Ingus Berdarah, Waspada Gejala Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ingus Berdarah, Waspada Gejala Tekanan Darah Tinggi

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memiliki berat badan yang stabil dan ideal, kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang menyerang kesehatan. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi, yang dikenal dengan hipertensi.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang cukup sering ditemui saat ini. Seseorang dikatakan alami tekanan darah tinggi ketika kondisi tekanan darah berada pada 130/80 mmHg atau lebih. Tentu kondisi ini dinilai berbahaya untuk kesehatan seseorang karena dapat timbulkan beberapa komplikasi kesehatan, seperti stroke hingga gagal jantung.

Waspada Gejala Tekanan Darah Tinggi

Penyebab pasti seseorang alami tekanan darah tinggi memang belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat tingkatkan seseorang alami tekanan darah tinggi atau hipertensi, seperti kondisi kehamilan, kecanduan alkohol dan konsumsi rokok, gangguan ginjal, jarang melakukan kegiatan fisik atau olahraga dan riwayat keluarga dengan hipertensi.

Ketahui gejala yang menjadi tanda penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi agar kondisi ini dapat dicegah dan segera atasi untuk menghindari komplikasi kesehatan, seperti:

1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang umum dialami oleh pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bukan hanya pusing yang terasa pada area kepala, pengidap hipertensi juga mengalami nyeri yang berdenyut pada bagian kepala. Hal ini disebabkan tekanan pada tulang tempurung yang meningkatkan tekanan darah.

2. Sesak Napas

Tekanan darah tinggi memengaruhi pembuluh darah pada jantung serta paru-paru. Kondisi ini membuat kamu alami sesak napas. Jangan sepelekan sesak napas yang kamu alami. Sebaiknya segera periksakan kondisi ini pada rumah sakit terdekat.

Baca juga: Pertolongan Pertama saat Tekanan Darah Melonjak

3. Hidung Mengeluarkan Darah atau Mimisan

Meskipun terbilang jarang terjadi, mimisan atau munculnya darah pada ingus bisa menjadi salah satu gejala hipertensi yang kamu alami. Mimisan yang terjadi umumnya disebabkan adanya peningkatan tekanan darah yang terjadi secara mendadak.

4. Muncul Darah pada Urine

Muncul darah pada urine atau hematuria dapat menjadi tanda atau gejala dari kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

5. Gangguan Detak Jantung

Gangguan detak jantung dapat menjadi salah satu tanda kamu alami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi ini umumnya akan membuat pengidap hipertensi alami detak jantung yang tidak beraturan atau bahkan detak jantung dapat berhenti dalam waktu yang sangat cepat.

Atasi Hipertensi untuk Hindari Komplikasi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi agar tidak menimbulkan komplikasi untuk kesehatan kamu. Kamu dapat lakukan gaya hidup sehat untuk menurunkan tekanan darah yang mengalami peningkatan. Lakukan pola makan dengan lebih banyak mengonsumsi buah, sayuran, susu rendah lemak, gandum, dan kacang-kacangan. Mengurangi konsumsi garam dan perbanyak olahraga atau aktivitas fisik menjadi beberapa pengobatan yang dapat dilakukan di rumah secara mandiri.

Baca juga: Tips Mencegah Tekanan Darah Naik Drastis

Selain gaya hidup, pengobatan perlu dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, seperti diuretik, beta blocker, antagonis kalsium dan obat penghambat renin untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Jika tekanan darah tidak segera diatasi, pengidap rentan alami beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan penglihatan, gagal ginjal, gagal jantung, aterosklerosis, dan demensia vaskuler.

Referensi:
Medscape. Diakses pada 2019. How Does Hypertension Cause Epistaxis (Nosebleed)
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. High Blood Pressure