• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Olahraga Yoga Baik saat Puasa

Ini Alasan Olahraga Yoga Baik saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Alasan Olahraga Yoga Baik saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Berolahraga saat berpuasa mungkin terdengar sulit untuk dilakukan. Namun, hal ini nyatanya tetap harus dilakukan. Saat berpuasa, penting untuk selalu memastikan tubuh tetap sehat dan bugar. Nah, berolahraga bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan. Salah satu jenis olahraga yang bisa dicoba untuk dilakukan adalah yoga. Berolahraga saat puasa perlu dilakukan dengan sejumlah penyesuain, termasuk jenis olahraga yang dijalani. 

Memang penting untuk menghindari olahraga dengan intensitas tinggi saat puasa karena dapat berdampak buruk pada tubuh. Memaksakan diri untuk berolahraga saat puasa juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Maka dari itu, olahraga yoga bisa menjadi salah satu alternatif untuk berakktivitas fisik. Dengan melakukan yoga, manfaat yang dapat kamu terima juga dapat menyehatkan tubuh, lho. Inilah alasan yoga baik dilakukan saat puasa!

Baca juga: Olahraga saat Puasa Sebaiknya Sebelum atau Setelah Buka?

Yoga Sangat Baik Dilakukan saat Puasa

Memang, puasa tidak dapat menjadi alasan untuk kamu mengurangi aktivitas fisik. Kamu dapat memilih melakukan yoga yang terbilang tidak membutuhkan tenaga banyak saat melakukannya. Selain itu, yoga juga mempunyai keterkaitan sendiri dengan puasa, sehingga sangat baik untuk dilakukan bersamaan.

Yoga yang kamu lakukan saat puasa juga dapat menimbulkan banyak manfaat jika disesuaikan dengan kondisi tubuh. Seseorang dapat melakukannya dengan gerakan lembut, peregangan otot, hingga metode pernapasan. Semua hal tersebut mampu mempercepat proses detoksifikasi tubuh, sehingga semua racun yang menumpuk dapat dikeluarkan.

Beberapa rangkaian gerakan yoga dapat menyehatkan otak dan mengurangi kecepatan jantung untuk memompa darah. Selain itu, kamu juga dapat membuat tubuh memompa lebih banyak darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, sehingga badan lebih fit. Semua hal tersebut dapat kamu rasakan setelah melakukan teknik pernapasan.

Selain itu, beberapa alasan yang dapat membuat yoga baik dilakukan saat puasa adalah:

1. Pikiran Lebih Rileks

Salah satu manfaat yoga yang dilakukan saat puasa adalah dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Gerakan yoga yang membutuhkan keseimbangan tubuh dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan tenang. Dengan begitu, beban pikiran dan rasa stres yang ada dapat berkurang sedikit demi sedikit. Saat rutin dilakukan, pengendalian diri kamu menjadi lebih baik.

Baca juga: 5 Tips Olahraga Saat Puasa

2. Melatih Kesabaran

Yoga yang kamu lakukan secara rutin mampu membuat diri kamu menjadi lebih sabar, seperti halnya puasa yang harus menahan emosi. Gerakan yang melibatkan pernapasan akan membuat hati kamu lebih tenang untuk menyelesaikan suatu masalah. Maka dari itu, jika kamu seseorang yang mudah emosi, puasa ditambah melakukan yoga sangat baik untuk meningkatkan pengendalian diri.

Jika terdapat pertanyaan terkait alasan yoga baik dilakukan saat puasa, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kamu juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan rutin melakukan yoga. Saat tubuh lebih sehat dan pikiran lebih rileks, otomatis tidur kamu menjadi lebih nyenyak karena merasakan beban hidup yang sedikit berkurang dan pikiran yang lebih positif. Selain itu, waktu tidur yang berkurang saat puasa dapat membuat kamu tetap bugar dengan melakukan yoga karena kualitas tidur tersebut.

4. Menurunkan Berat Badan

Tidak sedikit orang yang berpuasa untuk menurunkan berat badan. Dengan melakukan yoga saat puasa, penurunan berat badan kamu dapat lebih efektif. Berlatih yoga selama beberapa waktu mampu membakar kalori tubuh secara signifikan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan yoga saat puasa agar tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga: 6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

Itulah alasan kenapa yoga sangat baik untuk dilakukan saat puasa. Dengan kombinasi yoga dan berpuasa, tubuh kamu akan terasa lebih sehat dan bugar dari sebelumnya. Sehingga, kamu dapat menghindari segala macam penyakit yang dapat menyerang tubuh kamu.

Referensi:
Juru Yoga. Diakses pada 2021. The Practice of Yoga While Fasting.
India Yoga Vibes. Diakses pada 2021. 5 Benefits of fasting while you practice Yoga.