18 October 2017

Ingin Gemuk? Ini Cara Sehat Melakukannya

Ingin Gemuk, Ini Cara Sehat Melakukannya

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu jika tak hanya menguruskan badan, menggemukkan badan pun juga sama sulitnya, lho. Sebagian besar orang berbadan kurus karena faktor genetika. Meskipun sudah menambah 3 kali lipat lebih banyak porsi makanan, orang berbadan kurus biasanya tetap tidak menjadi gemuk. Tapi jangan putus asa dulu, buat kamu yang memiliki tubuh kurus, berikut cara sehat membuat badan lebih berisi.

Tips Sehat Menggemukkan Badan
Sebelum memulai program penggemukkan badan, periksa dulu apakah berat badan kamu memang berada di bawah berat badan normal. Jika benar bahwa berat badan kurang dari yang seharusnya, Jangan menggunakan cara yang sembarangan untuk membuat tubuh menjadi berisi, seperti banyak mengonsumsi junk food, sering minum minuman yang manis, dan malas berolahraga. Tapi perhatikan juga nutrisi dan dampaknya untuk kesehatan kamu. Yuk, ikuti tips-tips sehat berikut ini untuk membuat badan kamu lebih berisi:  

  • Perbaiki gizi tubuh dengan makanan sehat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak mengonsumsi makanan berlemak dan minuman berkadar gula tinggi bukanlah cara terbaik untuk menggemukan badan. Namun, penuhilah gizi yang dibutuhkan tubuh dengan makan makanan yang sehat. Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin, serta sumber protein tanpa lemak, seperti kacang-kacangan, ikan dan daging ayam tanpa kulit membuat badan lebih berisi dan sehat.  

  • Makan dalam porsi kecil tapi sering

Biasanya orang berbadan kurus memiliki metabolisme yang tinggi, sehingga cepat merasa lapar. Daripada makan dengan porsi yang lebih banyak 2-3 kali lipat, sebaiknya kamu makan dalam porsi kecil tapi lebih sering.

  • Tambahkan kalori yang sehat pada menu makanan

Untuk menjadi gemuk, kamu boleh menambahkan kalori ke dalam makanan kamu. Misalnya, menambahkan selai kacang dan keju parut ke dalam setangkup roti gandum utuh untuk sarapan, atau menambahkan alpukat ke dalam acai bowl kamu. Usahakan pilih tambahan kalori yang sehat saja, ya.   

  • Memilih camilan bernutrisi

Ngemil adalah salah satu cara ampuh untuk menaikkan berat badan. Tapi gorengan, kue-kue, dan keripik sangat tidak sehat dan tidak bermanfaat untuk tubuh. Jadi, pilihlah camilan sehat seperti tomat ceri, kacang macademia, kacang almond, alpukat, dan lain-lain.

  • Ganti minuman manis dengan minuman sehat

Jenis minuman yang manis seperti kopi, minuman ringan bersoda, dan alkohol, memang bisa membuat tubuhmu gemuk. Tapi kamu juga bisa terkena diabetes jika sering meminum minuman tersebut. Karena itu, ganti minuman manis dengan minuman yang lebih sehat, seperti jus buah atau smoothies, campuran susu dan yogurt yang enak dan menyegarkan.

  • Rutin berolahraga

Tidak hanya untuk melangsingkan badan, olahraga juga bisa dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Olahraga yang melatih kekuatan, seperti berenang, aerobik, angkat beban, dan berlari adalah olahraga yang bisa membuat tubuh lebih berisi dengan cara membentuk otot.


Cara meningkatkan nafsu makan setelah jatuh sakit:
Jika berat badan turun drastis karena baru saja jatuh sakit, kamu bisa mencoba cara-cara berikut untuk meningkatkan selera makan:

  • Ketika baru saja sembuh dari sakit, konsumsi makanan-makanan sehat yang mudah dicerna terlebih dahulu untuk mengembalikan kondisi tubuhmu, seperti sup ayam, bubur, telur rebus, dan susu.
  • Makan makanan yang kamu suka juga bisa mengembalikan selera makan kamu. Tentunya hasrat untuk makan akan muncul ketika melihat makanan favorit yang menggugah selera.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan vitamin E untuk menggantikan nutrisi di tubuh yang hilang selama sakit. Suplemen mengandung seng juga sangat baik untuk  meningkatkan selera makan.
  • Coba campurkan sesendok madu ke dalam minuman karena minuman manis dapat meningkatkan selera makan.


Kamu bisa bicara dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik untuk menaikkan berat badan kamu dengan cara yang sehat. Sebelum datang ke rumah sakit, kamu bisa menggunakan Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi dari dokter yang tepat. Hubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan di Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.