12 October 2018

Ini Cara Membuat Deodoran Alami

Ini Cara Membuat Deodoran Alami

Halodoc, Jakarta – Penggunaan deodoran sering dilakukan untuk mengatasi masalah bau badan dan keringat berlebih yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski ampuh dan bisa membuat penggunanya merasa nyaman dalam menjalani hari, tapi deodoran masih saja bisa membuat kebanyakan orang was-was. Pasalnya, kandungan zat kimia yang ada dalam produk ini dikhawatirkan dapat mengganggu tubuh.

Memilih produk deodoran yang cocok dengan kulit serta selera bukan perkara yang mudah, terutama untuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif. Kandungan kimia yang cukup tinggi dalam produk deodoran terkadang bisa membuat kulit iritasi. Duh, kalau sudah begitu, harus bagaimana?

Eits, jangan khawatir. Bagi kamu yang tidak percaya diri untuk beraktivitas tanpa deodoran, tapi terlalu khawatir dengan dampak yang bisa terjadi maka deodoran alami bisa jadi jawabannya. Kamu bisa membuat sendiri deodoran dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah. Jangan khawatir, meskipun alami dan sederhana, tapi manfaatnya tidak kalah dari produk deodoran di pasaran, lho!

Menggunakan deodoran alami juga akan membantu mencegah penumpukan bahan kimia di kulit dan tubuh. Bahkan, beberapa bahan deodoran alami disebut mampu membantu memutihkan ketiak dan mengatasi keringat berlebih yang bisa memicu masalah bau badan. Lantas, bagaimana cara membuat deodoran alami sendiri di rumah?

Mengumpulkan Bahan Utama Deodoran Alami

Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat deodoran alami yang ramah di kulit adalah mengumpulkan bahan-bahan utama. Ada beberapa jenis bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk yang satu ini.

Bahan yang pertama adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Pilihlah bahan yang berbentuk padat. Minyak kelapa murni berfungsi untuk menghaluskan kulit ketiak dan menghambat tumbuhnya bakteri akibat produksi keringat berlebih.

Selanjutnya, sediakan juga baking soda untuk bahan membuat deodoran alami. Nyatanya, bahan yang terkenal sebagai “pembuat kue” ini juga memiliki manfaat untuk kulit. Baking soda memiliki sifat asam yang dianggap dapat menghilangkan bau badan serta mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Jadi, manfaat dari bahan yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kulit yang sensitif.

Tepung maizena juga masuk dalam daftar bahan untuk membuat deodoran alami. Fungsinya adalah untuk menghambat bakteri yang tumbuh di area ketiak. Tepung maizena juga bisa membantu mengurangi jumlah keringat berlebih yang bisa menjadi pemicu masalah bau badan.

Bahan terakhir yang harus disediakan adalah lilin lebah alias beeswax. Bahan yang satu ini digunakan untuk membantu melembapkan kulit. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu menangkal radikal bebas serta dapat memperbaiki masalah kulit, seperti kulit kering dan kasar.

Cara Membuat Deodoran Alami

Setelah semua bahan terkumpul, proses pembuatan deodoran alami bisa dimulai. Langkah pertama adalah melelehkan minyak kelapa padat dan beeswax. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dalam sebuah mangkuk kaca, lalu letakkan mangkuk di atas panci berisi air kemudian panaskan di atas kompor. Tapi ingat, jangan sampai air masuk ke dalam mangkuk. Setelah bahan meleleh dengan sempurna, campurkan baking soda dan tepung maizena. Aduk hingga rata dan tambahkan tetesan minyak aroma esensial sebelum adonan mengeras. Tempatkan adonan dalam sebuah wadah dan biarkan mengeras sempurna sebelum digunakan.

Kamu punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: