11 February 2018

Ini Cara Atasi Pilek Pada Bayi. Calon Ibu, Wajib Tahu!

Ini Cara Atasi Pilek Pada Bayi. Calon Ibu, Wajib Tahu!

Halodoc, Jakarta — Saat si kecil menjadi sering batuk dan mengeluhkan sakit di kepala, Ibu tidak perlu panik, karena mungkin saja dia terkena pilek. Salah satu penyebab hidung meler, yaitu pilek memang rentan diidap oleh anak-anak, karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum sempurna.

 

Virus jahat yang menginfeksi hidung si kecil adalah pemicu pilek. Sebelum anak-anak mencapai umur dua tahun, mereka umumnya akan mengalami pilek sebanyak delapan hingga sepuluh kali dalam satu tahun. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena sistem kekebalan tubuh si kecil akan secara alami memperkuat perlindungan mereka terhadap virus penyebab pilek, seiring pertumbuhannya. Inilah mengapa anak-anak akan semakin jarang mengalami pilek dengan bertambahnya usia.

 

Meskipun virus ini tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, ibu biasanya tak tega melihat si kecil mengidapnya, apalagi jika masih bayi. Karena itu, lebih baik mencegah penularan virus dengan menjauhkan anak ibu dari orang-orang yang sedang pilek atau batuk. Kalau memungkinkan, jauhkan anak-anak dari tempat yang berisiko terjangkit penyakit, terutama di ruang tertutup.

 

Pilek biasanya lebih sulit dideteksi karena si bayi belum bisa mengeluhkan gejalanya secara langsung. Setelah mendapat kontak dengan orang atau tempat yang terjangkit virus, ibu sebaiknya memperhatikan kondisi si bayi dengan lebih teliti. Bayi yang berumur di bawah tiga bulan akan mengalami kesulitan bernafas kalau hidung mereka tersumbat, karena tentunya akan mempersulit proses menyusui mereka.

 

Cara atasi pilek pada bayi, yaitu dengan segera hubungi dokter apabila bayi mengalami kesulitan bernafas, tidak bisa makan atau muntah-muntah. Cek juga temperatur badannya. Jika si kecil demam dengan suhu >38.5 Celsius, periksakan segera ke dokter melalui pilihan voice/video call dan chat di Halodoc.

 

Beberapa virus saluran pernafasan yang menjadi penyebab pilek di orang dewasa dan anak-anak, bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius jika dialami oleh bayi dan balita, lho!.

 

Atasi penyebab hidung meler si kecil dengan berikan vitamin yang bisa kamu beli di Halodoc, bahkan kamu bisa cek lab juga tanpa perlu keluar rumah. Tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.