Begini 4 Cara Mencegah Kapalan di Kaki

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini 4 Cara Mencegah Kapalan di Kaki

Halodoc, Jakarta – Kapalan adalah lapisan kulit yang tebal dan mengeras yang berkembang ketika kulit berusaha melindungi diri dari gesekan dan tekanan. Kapalan paling sering berkembang di kaki dan jari kaki atau tangan dan jari. Kapalan bisa jadi mengurangi estetika dari kulit.

Ketika kapalan menyebabkan ketidaknyamanan, kamu butuh perawatan untuk menghilangkan sumber gesekan dan tekanan. Bila kamu memiliki diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki, itu berisiko lebih besar mengalami kapalan.

Beberapa tanda ataupun gejala kamu memiliki kapalan adalah daerah kulit yang tebal dan kasar, benjolan keras dan terangkat, kelembutan atau rasa sakit di bawah kulit, kulit terkelupas, kering, dan berlilin.

Baca juga: 5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan

Tekanan dan gesekan dari tindakan yang berulang menyebabkan kapalan tumbuh. Beberapa sumber tekanan dan gesekan ini termasuk:

1. Mengenakan Sepatu yang tidak Pas

Sepatu ketat dan sepatu hak tinggi dapat mengompres area kaki. Saat alas kaki terlalu longgar, kaki bisa berulang kali bergeser dan bergesekan dengan sepatu. Kaki juga bisa bergesekan dengan jahitan atau jahitan di dalam sepatu.

2. Kaus Kaki yang Tidak Pas

Mengenakan sepatu dan sandal tanpa kaus kaki dapat menyebabkan gesekan pada kaki. Ukuran kaus kaki yang tidak pas juga bisa menjadi masalah.

3. Memainkan Instrumen atau Menggunakan Alat-Alat Tangan

Kapalan di tangan bisa jadi hasil dari tekanan berulang instrumen bermain, menggunakan alat-alat tangan, atau bahkan menulis.

Ada beberapa tindakan pencegahan supaya terhindar dari kapalan di kaki, yaitu:

Baca juga: Kaget Lihat Perubahan Wajah 10 Tahun Lalu? Ini Tips Awet Muda

1. Kenakan Sepatu yang Memberi Jari Kaki Banyak Ruang

Jika kamu tidak bisa menggerakkan jari kaki, itu berarti sepatu terlalu kencang. Makanya saat hendak membeli sepatu, ada baiknya kamu tidak membeli sepatu yang ukurannya terlalu pas. Berikan ruang di ujung jari supaya kaki dapat bernapas dan mencegah gesekan.

2. Gunakan Pelindung Kaki

Mengenakan alas kaki yang nyaman dapat melindungi kaki dan terhindar dari kapalan. Pilihlah bahan katun yang menyerap keringat, lembut dan nyaman, terutama buat kamu yang memiliki kulit sensitif.

3. Menjaga Kebersihan Kaki

Menjaga kebersihan kaki dengan senantiasa membersihkan sela-sela kaki, lalu secara rutin menggosok telapak kaki dengan scrub, sejatinya dapat melunturkan kulit mati dan membangun sel-sel baru, sehingga kapalan tidak terjadi.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Sederhana Usir Kapalan

4. Menjaga Agar Kaki Senantiasa Kering

Upaya lain untuk mencegah kapalan adalah dengan menjaga kaki senantiasa kering. Ini dapat dilakukan dengan cara mengelap kak sehabis mandi, baru kemudian membalurnya dengan lotion supaya senantiasa lembap.

Ada baiknya kamu tidak selalu mengenakan sepatu supaya kulit kaki dapat bernapas. Kenakan sepatu yang bagian jari kakinya terbuka. Ini dapat membantu sirkulasi udara tetap terjaga dan mengurangi aroma tidak sedap pada kaki.

Di waktu-waktu tertentu kamu juga bisa mengaplikasikan bedak ke kaki supaya kelembapannya tetap terjaga. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan juga bisa dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan kulit termasuk bagian kaki.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara-cara mencegah kapalan di kaki, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to d doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.