24 July 2018

5 Olahraga untuk Orang Kurus yang Ingin Gemuk

olahraga, kurus, sehat, olahraga untuk orang kurus, olahraga untuk gemuk

Halodoc, Jakarta - Memiliki bentuk tubuh yang seimbang dengan berat badan alias ideal adalah keinginan setiap orang, terutama wanita. Tak mengherankan, karena tubuh ideal mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Inilah mengapa wanita berlomba-lomba untuk melakukan diet dan olahraga demi mendapatkan tubuh ramping. Namun, bagaimana dengan orang kurus yang ingin gemuk?

Pada dasarnya, olahraga dilakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot tubuh. Bukan berarti orang yang bertubuh kurus dilarang untuk olahraga. Justru olahraga tetap perlu dilakukan demi menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, untuk orang kurus, berikut olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tampak lebih gemuk dan berotot:

Berenang

Berenang ternyata tak hanya ditujukan bagi orang gemuk. Orang kurus pun bisa melakukannya demi mendapatkan berat badan yang lebih ideal. Tak hanya meningkatkan kesehatan jantung, berenang juga bermanfaat untuk otot tubuh. Ini disebabkan karena semua anggota tubuh akan ikut bergerak ketika kamu berenang, mulai dari tangan, kaki, leher, kepala, hingga pinggang dan perut.

Energi yang kamu keluarkan saat berenang ternyata lebih besar dengan yang kamu keluarkan ketika melakukan olahraga lari. Ini karena kamu akan melawan massa air agar tubuh kamu bisa bergerak dan melaju. Gerakan-gerakan inilah yang membuat otot kamu lebih lentur dan kuat.

Baca juga: 3 Tips Tetap Sehat untuk Si Kurus

Zumba

Hampir mirip dengan aerobik, zumba merupakan jenis senam yang menggabungkan berbagai aliran dan jenis musik. Gerakannya yang menuntut banyak energi akan membantu membentuk tubuh kamu menjadi lebih ideal. Kamu juga diharuskan untuk mampu mengontrol stamina tubuh, dan ini akan membuat tubuh kamu lebih berisi. Oleh karena itulah zumba menjadi jenis olahraga yang dianjurkan untuk orang kurus yang ingin gemuk dan lebih berotot.

Angkat Beban

Olahraga angkat beban seperti angkat besi atau barbel bisa membantu pembentukan otot tubuh sekaligus menjadikannya lebih kuat. Adanya pertumbuhan otot-otot inilah yang membuat tubuh kamu terlihat lebih gemuk dan berisi. Olahraga ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika kamu melakukannya dengan mengombinasikan gerakannya dengan bermacam gerakan senam lainnya, seperti squats, chin ups, bent over, dan bench press.

Push-up

Ingin gemuk dan sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya? Coba lakukan push-up secara rutin. Olahraga murah meriah ini bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan di sela-sela jam kerja kamu yang terbilang padat. Melakukan push up akan membantu membentuk otot tubuh bagian atas yang akan membuat kamu terlihat lebih kekar. Rutin melakukan gerakan ini dan mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi akan membuat tubuh kamu tampak berisi dengan lebih cepat.

Sit-up

Olahraga untuk orang kurus yang ingin gemuk terakhir adalah sit-up. Jika push-up membantu membentuk massa otot bagian bahu dan lengan, sit-up akan membentuk otot perut. Tidak hanya itu, gerakan yang dilakukan dengan menarik otot punggung ini juga mampu melatih otot tubuh menjadi lebih kuat, sehingga tubuh menjadi lebih stabil dan postur tubuh kamu pun akan terlihat lebih ideal.

Baca juga: Ingin Gemuk? Ini Cara Sehat Melakukannya

Itu tadi lima olahraga untuk orang kurus yang ingin gemuk dan mendapatkan berat badan serta bentuk tubuh yang ideal. Jangan lupa untuk diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan konsumsi vitamin. Supaya lebih menghemat waktu, kamu bisa membeli multivitamin dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Setelah download aplikasinya di App Store atau Play Store, pilih layanan Apotek Antar dan tuliskan vitamin yang kamu butuhkan. Yuk, pakai aplikasi Halodoc untuk semua kebutuhan kesehatan kamu!