Ingin Buat Kue Lebaran Sehat, Ganti Mentega dengan 4 Bahan Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ingin Buat Kue Lebaran Sehat, Ganti Mentega dengan 4 Bahan Ini

Halodoc, Jakarta – Hari lebaran sebentar lagi tiba! Banyak persiapan yang perlu dilakukan mulai dari menyiapkan hati, kesehatan untuk berkumpul dengan keluarga dan menyiapkan makanan-makanan sehat yang bisa dikonsumsi bersama. Salah satunya adalah menyediakan kue lebaran.

Baca juga: Wajib Coba, Ini Resep Takjil Lezat Berbahan Blewah

Jangan lupa untuk membuat kue-kue yang sehat agar setelah momen lebaran berat badan tidak meningkat secara drastis. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk membuat kue lebaran yang sehat. Selain menggunakan bahan-bahan alami dan kualitas yang baik, kamu bisa mengganti penggunaan mentega dengan bahan-bahan yang lain, lho!

Mengganti mentega dengan bahan lain dapat membantu mengurangi kandungan lemak dalam kue yang akan kamu buat. Tentu, hal ini membantu kamu untuk menjaga berat badan.

Peran mentega penting dalam pembuatan kue. Rasa dan tekstur kue dapat menjadi sempurna jika mendapatkan takaran mentega yang pas. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan ini yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti mentega, di antaranya:

1. Minyak Kelapa

Mengganti mentega dengan minyak kelapa dapat membuat kue lebih lezat. Selain itu, minyak kelapa memiliki kandungan lemak baik jika dibandingkan dengan mentega. Namun perlu diketahui, pembuatan kue dengan minyak kelapa dapat membuat kue memiliki sedikit rasa yang berbeda dengan kue yang dibuat dengan menggunakan mentega. Perubahan rasa tergantung dari seberapa banyak minyak kelapa digunakan.

2. Minyak Zaitun

Jika kamu ingin membuat kue dengan campuran buah di dalamnya atau membuat kue dengan citarasa yang gurih, mengganti mentega dengan minyak zaitun adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak jahat dalam kue.

Dalam 1 cangkir mentega, kamu bisa mengganti dengan ¾ cangkir minyak zaitun. Mengganti mentega dengan minyak zaitun nyatanya menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengurangi lemak jahat serta kolesterol yang terkandung dalam mentega.

3. Greek Yogurt

Greek yogurt bisa menjadi pilihan untuk mengganti mentega dalam pembuatan kue. Kandungan protein dalam greek yogurt dapat membuat kue menjadi lebih sehat. Selain itu, greek yogurt juga membuat tekstur kue menjadi lebih lembut.

Penggunaan greek yogurt bisa menambah rasa manis pada kue sehingga kamu tidak perlu menggunakan gula terlalu banyak. Kamu bisa mengganti takaran 1 cangkir mentega dengan ½ cangkir greek yogurt.

Baca juga: 5 Kandungan Kurma yang Bisa Cegah Kanker

4. Alpukat

Buah alpukat bisa menjadi pilihan sebagai pengganti mentega ketika membuat kue. Banyak kandungan baik yang ada dalam alpukat seperti vitamin K, kalium dan juga lemak sehat. 1 gram mentega nyatanya bisa kamu ganti dengan 1 gram alpukat.

Ketika akan menggunakan alpukat sebagai pengganti mentega, jangan lupa haluskan alpukat terlebih dahulu sebelum digunakan. Tidak hanya memberikan tekstur yang lembut dan kandungan yang baik, penggunaan buah alpukat dalam kue menambah cita rasa dan warna alami pada kue.

Tips Membuat Kue yang Sehat

Selain mengganti mentega, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kue yang lebih sehat untuk disajikan kepada keluarga saat lebaran nanti, yaitu:

  1. Tidak ada salahnya untuk menambahkan buah atau sayuran dalam kue yang meningkatkan nutrisi kue yang kamu buat. Misalnya menambahkan parutan wortel atau ubi untuk mendapatkan kandungan serat yang baik. Selain enak dan sehat, tentu kue yang kamu buat terlihat lebih unik dan menarik.

  2. Sebaiknya ganti tepung biasa dengan tepung whole grain. Tepung whole grain mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan tepung biasa.

  3. Sebaiknya, kurangi penggunaan gula dalam pembuatan kue.

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar kamu terhindar dari masalah kesehatan selama berkumpul dengan keluarga. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Minuman Segar Nan Sehat Berbahan Kurma