Infeksi Tenggorokan Saat Puasa, Tanda Salah Makan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
infeksi-tenggorokan-saat-puasa-tanda-salah-makan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Saat waktu berbuka puasa tiba, kita memang sering tergiur untuk menyantap berbagai macam hidangan yang lezat tanpa memikirkan dampaknya bagi kesehatan. Itulah mengapa tidak heran bila banyak orang jadi rentan jatuh sakit saat puasa. Salah satu penyakit yang menjadi keluhan umum saat puasa adalah infeksi tenggorokan.

Penyebab kamu rentan mengalami infeksi tenggorokan saat puasa sebenarnya adalah karena kurangnya asupan cairan, sehingga kuman lebih mudah berkembang di dalam mulut. Namun, gangguan kesehatan tersebut bisa saja juga menjadi pertanda bahwa kamu salah makan. Simak penjelasannya di sini.

Kenali Infeksi Tenggorokan Saat Puasa

Infeksi tenggorokan saat puasa bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak juga. Karena itulah, tidak hanya orang dewasa saja yang perlu mewaspadai gangguan kesehatan ini, tapi para orangtua juga perlu menjaga kesehatan anaknya agar dapat terhindar dari infeksi tenggorokan. Penyebab infeksi tenggorokan yang paling umum adalah karena infeksi virus dan bakteri.

Namun, infeksi tenggorokan karena virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Sebaliknya, infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri perlu diobati.

Infeksi tenggorokan biasanya ditandai dengan gejala-gejala berupa rasa gatal atau terbakar di tenggorokan, kesulitan menelan, batuk, badan terasa sakit, sakit kepala, hingga pembengkakan amandel.

Baca juga: Si Kecil Sulit Menelan Makanan? Hati-Hati Gejala Radang Amandel

Alasan Salah Makan Bisa Picu Infeksi Tenggorokan Saat Puasa

Kamu tentunya sudah tahu bahwa berpuasa akan mengurangi asupan cairan dalam tubuh. Ini ternyata juga berdampak pada produksi air liur yang juga ikut menurun. Padahal, air liur berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut, karena air liur bersifat anti bakteri yang bisa mencegah bau mulut dan infeksi tenggorokan.

Berkurangnya produksi air liur ini juga akan membuat tenggorokan kamu menjadi kering saat puasa. Nah, kondisi ini membuat kuman jadi lebih mudah berkembang di dalam mulut. Inilah alasannya mengapa kamu rentan mengalami infeksi tenggorokan saat puasa.

Kondisi tenggorokan yang sedang kering, ditambah lagi dengan salah makan saat buka puasa bisa membuat kamu semakin berisiko mengalami infeksi tenggorokan. Misalnya, menyantap makanan, seperti gorengan dan minuman dingin saat berbuka puasa. Ini karena ketika tenggorokan yang kering tiba-tiba terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin, tenggorokan bisa menjadi stres dan iritasi.

Nah, pada saat itulah, virus dan bakteri bisa dengan cepat menyerang dan menyebabkan infeksi tenggorokan. Karena itu, jangan sampai salah makan saat berbuka puasa agar kamu bisa terhindar dari infeksi tenggorokan.

Baca juga: Begini Pencegahan Infeksi Tenggorokan Saat Puasa

Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari bila tidak ingin terkena infeksi tenggorokan:

  • Makanan Pedas

Makanan pedas memang terasa lebih nikmat dan menggugah selera. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, makanan pedas bisa memicu infeksi tenggorokan saat puasa. Apalagi bila kondisi tubuh kamu sedang kurang sehat. Jadi, sebaiknya hindari makanan pedas, seperti makanan dengan tambahan sambal, bubuk cabai, lada hitam, pala, dan rempah-rempah lain dengan rasa pedas saat berbuka puasa.

  • Makanan Asam

Makanan penyebab infeksi tenggorokan lainnya adalah makanan yang bersifat asam. Ini karena zat asam bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan yang kering dan akhirnya berujung menjadi infeksi. Jadi, jauhi makanan dan minuman, seperti aneka jeruk, cuka, asam jawa, ataupun acar saat berbuka puasa. Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman asam untuk melegakan tenggorokan, cobalah untuk minum segelas jahe hangat.

  • Makanan Berminyak

Hampir sebagian besar hidangan khas buka puasa mengandung minyak yang tinggi. Sebut saja gorengan. Para ahli kesehatan sepakat bahwa makanan yang mengandung banyak minyak tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kondisi kesehatan apapun. Ini karena minyak bisa memberi dampak buruk bagi tenggorokan. Selain itu, minyak juga merupakan pemicu penyakit lainnya saat puasa, seperti sembelit, jerawat, dan lain-lain.

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Jadi, benar bahwa infeksi tenggorokan saat puasa bisa jadi pertanda kalau kamu salah makan. Bila mengalami infeksi tenggorokan, sebaiknya jangan dibiarkan saja. Coba bicarakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kesehatan apa saja yang terjadi selama puasa kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.