Es Buah atau Nasi Putih yang Lebih Banyak Mengandung Kalori

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Es Buah atau Nasi Putih yang Lebih Banyak Mengandung Kalori

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, langsung menyantap sepiring nasi putih beserta lauk-pauk setelah berbuka puasa adalah hal yang kurang disukai. Sebab, mengonsumsi takjil, misalnya es buah dianggap sebagai “ritual” yang cocok untuk dilakukan setelah satu harian berpuasa. Setelahnya, baru mengonsumsi makanan berat, seperti nasi putih. Namun, ada pula yang memilih untuk tidak lagi mengonsumsi nasi setelah menyantap takjil berupa es buah.

Sebenarnya, sah-sah saja jika seseorang merasa lebih suka langsung makan nasi atau menikmati takjil terlebih dahulu setelah berbuka puasa. Namun, ini sebenarnya tidak terlalu disarankan bagi kamu yang takut berat badan naik atau berniat menjalani diet sekalian puasa.

Sebab, takjil buka puasa seperti es buah nyatanya juga menyumbang cukup banyak kalori ke dalam tubuh. Lantas, antara es buah dan nasi putih, manakah yang lebih banyak mengandung kalori?

Baca juga: 4 Kalori Camilan Khas Buka Puasa

Kalori dalam Es Buah

Semangkuk es buah saat berbuka puasa memang terasa menyenangkan dan bisa membantu melepas dahaga. Apalagi, tubuh cenderung membutuhkan asupan makanan yang manis dan menyegarkan setelah hampir satu harian berpuasa. Tapi hati-hati, jenis makanan yang satu ini ternyata memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dalam satu gelas es buah, diperkirakan adalah sekitar 247 kalori, yang terdiri dari 0 persen lemak, 99 persen karbohidrat, dan 1 persen protein.

Dalam satu gelas es buah, terkandung 0,77 gram protein, 62,92 gram karbohidrat, serta 62,92 gram gula. Namun terkadang, jumlah kalori dalam es buah juga tergantung pada isian yang terdapat di dalamnya. Semakin beragam campuran yang ada, maka kemungkinan jumlah kalori akan bertambah semakin besar. Maka dari itu, sangat penting untuk membatasi asupan es buah yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Jumlah Kalori dalam Sepiring Nasi

Dalam satu piring nasi putih yang dimasak, setidaknya terkandung sekitar 204 kalori. Mengejutkan, ternyata jumlah kalori nasi putih masih lebih rendah dibanding satu gelas es buah. Satu piring nasi putih mengandung 2 persen lemak, 89 persen karbohidrat, serta 9 persen protein. Selain itu, nasi putih juga memiliki kandungan sodium sekitar 577 miligram, serta 55 miligram kalium. Sepiring nasi putih memiliki kandungan 44,08 gram karbohidrat, 4,2 gram protein, serta 0,08 gram gula.

Dengan rincian tersebut, diketahui bahwa satu gelas es buah ternyata memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi dibanding satu piring nasi. Mana menu buka puasa yang terbaik? Semua kembali pada kebutuhan tubuh dan selera. Namun perlu diingat, sebaiknya tidak berlebihan dan kalap dalam mengonsumsi makanan buka puasa, karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan risiko penyakit menyerang.

Salah satu jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah kurma. Selain memiliki rasa manis, makanan yang satu ini ternyata juga bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh, lho. Kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi.

Bahkan, kandungan di dalam makanan ini bisa memenuhi kebutuhan energi tubuh setelah satu harian berpuasa. Mengonsumsi kurma saat buka puasa pun sangat dianjurkan untuk mencegah sakit kepala yang mungkin terjadi karena gula darah yang rendah.

Baca juga: Banyak Dikonsumsi Saat Berbuka, Ini Manfaat Buah Kurma

Selain makanan sehat saat berbuka puasa, jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Namun, jangan sampai berlebihan. Agar puasa lebih lancar, cari tahu tips sehat puasa bersama dokter di Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download Halodoc di App Store dan Google Play!