16 December 2017

Badan Terlalu Kurus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Badan Terlalu Kurus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Selama ini keluhan soal berat badan yang berlebih mungkin sangat umum didengar. Di luar itu, tahukah kamu kalau orang yang berbadan terlalu kurus pun juga tak kalah resahnya? Kekurusan bukan hanya tak sedap dipandang, tapi juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Salah satu masalah yang sering muncul akibat badan terlalu kurus adalah lebih rentan terkena penyakit.

Secara umum, penyebab badan kurus pada seseorang adalah akibat kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ada lagi 5 penyebab badan kurus lain yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Penyebab badan kurus yang dimaksud antara lain ialah:

  • Masalah psikologis seperti gangguan mental, anoreksia (suatu kondisi di mana seseorang memutuskan untuk makan sedikit saja karena terobsesi dengan tubuh kurus), maupun bulimia (keadaan di mana seseorang sengaja memuntahkan apa yang ia telah makan dalam jumlah banyak).
  • Makan tidak teratur.
  • Pemilihan menu makan yang dapat berdampak negatif sehingga gizi dan kalori tak terpenuhi.
  • Ketidakseimbangan antara makanan yang masuk/dikonsumsi dan jumlah energi yang dikeluarkan.
  • Faktor keturunan (genetik).
  • Metabolisme yang terlalu cepat.
  • Gangguan kesehatan sehingga tubuh tidak bisa menyerap nutrisi karena diare atau muntaber.
  • Ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hipertiroid, atau sebaliknya yakni hipotiroid.

(Baca juga: Ingin Gemuk? Ini Cara Sehat Melakukannya)

Jadikan Badanmu Lebih Sehat dan Berisi dengan Cara Ini
Sudah tahu penyebab badan kurus? Berarti selangkah lagi, kamu pun akan lebih mudah mengatasinya dengan cara yang tepat. Beberapa tips untuk membuat badan lebih berisi berikut ini bisa kamu coba!

1.  Tambah Asupan Kalori
Kalau biasanya kamu sarapan dengan oatmeal dan air, maka gantilah airnya dengan susu. Kamu juga bisa menambahkan keju dan alpukat sebagai isi roti. Saat ngemil, jangan segan memilih makanan tinggi kalori seperti aneka kacang, cracker, buah, roti gandum panggang, selai kacang, dan sebagainya. Membiasakan diri minum susu dan jus buah 100% juga dapat menjadi cara menyenangkan untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus menghidrasi tubuh.

2.  Pilih Makanan Padat Gizi
Daripada makan junk food, fokuslah pada makanan yang kaya nutrisi. Jadikan makanan padat gizi ke dalam menu harianmu! Seperti daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan keju. Pilih sumber karbohidrat rendah glikemik seperti beras merah dan biji-bijian.

3.  Ngemil Sehat
Untuk menambah berat badan dalam jumlah yang sesuai, kamu juga bisa menambah asupan makanan dengan ngemil. Tapi, bukan ngemil keripik kentang atau coklat sampai berbungkus-bungkus ya. Pilih camilan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat sehat seperti protein bar, kacang rebus atau minum milk shake buatan sendiri.

4.  Olahraga Tetap Perlu
Siapa bilang olahraga hanya untuk menurunkan berat badan? Mungkin kalau aerobik begitu, sebab gerakannya yang intensif dapat membantu membakar kalori serta menurunkan berat badan. Sebaliknya, latihan angkat beban dan yoga dapat membantu menaikkan berat dengan cara membangun otot-ototmu. Alhasil, badan pun tampak lebih kencang dan berisi.

(Baca juga: Olahraga yang Tepat untuk Si Kurus)

5.  Minum Susu Weight Gain
Jika masih belum berhasil, kamu bisa menambah upaya ini dengan minum susu weight gain. Susu ini memiliki kandungan L-Lysine yang berguna untuk meningkatkan protein didalam tubuh hingga berat badan pun bisa bertambah.


Itulah penyebab badan kurus dan mengatasinya dengan cara yang dianjurkan. Satu hal lagi yang tak kalah penting, selalu diskusikan hal ini kepada berbagai pilihan dokter ahli yang terpercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan pengawasan ahli gizi, biasanya ia akan memberimu daftar menu, suplemen, atau obat tertentu yang dapat membantu berat badan agar meningkat dengan cara yang sehat. Dapatkan obat atau suplemen yang kamu butuhkan sampai hanya dalam waktu hanya 1 jam dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery. Download aplikasi yang mendukung kesehatanmu tersebut di Google Play dan App Store!

(Baca juga: Banyak Makan Tetap Kurus Karena Cacingan, Benarkah?)