Fobia pada Matematika, Benarkah Bisa Terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Fobia pada Matematika, Benarkah Bisa Terjadi?

Halodoc, Jakarta - Matematika memang suatu pelajaran yang cukup sulit dan sering membuat pusing jika tidak mempunyai minat pada hal tersebut. Padahal, setiap orang wajib untuk memahami pelajaran tersebut selama kurang lebih 12 tahun di sekolah. Seharusnya, kamu dapat terbiasa akan pembahasan tentang hitung-hitungan tersebut.

Ternyata, terdapat beberapa orang yang mengalami fobia pada matematika. Kondisi ini menyebabkan rasa takut hingga kecemasan ketika mengerjakan soal matematika. Kamu juga bisa mengalami rasa nyeri pada tubuh karena matematika. Berikut ini pembahasan tentang fobia matematika!

Baca juga: Ketahui Jenis Fobia, Penyebab Rasa Takut yang Berlebihan

Seseorang Dapat Mengalami Fobia Matematika

Banyak jenis fobia yang menyebabkan timbulnya ketakutan hingga rasa cemas ketika terjadi. Kamu mungkin mengalami fobia pada ruang tertutup, ketinggian, dan lainnya. Salah satu gangguan yang langka terjadi adalah fobia matematika. Kamu mungkin merasa takut hanya dengan melihat tumpukan angka.

Banyak orang yang menganggap pelajaran matematika menjadi hal yang sangat sulit untuk dikuasai. Sikap negatif tersebut membuatnya tidak pernah fokus pada masalah yang ditanganinya. Hal tersebut menyebabkan rasa gugup tepat sebelum ujian dilakukan yang berakhir tidak dapat mengerjakannya.

Beberapa orang mungkin juga belajar dan memahami cara menyelesaikan soal matematika tersebut, tetapi selama ujian terjadi timbul rasa takut. Hal tersebut dapat mengaburkan pikiran dan tidak mampu mengerjakannya dengan baik. Cara ini meningkatkan spekulasi apabila matematika terlalu sulit untuknya.

Fobia matematika bisa berkembang sejak dini. Diperkirakan sekitar lima puluh persen siswa kelas 1 dan 2 SD mengalami kecemasan terhadap matematika dengan tingkat menengah hingga tinggi. Hal ini disebabkan tidak terbiasa diperlihatkan sesuatu yang berhubungan dengan angka saat sebelum sekolah.

Alasan seorang anak terkena fobia matematika akan berbeda satu sama lain. Hal ini berhubungan erat dengan guru di sekolah. Seorang guru harus sabar dan menyesuaikan langkah yang digunakan dengan kemampuan mengingat dan pemahaman setiap siswa yang diajarinya.

Baca juga: Teman Punya Fobia? Bantu dengan Cara-Cara Ini

Cara Mengatasi Fobia Matematika

Cara untuk memahami fobia yang berhubungan dengan hitung-hitungan tersebut, seseorang perlu menanamkan pemahaman apabila pelajaran itu mudah untuk dipahami. Hal ini terjadi ketika timbul perasaan cemas saat berusaha mengerjakan soal matematika. Untuk mengatasi timbulnya fobia, kamu bisa melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Ketahui Fobia yang Dimiliki

Hal yang pertama dapat dilakukan untuk mengatasi fobia matematika adalah mengakui bahwa kamu memiliki ketakutan akan hal tersebut. Setelah pengakuan tersebut, kamu lebih mudah untuk mengambil langkah selanjutnya untuk mengurangi perasaan panik disebabkan oleh pelajaran dengan hitungan tersebut. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang fobia yang dimiliki, tidak ada salahnya bertanya kepada dokter ahli lewat aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal download di smartphone kamu, ya!

  1. Latihan Matematika Setiap Hari

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia matematika tersebut adalah melakukan latihan soal setiap hari. Latihan membuat sempurna itu nyata adanya. Pelajaran ini membutuhkan banyak berlatih agar bisa menyelesaikannya. Dengan latihan teratur kamu dapat memahami kompleksitas yang terjadi.

Baca juga: Mengenal Pagophobia, Fobia pada Es Batu atau Es Krim

  1. Gunakan Matematika di Kehidupan Nyata

Kamu juga dapat memperlancar pelajaran hitungan tersebut dengan mengaplikasikannya di kehidupan nyata. Dengan itu, kamu akan tahu manfaat dari mempelajari hal tersebut. Selain itu, ketakutan akan matematika juga dapat hilang setelahnya.

Berikut adalah pembahasan mengenai fobia matematika yang mungkin jarang terjadi pada seseorang. Walau begitu, hal ini nyata adanya dan menimbulkan kecemasan tersendiri pada pengidapnya. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu dapat mengatasi gangguan yang mungkin sudah lama dialami.

Referensi:
The Hindu.com .Diakses pada 2019.Math Phobia
Indiatoday.in .Diakses pada 2019.6 tips to get rid of maths phobia and board exam stress