08 December 2017

Hati-hati, Ini yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Duduk

Hati-hati, Ini yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Duduk

Halodoc, Jakarta - Bagi pekerja kantoran, duduk seharian di belakang meja kerja adalah hal yang biasa. Namun hati-hati, ternyata duduk diam dalam waktu yang lama bisa membawa masalah bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa duduk terlalu lama tak hanya bisa membuat kesehatan terganggu, namun bisa membuat kamu cepat tua. Bahkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa duduk diam selama lebih dari 10 jam dalam satu hari akan mempercepat penuaan hingga delapan tahun.

Apalagi kalau kamu tidak mengimbangi rutinitas tersebut dengan pola makan yang sehat dan olahraga cukup. Wah, kalau melakukan hal itu siap-siap deh mengalami masalah berikut!
1. Obesitas
Salah satu masalah yang akan terjadi saat duduk terlalu lama adalah obesitas alias memiliki berat badan yang berlebih. Hal ini terjadi karena tubuh kurang bergerak saat duduk. Selain itu, duduk sepanjang hari di belakang meja pun dapat mendorong seseorang lebih sering makan atau sekadar ngemil.

Selain itu, terlalu lama duduk yang dibarengi dengan kurangnya berolahraga bisa membuat berat badan naik tanpa disadari. Sebab lemak sisa makanan akan menumpuk dalam tubuh dan tidak mengalami pembakaran.


2. Risiko Penyakit
Obesitas merupakan satu kondisi yang akan memudahkan penyakit menyerang seseorang. Apalagi kalau ditambah dengan kebiasaan duduk diam dalam jangka waktu yang lama.  Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Tekanan darah dan kadar gula dalam darah pun ikut meningkat. Terlalu lama duduk pun menyebabkan lemak tubuh menumpuk di sekitar pinggang.

Seperti dilansir dari WebMD, terlalu lama duduk menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal inilah yang meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi serta meningkatkan kolesterol.


3. Masalah Otot
Salah satu hal yang dapat terjadi adalah masalah di seputar otot. Sebab selama duduk otot akan lebih lama tidak digunakan. Alhasil,otot akan mengalami pelemahan dan kehilangan sejumlah fungsinya.

Apalagi kalau kamu tidak mengimbanginya dengan aktivitas kecil alias hanya duduk sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan otot perut tidak digunakan sehingga otot ini pun melemah.


4. Masalah Otak
Selama kamu duduk dan bekerja, kamu mungkin akan menggunakan otak untuk mengerjakan tumpukan tugas. Namun ternyata, meski otak aktif digunakan, terlalu lama duduk bisa menyebabkan otak melemah. Karena, saat tubuh bergerak dan melakukan aktivitas otot akan memompa darah dan oksigen ke otak. Proses ini akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak.
Sebaliknya, saat terlalu lama duduk fungsi ini akan melambat. Hal ini karena peredaran darah dan oksigen ke otak berjalan lebih lambat. Alhasil, otak pun mungkin akan mengalami penurunan.

 

5. Nyeri sekitar Leher
Terlalu lama duduk akan menyebabkan sakit di seputar leher dan tulang belakang. Sebab saat duduk, apalagi dalam posisi yang tidak nyaman, tulang leher dan tulang bagian belakang akan tegang dan menciptakan rasa nyeri.

Tekanan pada tulang pun akan meningkat saat saat kamu duduk terlalu lama. Sehingga tak heran jika kamu mungkin akan merasa pegal dan rasa nyeri yang tak tertahankan di sekitar punggung dan leher setelah satu hari penuh duduk.

Untuk menghindarinya kamu bisa menyiasati “kewajiban” duduk dengan peregangan kecil. Seperti berjalan mengelilingi kantor, naik-turun tangga dan tidak menggunakan lift, atau sekadar memutar saat akan menuju toilet. Kebiasaan kecil ini setidaknya akan membantu tubuh lebih banyak bergerak.


Kamu pun harus menyesuaikan pola makan agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas. Bicarakan seputar gizi seimbang dan keluhan akibat duduk terlalu lama dengan dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menyampaikan keluhan awal melalui Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan pun sangat mudah di Halodoc. Yuk, segera download Halodoc di App Store dan Google Play!