Ikuti Tips Ini untuk Mencegah Kanker Kolorektal

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Ikuti Tips Ini untuk Mencegah Kanker Kolorektal

Halodoc, Jakarta – Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar alias kolon. Selain itu, kanker ini juga bisa ditemukan pada bagian paling bawah dari usus besar yang terhubung ke anus (rektum). Jenis kanker yang satu ini juga sering disebut sebagai kanker kolon atau kanker kolon, tergantung di mana lokasi kanker tumbuh dan berkembang. 

Umumnya, kanker kolorektal dimulai dari polip usus. Polip usus merupakan jaringan yang tumbuh di dinding dalam kolon atau rektum. Meski begitu, tidak selalu polip yang muncul akan berkembang menjadi kanker kolorektal. Pada beberapa kasus, polip hanya akan menjadi polip tanpa berkembang menjadi kanker. Jenis polip yang bisa berkembang menjadi kanker adalah polip adenoma, yang kemudian disebut sebagai kondisi pra kanker. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Gejala-Gejala Kanker Kolorektal

Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Kolorektal 

Kanker kolorektal sering diawali dengan munculnya polip. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan polip bisa berubah menjadi kanker, seperti ukuran polip, jumlah polip, hingga ditemukan dysplasia atau sel abnormal setelah polip diangkat. Biasanya, seseorang yang memiliki lebih dari 2 polip di kolon atau rektum lebih rentan mengembangkan kanker kolorektal. 

Penyakit ini disebabkan oleh tumbuhnya sel-sel secara abnormal. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui pasti apa yang menyebabkan sel berkembang secara tidak normal. Ada beberapa faktor yang sering dikaitkan dan disebut sebagai penyebab kanker kolorektal menyerang, mulai dari faktor usia, memiliki riwayat penyakit kanker atau polip kolorektal, mengidap penyakit genetik, seperti sindrom Lynch, mengidap diabetes, radang usus, serta tengah menjalani radioterapi. 

Gaya hidup yang dijalani nyatanya juga berpengaruh dalam memicu penyakit ini. Kanker kolorektal disebut lebih berisiko menyerang orang yang jarang berolahraga, kurang mengonsumsi serat dan buah-buahan, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih, serta aktif merokok. Penyakit ini juga rentan menyerang orang yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas. 

Baca juga: Kenali Jenis Polip Usus Pemicu Kanker Kolorektal

Maka dari itu, cara terbaik untuk mencegah atau menurunkan risiko kanker kolorektal adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Berikut ini beberapa tips perubahan gaya hidup untuk mencegah serangan kanker kolorektal! 

  • Makanan Sehat

Salah satu perubahan yang penting dilakukan adalah pada jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah penyakit ini, biasakanlah untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, terutama yang kaya akan kandungan serat. Sangat disarankan untuk meningkatkan jumlah konsumsi buah-buahan dan sayuran. Jenis makanan ini banyak mengandung vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang berperang penting dalam mencegah kanker. 

  • Kurangi Alkohol 

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan menjadi salah satu pemicu kanker kolorektal menyerang. Maka dari itu, mulailah untuk membatasi atau menghentikan konsumsi alkohol agar terhindar dari penyakit. Selain alkohol, orang yang berisiko mengalami kanker kolorektal sebaiknya juga berhenti merokok. 

  • Rutin Berolahraga 

Cegah kanker kolorektal dengan rutin melakukan olahraga, setidaknya 30 menit dalam satu hari. Jika sebelumnya kamu tidak aktif berolahraga, cobalah memulai dengan jenis olahraga yang ringan dan sesuai dengan kemampuan tubuh. 

  • Jaga Berat Badan

Mengalami kelebihan berat badan alias obesitas menjadi salah satu faktor risiko kanker kolorektal. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga berat badan agar tidak berlebih. Kamu bisa membicarakan pada dokter atau ahli gizi sebelum memulai program diet atau penurunan berat badan. 

Baca juga: Ketahui Stadium Perkembangan Kanker Kolorektal

Pakai aplikasi Halodoc agar lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan tips diet sehat dan informasi seputar penyakit dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Colorectal cancer: What you need to know.
Cancer.org. Diakses pada 2019. What Is Colorectal Cancer?
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Colon cancer.