25 June 2018

4 Mitos dan Fakta tentang Air Lemon

fakta air lemon, manfaat air lemon, mitos air lemon

Halodoc, Jakarta – Perasaan lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu saat ini menjadi tren yang sering dilakukan oleh kaum wanita. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak semua wanita yang mengonsumsi campuran lemon dengan air hangat dan madu ingin menurunkan berat badan. Beberapa di antara mereka menginginkan kulitnya halus dan wajahnya terhindar dari kerutan akibat penuaan dini.

Baca juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus?

Nah, sebelum kamu mengonsumsi lemon, sebaiknya kamu mengetahui mana yang merupakan mitos atau fakta dari buah yang berwarna kuning cerah ini.

  • Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang mengonsumsi perasaan lemon dengan tujuan ingin menurunkan berat badan. Namun dilansir dalam laman Prevention, Jason Ewoldt, RDN, LD, seorang ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living Program mengatakan bahwa lemon adalah buah yang memiliki kalori yang rendah dan bagus untuk mengontrol kalori bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Nyatanya, ini hanya sebuah mitos saja. Bukan air lemonnya yang dapat menurunkan berat badan, melainkan air lemon hanya berfungsi untuk mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi air lemon dengan atau tanpa gula, karena air lemon lebih menyehatkan dibandingkan kamu mengonsumsi teh atau kopi, terutama di pagi hari.

  • Air Lemon Meningkatkan Kecerdasan Jika Dikonsumsi Pagi Hari

Banyak orang yang mengonsumsi perasan air lemon di pagi hari memiliki tujuan untuk meningkatkan kecerdasan. Namun nyatanya, perasan air lemon tidak dapat tiba-tiba membuat orang menjadi cerdas, meskipun rutin diminum pada pagi hari. Namun, aroma lemon pada pagi hari membuat kamu merasa lebih fokus dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

  • Air Lemon Dapat Membantu Menghilangkan Bau Mulut

Khawatir akan bau mulut? Kamu bisa mencoba mengonsumsi perasan air lemon untuk mengatasi bau mulut kamu. Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri, baik bakteri yang berasal dari mulut, tenggorokan, atau pun saluran pencernaan. Nah, bau mulut bisa menjadi pertanda bahwa banyak bakteri yang sudah berkembang di tubuh kamu.

Jika sudah begini, menggosok gigi hanya akan menghilangkan bau mulut untuk sementara. Sebaiknya konsumsi perasan air lemon sebagai antiseptik yang ampuh untuk membantu kamu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

  • Air Lemon Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lemon adalah satu satu sumber terbaik vitamin C yang dapat mengatur kekebalan tubuh kamu. Tanpa asupan vitamin C yang cukup dalam tubuh, sistem dalam tubuh kamu tidak akan mampu bertahan untuk melawan virus dan bakteri yang hidup didalam tubuh kamu. Sehingga, saat kamu mendapatkan asupan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan tubuh kamu, otomatis tubuh kamu akan meningkatkan kekebalan alami dalam mencegah virus dan bakteri.

Baca juga: Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Masih banyak mitos dan fakta mengenai air lemon. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, sebaiknya kamu bertanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video/Voice Call atau Chat dengan dokter ahli untuk langsung mendapatkan jawaba. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!