Wajib Coba, Ini Resep Takjil Lezat Berbahan Blewah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Wajib Coba, Ini Resep Takjil Lezat Berbahan Blewah

Halodoc, Jakarta – Blewah kerap disebut sebagai buah pembangkit tenaga untuk kesehatan. Ini dikarenakan blewah sarat dengan begitu banyak nutrisi. Buah blewah kerap dijadikan sebagai menu takjil karena memiliki persentase kandungan air yang tinggi serta memberikan sensasi adem di perut.

Blewah memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, di antaranya adalah kalori, lemak, lemak jenuh, karbohidrat, protein, serat makanan, sodium, vitamin A, asam folat, niasin, vitamin B6, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, dan karoten.

Baca juga: Wajib Tahu, 3 Manfaat Blewah untuk Si Kecil

Kandungan yang bernutrisi ini memberikan manfaat andalan, yaitu:

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Blewah kaya akan kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Dosis tinggi vitamin A dan beta karoten, yang membantu mempertajam penglihatan mata serta mengurangi risiko pengembangan katarak.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Blewah mengandung karbohidrat baik yang berasal dari gula yang mudah dipecah oleh tubuh. Kadar airnya juga sangat tinggi. Bijinya mengandung serat khusus yang membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalium yang sangat tinggi yang membantu dalam menghilangkan lemak perut.

  1. Membantu Mengendalikan Diabetes

Khasiatnya yang lain adalah mengatur kadar gula darah sehingga membantu mengendalikan diabetes.

  1. Meningkatkan imunitas

Buah blewah sangat kaya vitamin C, sehingga sangat bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Merangsang dan meningkatkan sel darah putih yang membantu menghancurkan virus dan bakteri dan mencegah penuaan dini.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Tips Pilih Takjil Sehat Saat Puasa

Mengolah Blewah untuk Takjil

Setelah mengetahui manfaat blewah, berikut resep mengolah blewah yang direkomendasikan sebagai menu takjil, yaitu:

  1. Jus Blewah

Untuk pengolahan yang sederhana, bisa dengan menjus blewah bersama dengan es batu lalu diberi perasan lemon. Sensasi manis blewah dan asam lemon akan memberikan kesegaran saat kamu mengonsumsinya sebagai berbuka.

  1. Blewah dan Pisang

Untuk variasi lain dari takjil, kamu bisa mencampurkan blewah dengan pisang, kemudian diblender dan disajikan dingin. Sebagai penambah cita rasa, kamu bisa menempatkan irisan stroberi supaya penampilannya lebih berestetis.

  1. Blewah dan Es Krim

Mau sensasi manis dan dingin-dingin segar, cobalah mengombinasikan blewah dengan es krim. Beberapa pilihan rasanya bisa vanilla ataupun cokelat. Kamu bisa menjadikan potongan blewah dalam semangkok es krim atau memblender blewah dan mencampurkannya pada es krim.

Baca juga: 8 Sayuran Sehat Bantu Atasi Dehidrasi Saat Puasa

  1. Blewah sebagai Es Buah

Sebagai penambah variasi rasa, blewah bisa dicampurkan dengan jenis buah-buah yang lain untuk menu es buah. Akan ciamik bila blewah ditambahkan dengan semangka, mangga, kolang-kaling, dan pepaya. Kombinasi buah-buahan seperti ini sejatinya akan memberikan asupan serat, sehingga sangat bermanfaat bila dikonsumsi saat puasa. Ada baiknya untuk tidak menambahkan sirup manis terlalu banyak yang hanya akan mengurangi nilai gizi dari menu tersebut.

  1. Blewah dan Susu

Ini bisa dibilang cita rasa baru, tapi kalau kamu ingin mencoba bisa jadi opsi variatif lainnya. Susu bisa digunakan sebagai campuran untuk blewah ketika kamu menjadikannya sebagai jus. Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat blewah serta pengolahan terbaik untuk menu takjil, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.