Ingin Tetap Kenyang dari Sahur sampai Buka Puasa? Ini Triknya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ingin Tetap Kenyang dari Sahur sampai Buka Puasa? Ini Triknya

Halodoc, Jakarta - Merasa lapar dan haus saat berpuasa adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan nutrisi dan cairan yang biasanya didapatkan dari pola makan bulan-bulan lainnya. Namun, sebenarnya ada lho cara agar bisa tetap kenyang saat puasa. Simak yuk triknya berikut ini!

1. Jangan Lewatkan Sahur

Meskipun sifatnya sunnah alias tidak harus, sebaiknya jangan pernah melewatkan sahur, ya. Sahur memberikan energi yang diperlukan bagi tubuh untuk berfungsi sepanjang hari, tanpa merasa lapar.

Agar bisa tetap kenyang saat puasa, menu sahur pun tidak boleh ngasal. Sisipkan makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti oatmeal atau roti gandum dalam menu sahur. Sebab karbohidrat komplek cenderung lambat dicerna dan bisa menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca juga: Telat Bangun Sahur, Ini Tips Puasa Agar Tetap Sehat

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Sumber lemak baik, seperti kacang mentah tanpa garam, minyak zaitun, dan alpukat, dapat memberi energi bagi tubuh dan menjaga kita tetap kenyang saat puasa. Selain itu, tubuh juga akan mengambil manfaat dari omega-3, yang dapat membantu menyokong otak, fungsi saraf, membersihkan sel-sel tubuh, meningkatkan energi, dan fungsi hati.

3. Batasi Asupan Kafein

Kafein memiliki sifat diuretik, yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan melalui urine. Oleh sebab itu, jika ingin tetap kenyang saat puasa, batasi asupan kafein, ya. Sebab ketika berpuasa, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi. Jadi alih-alih minum kopi, sebaiknya perbanyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap fit, ya.

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur amat penting untuk menunjang kegiatan puasa kita. Pastikan mengonsumsinya pada waktu sahur dan berbuka. Buah memiliki kandungan air yang melimpah sehingga mampu mencegah dehidrasi dini di pagi hari ketika berpuasa. Selain itu, buah juga bisa membuat kita kenyang lebih lama. Tapi, ingat, sebaiknya pilih buah yang tidak terlalu asam rasanya.

Baca juga: Sekalian Diet, Bolehkah Sahur dan Berbuka Hanya dengan Sayur?

5. Batasi Konsumsi Makanan Terlalu Asin atau Manis

Makanan asin akan meningkatkan kekentalan cairan dalam tubuh sehingga membuat kita lebih mudah dehidrasi. Kalau kita terlalu banyak mengonsumsi makanan asin di waktu sahur, di pagi hari kita akan merasa haus. Begitu pula dengan makanan manis. Memang kita dianjurkan untuk berbuka yang manis, tetapi jangan terlalu banyak, ya. Sebab yang terpenting adalah air putih untuk memenuhi asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh.

6. Jangan Hanya Malas-Malasan

Percaya atau tidak, tiduran atau bermalas-malasan seharian penuh selama berpuasa justru akan membuat kita mudah merasa lapar. Tiduran tanpa melakukan aktivitas apapun akan membuat kita merasa bosan sehingga ingin makan dan minum. Sebaliknya, lakukanlah aktivitas seperti biasanya.

Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk melakukan aktivitas harian. Tetaplah beraktivitas seperti biasa, misalnya dengan bersih-bersih atau membantu orang lain. Hal tersebut dapat memberikan manfaat. Ingat, saat puasa adalah bulan penuh berkah sehingga kita harus banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat, bukan?

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Wajib Olahraga Meski Sedang Berpuasa

Itulah sedikit penjelasan tentang trik agar tetap kenyang saat puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!