08 February 2019

Teman Punya Fobia? Bantu dengan Cara-Cara Ini

Teman Punya Fobia? Bantu dengan Cara-Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Seberapa baik pengobatan fobia akan bekerja sebagian tergantung pada tingkat keparahan fobia. Meskipun beberapa fobia tidak pernah sepenuhnya disembuhkan, namun terapi dapat membantu banyak orang belajar untuk berfungsi secara efektif.

Untuk fobia spesifik, terapi desensitisasi (perubahan perilaku) dan teknik relaksasi sangat berhasil. Terapi yang dilakukan adalah dengan memberikan paparan secara bertahap terkait hal yang menjadi fobia. Misalnya, seseorang yang takut terbang pertama kali melihat gambar pesawat terbang di lingkungan santai kantor seorang terapis.

Kemudian, mereka membayangkan langkah-langkah menuju penerbangan yang sebenarnya. Pada setiap langkah, mereka berlatih santai. Setelah kecemasan berkurang, pengidap siap untuk paparan yang sebenarnya yaitu secara bertahap bergerak lebih dekat ke pengalaman penerbangan yang sebenarnya.

Mengobati fobia sosial biasanya melibatkan paparan bertahap terhadap situasi sosial, bersama dengan permainan peran dan latihan. Pengidapnya diajarkan bagaimana cara untuk mengurangi kecemasan yang mereka rasakan. Mereka juga didorong untuk tidak terlalu kritis terhadap diri mereka sendiri.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Fobia Bisa Muncul

Berbagai Cara Pengobatan Fobia

Perawatan terbaik untuk agorafobia adalah memindahkan orang fobia ke tempat dan situasi yang memicu kecemasan secara bertahap. Dengan mengambil langkah-langkah kecil setiap hari, ditemani oleh orang yang dipercaya, maka seorang pengidap akhirnya belajar untuk mengatasi situasi yang dulunya menyebabkan ketakutan yang hebat.

Teknik relaksasi dan pernapasan dalam teratur membantu mengatasi kecemasan selama perawatan. Terapis kadang-kadang dapat memutuskan bahwa obat-obatan akan membantu. Dalam pengobatan fobia, obat-obatan digunakan bersamaan dengan terapi dan mungkin belum tentu menjadi bagian dari pengobatan awal.

Kelas antidepresan yang disebut selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), seperti Celexa, Paxil, Prozac, Lexapro, dan Zoloft, dapat sangat membantu dalam pengobatan fobia sosial. Obat-obatan lain, yang disebut inhibitor MAO, juga efektif, namun memerlukan pemantauan yang cermat karena interaksi dengan obat-obatan tertentu lainnya (seperti, antidepresan, dekongestan, ataupun obat-obatan lain yang dapat meningkatkan tekanan darah) atau makanan yang mengandung tyramine asam amino, yang dapat ditemukan dalam daging dan keju tua.

Pilihan lain: Banyak musisi, aktor, dan dosen mengurangi gejala demam panggung dengan obat-obatan yang dikenal sebagai beta-blocker (kebanyakan propranolol). Obat-obatan ini untuk sementara meredakan gejala-gejala fisik kecemasan tanpa menyebabkan banyak rasa kantuk. Pada dosis yang lebih tinggi, biasanya digunakan untuk tekanan darah tinggi, namun pada dosis rendah dapat menghalangi efek adrenalin yang mendorong respons tubuh terhadap stres.

Baca juga: Orang Ekstrovert Cenderung Lebih Cepat Sukses, Benarkah?

Kadang-kadang pengobatan jangka pendek juga dapat mencakup obat penenang-hipnotis (misalnya, Xanax atau Valium). Obat-obatan ini dapat menghilangkan kecemasan, namun mungkin membentuk kebiasaan dan menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, mereka mungkin bukan pilihan terbaik ketika diperlukan kontrol gejala jangka panjang atau ketika seseorang harus benar-benar waspada, dan melakukan tugas-tugas tertentu, seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin.

Beberapa obat antikonvulsan seperti Neurontin dan Lyrica telah diperlihatkan dalam penelitian awal yang memiliki nilai untuk beberapa bentuk gangguan kecemasan, termasuk fobia sosial.  Beberapa obat yang disebutkan ini sebenarnya dapat menyebabkan kecemasan jika dosisnya ditingkatkan terlalu cepat atau jika dihentikan secara tiba-tiba. Seringkali yang terbaik adalah memulai dengan dosis rendah dan perlahan-lahan meningkatkan pengobatan ketika merawat fobia.

Baca juga: Sering Baca Ramalan Zodiak? Ini Alasan Psikologisnya

Mengatasi fobia membutuhkan waktu. Dengan mengambil satu langkah kecil pada satu waktu, kebanyakan orang dengan fobia dapat mengurangi kecemasan mereka dan melewatinya berkat dukungan teman dan terapis terpercaya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara-cara untuk membantu meringankan beban orang yang mengidap fobia, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.