Ini Pentingnya Menggunakan Moisturizer Setiap Hari

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
moisturizer

Halodoc, Jakarta – Mencuci muka memang penting dilakukan setiap hari agar wajah tetap bersih dan terasa segar. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa mencuci muka bisa menurunkan kadar pH alami kulit wajah? Hal ini karena sabun pembersih wajah yang kamu gunakan untuk mencuci muka bisa mengikis kelembaban alami kulit wajah. Akibatnya, wajah menjadi kering. Selain itu, terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC juga bisa bikin kulit wajah kamu jadi kering. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan moisturizer setiap hari.

Moisturizer atau yang biasa disebut juga dengan pelembap, manfaat moisturizer untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini dibutuhkan agar kulit tetap lembap, halus, dan sehat. Penyebab kulit wajah kering adalah karena kelembapan alami kulit berkurang dan kadar pH rendah karena kekurangan protein keratin. Nah, menggunakan moisturizer dapat membantu meningkatkan kadar pH dan produksi keratin, sehingga kulit menjadi lembap. Berikut manfaat moisturizer untuk kulit yang digunakan setiap hari:

1. Menutrisi Kulit

Selain melembapkan, moisturizer juga biasanya mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan agar kulit wajah tetap cantik dan sehat. Misalnya seperti, vitamin A dan B5 yang dapat meningkatkan kekencangan dan kelembapan kulit. Antioksidan, vitamin C, dan vitamin E bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan. Ditambah SPF yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

2. Mencegah Timbulnya Berbagai Masalah Kulit

Menggunakan moisturizer setiap hari dapat mencegah dua kondisi ekstrem terjadi pada kulit wajah, yaitu kekeringan atau terlalu berminyak. Kedua ekstrem tersebut tidak baik bagi kulit wajah dan bisa menyebabkan timbulnya masalah kulit seperti jerawat. Jadi, bagi kamu yang punya jenis kulit wajah berminyak, bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan moisturizer. Kamu tetap butuh nutrisi yang ada dalam moisturizer yang justru dapat mencegah timbulnya jerawat. Buat jenis wajah berminyak, pilihlah moisturizer yang bertekstur ringan, berbahan dasar air, dan mudah diserap.

3. Membuat Kulit Wajah Awet Muda

Tahukah kamu kulit kering menyebabkan wajah tampak lebih tua? Bagi sebagian orang, kulit kering memang merupakan dampak sementara akibat cuaca buruk dan perubahan hormon. Namun, bila kulit dibiarkan kering dan produksi minyak semakin berkurang, maka lama-kelamaan akan muncul tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, seperti garis halus, kerutan, dan bercak-bercak kering. Nah, menggunakan moisturizer setiap hari dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, memijat wajah dengan lembut saat mengaplikasikan moisturizer juga bisa membantu merangsang sirkulasi darah dan pembentukan sel baru, sehingga wajah akan tampak selalu awet muda.

4. Membantu Kulit untuk Berfungsi dengan Baik

Menjaga kulit wajah terhidrasi dengan baik maka lapisan perlindungan kulit dapat berfungsi secara optimal. Lapisan perlindungan kulit ini sangat penting karena berfungsi untuk menjaga lapisan kulit yang lebih dalam dari polutan luar, seperti polusi, bahan kimia, dan faktor lingkungan lainnya.

5. Menutupi Kekurangan Kulit Wajah Lainnya

Menggunakan moisturizer yang bagus juga bisa menjadi cara untuk menyamarkan noda di kulit wajah. Hal ini karena manfaat  moisturizer cenderung membuat kulit menjadi sedikit berkilau, sehingga noda wajah tidak akan terlalu terlihat. Bahkan buat kamu yang punya warna kulit tidak rata, penggunaan moisturizer sangat dianjurkan.

Jadi, jangan malas menggunakan moisturizer setiap hari ya, agar kulit wajahmu senantiasa cantik dan sehat. Kalau kulit wajahmu cenderung kering atau sering bermasalah, jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: