20 September 2018

Ketiak Hitam dan Fakta Menariknya yang Perlu Diketahui

penyebab ketiak hitam

Halodoc, Jakarta – Kondisi ketiak yang menghitam kerap menjadi penyebab seseorang menjadi tidak percaya diri. Menurut pakar dermatologis Dr. Ann C Zedlitz, MD dari Louisiana, mengatakan penyebab ketiak hitam karena kulit teriritasi sehingga menimbulkan reaksi peradangan yang merangsang sel-sel penghasil pigmen (melanosit) untuk menghasilkan lebih banyak pigmen.

Mencukur dengan menggunakan silet dan kebiasaan intens menggunakan deodoran adalah penyebab warna ketiak menjadi lebih hitam. Selain kebiasaan dalam perawatan tubuh, hal lain yang menjadi penyebab ketiak hitam adalah tanda diabetes awal yang disebabkan oleh resistensi insulin. Metabolisme abnormal dari pengidap diabetes memicu penebalan kulit dan memberikan efek penggelapan sebagai akibatnya.

Mengenakan pakaian terlalu ketat juga menjadi penyebab ketiak hitam. Gesekan kulit dengan pakaian apalagi kalau pakaian berbahan keras, menyebabkan perubahan warna kulit ketiak. Kemudian, infeksi bakteri yang disebabkan oleh keringat berlebih juga bisa membuat ketiak berwarna lebih gelap ketimbang biasanya, selain badan menjadi bau.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyebab ketiak hitam:

  1. Jangan Mencukur Bulu Ketiak

Untuk menghindari peradangan yang disebabkan oleh pencukuran, maka jangan melakukan pencukuran, waxing adalah langkah paling aman dan nyaman secara estetika. Jika kamu memang tidak bisa menghindari kebiasaan mencukur, maka pastikan kamu mengaplikasikan krim terlebih dahulu sebagai fondasi untuk melindungi kulit luar ketiak dari pisau cukur.

  1. Mengganti Deodoran

Beberapa deodoran mengandung bahan beralkohol, beraroma, dan anti-keringat seperti aluminium klorida yang menyebabkan iritasi sehingga terjadilah perubahan warna pada kulit ketiak. Jika sebuah produk membuat kulit ketiak gatal dan menyengat dengan sensasi terbakar, kamu harus mengganti jenis deodoran.

  1. Menggunakan Produk Pencerah Kulit

Menggunakan produk pencerah kulit bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari penyebab ketiak hitam. Beberapa kandungan yang efektif untuk mencerahkan kulit adalah asam kojik, hydroquinone, ekstrak akar licorice, dan vitamin C.

  1. Menyikat Ketiak

Selain karena pigmentasi, perubahan warna kulit ketiak menjadi menghitam disebabkan karena daki yang mengumpul di lapisan luar kulit dan menebal. Membersihkan bagian ketiak secara rutin dan saksama adalah cara untuk menghilangkan daki. Melakukan scrubbing secara rutin minimal 2—3 kali selama seminggu, dapat secara efektif mencerahkan kulit ketiak.

Ketiak Hitam karena Penyakit

Warna kulit ditentukan oleh sel-sel pigmen yang disebut melanosit. Ketika sel-sel ini bertambah banyak dapat mengubah warna kulit menjadi lebih gelap. Kondisi ini menyebabkan ketiak bisa berwarna lebih gelap.

Mereka yang mengalami kondisi berat badan berlebih alias obesitas juga memiliki kecenderungan ketiak hitam. Pergesekan lipatan kulit menjadi penyebab kondisi ini. Penggunaan obat-obatan tertentu menjadi penyebab ketiak hitam, seperti kadar hormon insulin yang tinggi, hormon pertumbuhan manusia, konsumsi pil KB, dan pengidap penyakit tertentu, seperti kanker.

Sebenarnya kondisi ketiak hitam tidak berbahaya, tetapi kalau diiringi gangguan yang lain seperti kulit yang menebal, rasa sakit ataupun bercak gelap di area tertentu di ketiak, bisa jadi ini adalah gejala penyakit berbahaya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai ketiak hitam serta bagaimana cara mengatasinya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kamu juga bisa menanyakan informasi seputar kesehatan lainnya di sini. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: