Ini Menu yang Cocok untuk Disajikan dengan Blewah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Menu yang Cocok untuk Disajikan dengan Blewah

Halodoc, Jakarta – Salah satu jenis buah yang cukup sering ditemui saat bulan Ramadan adalah blewah. Makanan yang satu ini sering dijadikan campuran untuk membuat es buah sebagai hidangan berbuka puasa.

Blewah memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis ini memiliki kandungan nutrisi berupa serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah blewah,nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Tak hanya menyehatkan, mengonsumsi buah blewah bisa membuat tubuh terasa lebih segar. Hal itu yang menjadi alasan banyak orang memilih buah ini untuk disantap saat berbuka puasa. Tapi hati-hati, meski menyehatkan, blewah sama sekali tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Baca juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah

Mengonsumsi blewah sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, karena bisa memicu penurunan tekanan darah. Selain itu, memilih campuran terbaik dalam menyajikan blewah juga sangat penting agar nutrisi baik dari buah ini tetap didapat tubuh. Berikut beberapa saran penyajian dan menu yang cocok disajikan dengan blewah!

  • Es Blewah dan Biji Selasih

Salah satu menu yang bisa kamu buat untuk hidangan berbuka puasa adalah es blewah biji selasih. Minuman ini cocok untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Cara membuatnya pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan.

Sajian ini bisa dibuat dengan mencampurkan blewah, nata de coco, serta biji selasih. Kamu juga membutuhkan air matang, sedikit gula, dan beberapa tetes air jeruk nipis. Campurkan semua bahan tersebut dan tambahkan es batu.

Baca juga: Ternyata, Ini Alasan Blewah Cocok Menjadi Menu Diet

  • Blewah dan Timun Suri

Selain blewah, ada buah lain yang juga lebih sering ditemukan pada bulan Ramadan, yaitu timun suri. Keduanya sama-sama sering disebut sebagai buah khas bulan puasa. Nah, kamu bisa mencampur dua jenis buah ini untuk mendapat sajian buka puasa yang penuh nutrisi.

Siapkan blewah dan timun suri secukupnya, lalu kupas kulitnya. Setelah itu, potong-potong kedua buah ini dan letakkan dalam satu wadah. Masukkan sirup secukupnya dalam wadah, dan tambahkan air. Ingat, jangan berlebihan dalam menuangkan sirup, ya. Masukkan es batu ke dalam campuran buah dan sirup tersebut.

  • Es Campur Blewah

Blewah juga bisa dicampur dengan jenis buah-buahan lain. Agar lebih sehat dan segar, kamu bisa mencoba membuat es campur blewah. Caranya, campurkan blewah dengan beberapa jenis buah yang menyehatkan, misalnya melon, markisa, nangka, serta perasan lemon. Tak hanya nikmat, es campur blewah juga kaya akan nutrisi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Jus Blewah

Tak berbeda jauh dengan jenis buah lain, blewah juga bisa disajikan dengan cara di jus. Potong-potong buah blewah, lalu masukkan ke dalam wadah blender dengan ditambahkan air. Jika suka, kamu bisa menambahkan sedikit kental manis, es batu, ataupun sirup saat blewah diblender. Setelah halus, tuangkan jus blewah ke gelas lalu tambahkan biji selasih.

Baca juga: Wajib Tahu, 3 Manfaat Blewah untuk Si Kecil

Masih penasaran manfaat sehat dan takaran yang dianjurkan dalam mengonsumsi blewah? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips puasa sehat dari dokter terpercaya. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami selama puasa. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!