Hindari Lakukan 3 Hal Ini setelah Medical Check Up

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hindari Lakukan 3 Hal Ini setelah Medical Check Up

Halodoc, Jakarta - Medical check up atau pemeriksaan fisik secara rutin dapat memastikan tubuh kamu tetap sehat. Hal tersebut juga bisa menjadi langkah pencegahan. Pemeriksaan ini memungkinkan kamu untuk mengikuti vaksinasi atau mendeteksi kondisi serius, seperti kanker atau diabetes, sebelum menyebabkan masalah.

Selama melakukan rutinitas fisik, dokter kamu juga dapat memeriksa tanda-tanda vital, termasuk berat badan, detak jantung, dan tekanan darah. Pemeriksaan yang dilakukan akan berdasarkan usia dan riwayat kesehatan pribadi atau keluarga.

Baca Juga : 5 Pekerjaan Ini Perlu Pemeriksaan Fisik untuk Tes Masuk

Manfaat dari Medical Check Up

Terdapat beberapa manfaat medical check up atau pemeriksaan fisik yang dilakukan terhadap tubuh kamu. Berikut adalah beberapa manfaat yang kamu terima:

  1. Riwayat Kesehatan yang Diperbarui

Dokter kamu mungkin meminta pembaruan tentang perkembangan baru dan perubahan dalam riwayat kesehatan seseorang. Hal ini mungkin mencakup pertanyaan tentang pekerjaan, obat-obatan, alergi, suplemen, atau operasi baru-baru saja kamu lakukan.

  1. Pemeriksaan Tanda Vital

Pemeriksaan ini termasuk membaca tekanan darah, memeriksa detak jantung, dan laju pernapasan kamu. Tekanan darah kamu juga harus diperiksa setidaknya sekali setiap tahun hingga tiga tahun sekali, tergantung riwayat kesehatan yang pernah terjadi.

  1. Pemeriksaan Visual

Dokter kamu akan meninjau tampilan dari tubuh kamu untuk tanda-tanda dari segala kondisi potensial. Dokter juga akan memeriksa bagian-bagian tubuh kamu yang secara visual dapat menunjukkan masalah kesehatan yang ada. Hal ini termasuk memeriksa bagian-bagian berikut:

  • Kepala.
  • Mata.
  • Dada.
  • Perut.
  • Sistem muskuloskeletal, seperti tangan dan pergelangan tangan.
  • Fungsi sistem saraf, seperti bicara dan berjalan.
  1. Pemeriksaan Fisik

Saat pemeriksaan fisik berlanjut, dokter akan menggunakan alat untuk melihat mata, telinga, hidung, dan tenggorokan seseorang. Ahli medis tersebut akan mendengarkan hati dan paru-paru kamu. Tes ini juga mencakup:

  • Menyentuh bagian-bagian tubuh kamu untuk merasakan ketidaknormalan.
  • Memeriksa kulit, rambut, dan kuku.
  • Mungkin memeriksa alat kelamin dan dubur.
  • Menguji fungsi dan refleks motor.
  1. Pemeriksaan Laboratorium

Untuk melengkapi pemeriksaan fisik, dokter akan mengambil darah untuk beberapa tes laboratorium. Cara ini dapat mencakup hitung darah lengkap dan panel metabolisme lengkap. Pemeriksaan ini menguji plasma darah dan dapat menunjukkan masalah yang ada di ginjal, hati, kimia darah, dan sistem kekebalan tubuh .

Pemeriksaan laboratorium membantu untuk mendeteksi penyimpangan dalam tubuh kamu yang mungkin mengindikasikan masalah yang lebih besar. Dokter mungkin meminta skrining diabetes dan skrining tiroid. Jika kamu memiliki peningkatan risiko serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke, dokter juga dapat meminta tes kolesterol.

Baca Juga : 4 Skrining Kesehatan untuk Wanita

Hal yang Harus Dihindari setelah Medical Check Up

Apabila dokter menemukan adanya masalah pada hasil pemeriksaan fisik, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan, kamu dilarang untuk melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Salah satu hal yang dilarang untuk dilakukan setelah dilakukan medical check up adalah mengonsumsi makanan berlemak. Sangat disarankan untuk kamu lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Hal lainnya yang harus dihindari setelah kamu melakukan pemeriksaan fisik adalah merokok dan mengonsumsi alkohol. Kedua hal tersebut dapat memberi dampak buruk pada tubuh kamu, apalagi setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tubuh kamu.

  1. Tidak Berolahraga

Seseorang yang sehabis diperiksa kesehatannya, sebaiknya berolahraga secara teratur. Direkomendasikan bagi kamu untuk berolahraga paling tidak 150 menit per minggu. Hal tersebut dapat menurunkan risiko dari penyakit yang mungkin menyerang kamu.

Baca Juga : Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Itulah beberapa hal yang harus dihindari oleh seseorang setelah mendapat medical check up. Jika kamu ingin melakukan medical check up, beberapa rumah sakit terpilih telah bekerjasama dengan Halodoc untuk menjaga kesehatan kamu. Kamu juga dapat menerima berita terkini tentang kesehatan dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!