• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hilangkan Kapalan di Tangan dengan 5 Bahan Alami Ini

Hilangkan Kapalan di Tangan dengan 5 Bahan Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu menemui bagian kulit pada tangan atau telapak kaki yang mengalami penebalan dan mengeras? Jangan-jangan kamu mengalami kapalan. Kapalan adalah penebalan kulit yang disertai dengan tekstur yang mengeras. Selain itu, kulit yang mengalami kapalan umumnya mengalami perubahan warna menjadi putih kekuningan.

Baca juga: Telapak Tangan Menebal, Ketahui Beda Heloma dan Kapalan

Selain bagian telapak kaki, kapalan juga dapat muncul di bagian tubuh yang lain, seperti telapak tangan hingga jari-jari tangan. Kapalan yang muncul pada tangan tentunya mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengatasi kapalan yang muncul pada tangan dengan menggunakan beberapa bahan dan cara alami

Penyebab Kapalan pada Tangan

Kapalan adalah kondisi yang tidak membahayakan bagi kesehatan. Namun, kapalan bisa membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Kapalan secara umum terjadi akibat tekanan atau gesekan yang terjadi secara berulang pada satu area tertentu sehingga menyebabkan kulit bereaksi dengan memperkuat jaringan yang tertekan. Hal ini yang menyebabkan bagian kulit tersebut terasa keras dan menebal.

Ada beberapa kegiatan yang memicu risiko kondisi kapalan pada bagian tangan, seperti:

  1. Menulis menggunakan pensil atau pena dalam waktu yang cukup panjang.

  2. Memainkan alat musik yang dimainkan dengan tangan, misalnya gitar, ukulele, stik drum, dan biola.

  3. Melakukan aktivitas berat secara berulang, misalnya melakukan olahraga angkat besi.

  4. Menggunakan alat-alat tertentu, misalnya cangkul.

Itulah faktor yang memicu kondisi kapalan pada bagian tangan. Kamu juga bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang penyebab lainnya dari kapalan dan meminta saran kesehatan yang paling efektif untuk mencegahnya. 

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda Kapalan dan Mata Ikan?

Bahan Alami untuk Atasi Kapalan

Kapalan dapat menghilang dengan sendirinya jika tekanan atau gesekan yang terjadi pada bagian tangan berkurang atau dihentikan. Meskipun begitu, perawatan mandiri juga bisa dilakukan untuk mengatasi kapalan pada bagian tangan. Melansir dari Healthline, berikut ini bahan alami untuk mengatasi kapalan pada bagian tangan, yaitu:

1. Air Hangat

Air hangat menjadi salah satu bahan yang alami dan sangat mudah kamu temukan untuk mengatasi masalah kapalan pada tangan. Caranya dengan merendam bagian tangan yang mengalami kapalan ke dalam air hangat selama 20 menit. Melansir American Academy of Dermatology, cara ini menjadi salah satu yang cukup efektif untuk mengatasi masalah kapalan.

2. Cuka Apel

Kandungan asam yang terdapat dalam cuka apel mampu melembutkan bagian tangan yang mengalami kapalan. Kamu bisa mencampurkan air hangat dengan cuka apel, namun, perbanyak jumlah air dibandingkan cuka apel. Rendam tangan pada campuran tersebut selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air biasa, keringkan tangan dengan sempurna, dan gunakan pelembap khusus tangan.

3. Garam

Perhatikan jenis garam yang dipakai untuk mengatasi kapalan. Kamu perlu menggunakan jenis garam Epsom untuk membantu mengeksfoliasi kulit. Kandungan yang terdapat dalam garam Epsom bisa melembutkan kulit dan membantu area otot tangan yang mengalami kondisi tegang.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah kapalan pada tangan. Hal ini disebabkan tea tree oil mengandung antibakteri dan antijamur. Caranya, rendam tangan yang alami kapalan dengan campuran air hangat dan tea tree oil. Rendam tangan sekitar 10 menit dengan campuran tersebut untuk hasil yang optimal.

5. Campuran Baking Soda dan Air Lemon

Campuran baking soda dan air lemon sebagai masker pada bagian tangan yang mengalami kapalan dapat memudahkan menghilangkan kapalan yang muncul. Jangan lupa mencampur baking soda, air lemon, dan sedikit air hangat untuk mendapatkan tekstur masker yang baik untuk dibalurkan pada area yang kapalan.

Baca juga: 3 Olahraga yang Rentan Terkena Kapalan

Itulah bahan-bahan alami untuk mengatasi kondisi kapalan pada bagian tangan. Meskipun tidak berbahaya, sebaiknya segera periksa ke rumah sakit terdekat jika kapalan yang dialami mengalami perubahan pada warna dan tekstur. Iritasi yang terjadi pada bagian kulit yang mengalami kapalan tentunya perlu diatasi secara medis agar tidak menimbulkan infeksi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Calluses
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. How to Treat Corns and Calluses