi karena detak jantung seseorang yang menonton sepak bola akan meningkat sekitar 64 persen dan denyut mencapai 130 per menit.

Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa hal tersebut sama seperti seseorang yang berjalan cepat selama 90 menit. Selain itu, mendapati tim favoritnya menang juga dapat mengurangi tekanan darah dan memberikan dorongan psikologis selama beberapa hari. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Baca juga: Intip 5 Tips Tetap Sehat saat Begadang Nonton Sepakbola

Walau begitu, terdapat dua dampak setelah menonton bola yang sebaiknya diketahui, yaitu stres yang baik dan buruk. Salah satu dampak baik adalah ketika tim favoritmu mencetak gol dan tingkat denyut jantung akan naik sebesar 27 persen. Sedangkan jika kebobolan, denyut jantung juga akan naik sebesar 22 persen.

Dengan menonton bola, kamu juga akan merasakan dampak positif dalam jangka panjang. Walaupun disebutkan tekanan darah mungkin meningkat selama pertandingan, setelah pertandingan selesai, tekanan darah akan lebih jauh menurun dibandingkan saat pertandingan berlangsung.

Stres yang buruk dapat terjadi ketika tim favoritmu mengalami kekalahan. Suasana hati seseorang sangat dipengaruhi oleh hasil pertandingan. Pemeriksaan pada suasana hati sebelum dan sesudah pertandingan bisa sangat berbeda. Kekalahan dapat sangat memengaruhi hal ini.

Jika kamu mempunyai permasalahan tentang kesehatan termasuk stres, dokter dari Halodoc dapat kamu hubungi untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu hanya perlu menggunakan fitur Talk to a doctor di Halodoc. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang!

Dampak Positif Lainnya dari Nonton Bola

Banyak dampak positif lainnya yang dapat kamu rasakan dari menonton sepak bola. Salah satunya dapat meningkatkan hubungan kamu dengan orang lain. Hal ini dapat terjadi ketika kamu menghabiskan waktu menonton sepak bola bersama dengan pasangan kamu. Dukungan terhadap hobi kamu dari pasangan dapat menjadi pengaruh yang baik.

Baca juga: Lakukan Olahraga Ini Setelah Begadang Nonton Piala Dunia 2018

Hubungan yang sehat dan saling mendukung akan memberi dampak baik bagi jantung dan membuat seseorang hidup lebih lama. Selain itu, jika tim favoritnya menang, fungsi tubuh akan meningkat. Testosteron dan hormon penambah libido pun akan mengalami peningkatan, sehingga dapat meningkatkan kemesraan kamu dengan pasangan.

Referensi:
CNN (Diakses pada 2019): It's official. Watching soccer can be good for your health
Pop Sugar (Diakses pada 2019): 5 Surprising Health Benefits of Being a Sports Fan