27 July 2018

Tips Mencegah Tekanan Darah Naik Drastis

hipertensi, tips mencegah hipertensi,

Halodoc, Jakarta – Hipertensi alias tekanan darah tinggi menjadi satu jenis penyakit yang harus diwaspadai. Pasalnya, hipertensi bisa memicu penyakit yang lebih berbahaya, misalnya penyakit jantung dan stroke. Bagi kamu yang memiliki riwayat, dan faktor risiko, sangat penting untuk selalu memantau serta mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan pengukuran tekanan darah. Dalam keadaan normal, tekanan darah orang yang sehat adalah kurang dari 120/80. Angka pertama merupakan tekanan darah sistolik, dan yang berikutnya adalah tekanan diastolik. Saat hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, bisa jadi itu merupakan gejala hipertensi.

Baca juga: Ini Penyebab Tekanan Darah bisa Naik Drastis

Untuk menghindari naiknya tekanan darah secara drastis, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menjauhi pemicu hipertensi, mengonsumsi obat, hingga mengatur pola makan. Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar tekanan darah tetap normal, bahkan bisa membantu menurunkannya secara perlahan. Apa saja?

 

  • Buah Bit

 

Rutin mengonsumsi buah bit ternyata bagus untuk mencegah tekanan darah melonjak. Sebab buah yang satu ini memiliki kandungan nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, buah bit disebut dapat membantu menurunkan, bahkan menormalkan tekanan darah dalam waktu sehari semalam saja.

 

  • Pisang

 

Selain buah bit, pisang ternyata juga menjadi jenis buah andalan bagi pengidap hipertensi. Kandungan potasium yang ada pada pisang bisa membantu membuat tekanan darah tetap stabil. Cara terbaik untuk mengonsumsi buah pisang adalah dengan memakannya begitu saja.

Baca juga: Atasi Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Buah Ini

Selain itu, pisang juga bisa dikonsumsi bersama oatmeal. Oatmeal yang mengandung gandum utuh merupakan jenis makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan lemak yang rendah serta serat yang tinggi membuat oatmeal bagus untuk dikonsumsi. Selain itu, oatmeal ternyata memiliki natrium atau garam yang relatif rendah.

Makanan yang Harus Dihindari untuk Menghindari Hipertensi

Selain makanan yang dapat menghindari hipertensi, ada juga jenis makanan yang ternyata bisa memicu naiknya tekanan darah. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari, di antaranya:

Makanan atau Minuman yang Mengandung Kafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein ternyata juga bisa menjadi pemicu naiknya tekanan darah tinggi. Ada beberapa jenis minuman yang disarankan untuk dihindari, seperti kopi, soda, dan teh. Boleh saja mengonsumsinya, tapi pastikan untuk tidak berlebihan.

Makanan Kaleng

Meski bisa menghemat waktu dan lebih praktis, makanan yang dikemas dalam kaleng ternyata harus diwaspadai. Sebab beberapa jenis makanan kaleng, seperti saus tomat, saus pasta, hingga jus tomat biasanya memiliki kadar natrium yang cukup tinggi. Natrium menjadi satu hal yang harus dihindari untuk mencegah naiknya tekanan darah.  

Baca juga: Makanan Asin Bisa Bikin Darah Tinggi, Kenali Faktanya

Makanan Olahan

Selain makanan kaleng, masih ada beberapa jenis makanan yang mengandung banyak natrium. Daging dan makanan olahan biasanya diolah dengan cara diawetkan menggunakan garam. Artinya, makanan tersebut bisa menjadi ancaman nyata yang bisa meningkatkan tekanan darah. Selain itu, hindari juga kebiasaan mengonsumsi kulit ayam dan makanan berlemak lainnya

Seperti daging merah, susu berlemak, keju, dan mentega. Jenis makan ini banyak mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat, yang pada akhirnya bisa memperburuk hipertensi.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.