Perlu Tahu, Ini Gejala-Gejala Kanker Kolorektal

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Perlu Tahu, Ini Gejala-Gejala Kanker Kolorektal

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan kondisi kesehatan kamu ketika mengalami diare atau konstipasi yang berkepanjangan karena bisa jadi gejala gangguan kesehatan tertentu. Salah satunya adalah kanker kolorektal atau kanker pada bagian usus besar.

Baca juga: 10 Faktor Pemicu Kanker Usus Besar

Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang berkembang dan menyerang bagian usus besar. Tidak hanya pada bagian usus besar, kanker dapat menyerang bagian bawah usus besar yang terhubung langsung dengan bagian anus atau rektum.

Ketahui Gejala dari Kanker Kolorektal

Bagian usus dapat mengalami kondisi polip yang dikenal sebagai polip usus. Namun, jenis polip yang menyerang usus ada dua jenis yang berbeda, polip adenoma dan polip hiperplastik. Polip adenoma adalah jenis polip yang dapat berkembang menjadi kanker ketika tidak segera diatasi.

Selain jenis polip, ada beberapa kondisi yang mengubah polip usus menjadi kanker kolorektal, seperti terdapat lebih dari 2 buah polip dalam usus dan ditemukan sel yang abnormal setelah pengangkatan polip.

Ada beberapa gejala yang muncul sebagai tanda ketika seseorang mengalami kondisi kanker kolorektal, seperti diare atau konstipasi yang dialami dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, pengidap kanker kolorektal biasanya mengalami kondisi ketika buang air besar merasakan masih ada feses yang tersisa dalam usus atau BAB tidak tuntas.

Pengidap kanker kolorektal juga mengalami kondisi feses yang bercampur dengan darah. Sebaiknya perhatikan kesehatan kamu, ketika gejala tersebut disertai dengan kondisi mual dan muntah. 

Perut yang terasa nyeri dan tubuh yang mudah merasa kelelahan serta lemas juga menjadi tanda adanya penyakit kanker kolorektal dalam tubuh. Selain itu, pengidap biasanya kehilangan nafsu makan karena penyakit ini dapat membuat pengidap mengalami rasa kembung pada perut. Kehilangan nafsu makan menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

Baca juga: Hati-Hati dengan Gejala Kanker Usus Besar

Sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat ketika kamu atau kerabat mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda utama dari kanker kolorektal. Diagnosis yang lebih cepat nyatanya dapat memengaruhi pengobatan yang akan dilakukan.

Perkembangan Kanker Kolorektal

Perkembangan kanker kolorektal akan melalui beberapa tahap, yaitu:

1. Stadium 0

Biasanya pada stadium 1 kanker mulai muncul pada lapisan dinding kolon.

2. Stadium 1

Pada stadium 1 biasanya kanker kolorektal sudah menyebar pada dinding kolon lapisan kedua dan ketiga, namun belum sampai permukaan dinding.

3. Stadium 2

Saat ini kondisi kanker sudah ada pada permukaan dinding kolon dan umumnya hampir menyebar pada organ tubuh yang lain.

4. Stadium 3

Kanker sudah menyebar keluar dinding dan kelenjar getah bening.

5. Stadium 4

Kanker sudah menyebar pada organ tubuh lainnya seperti paru-paru atau hati. Ukuran tumor ganas pun sangat bervariasi.

Penanganan kanker kolorektal ditentukan dari stadium yang dialami oleh pengidap. Namun, umumnya pengidap kanker kolorektal menjalani beberapa pengobatan, seperti operasi. Tindakan operasi dilakukan untuk memotong bagian usus yang mengalami kondisi kanker. 

Selain operasi, tindakan cryosurgery dapat dilakukan untuk menghancurkan sel kanker dengan bantuan nitrogen cair. Kemoterapi dan radioterapi juga dilakukan untuk membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam usus besar. Keduanya dilakukan sebelum pasien melakukan operasi.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Kanker Usus Besar Juga Mengintai Anak

Referensi:
Mayo Clinic (diakses pada 2019). Colon Cancer
Healthline (diakses pada 2019). Colorectal Colon Cancer