7 Minyak Alami untuk Melembapkan Berbagai Tipe Kulit

melembabkan kulit,tipe kulit

Halodoc, Jakarta – Merupakan hal yang wajar jika perempuan selalu ingin tampil cantik dan menarik sepanjang waktu. Ada saatnya perempuan rela menghabiskan waktu dan uang untuk menjadi cantik dengan perawatan yang canggih dan mutakhir. Ada juga yang suka melakukan perawatan sederhana di rumah dengan bahan-bahan alami.

Perempuan zaman sekarang semakin menyadari pentingnya merawat kulit. Perawatan kulit kini tidak hanya sekedar menggunakan krim atau losion yang melembapkan. Berbagai jenis produk yang berasal dari minyak alami pun kini semakin digandrungi sebagai alternatif bagi perawatan kesehatan kulit. Beberapa minyak alami yang sering digunakan untuk merawat kulit yang bisa kamu coba di antaranya:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal ampuh sebagai perawatan kulit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk melembapkan dan mencerahkan. Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan khasiat minyak zaitun, mulai dari menjadikannya make up remover, masker wajah dan rambut, mencampurkannya dalam bathtub mandi, atau mengoleskannya seperti body lotion di seluruh tubuh. Bukan hanya untuk perawatan luar, kamu juga bisa menjadikan minyak zaitun sebagai topping salad.

2. Minyak Jojoba

Jojoba merupakan tumbuhan herbal parenial buxaceae yang tumbuh di daerah gurun seperti Meksiko dan California. Ekstrak dari biji tumbuhan inilah yang menghasilkan minyak atau dikenal dengan minyak jojoba. Minyak jojoba umumnya digunakan untuk luka bakar, jerawat, atau perawatan rambut. Keunggulan minyak jojoba yaitu memiliki tingkat alergi paling rendah sehingga aman bagi kulit. Kamu juga bisa lho menggunakan minyak ini untuk bayi sebagai baby oil.

3. Minyak Delima

Selain memiliki rasa manis dan enak untuk dimakan, minyak ini dikenal memiliki khasiat yang baik bagi tubuh berkat kandungannya yang kaya antioksidan yang baik untuk kulit. Minyak delima dipercaya mampu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, mengurangi garis keriput, mengencangkan kulit, dan menjaga kulit dari bahaya sinar matahari.

4. Marula Oil

Marula ori berasal dari kacang buah Marula yang tumbuh di Afrika. Minyak marula sudah lama digunakan sebagai perawatan kulit alami. Minyak ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. Jangan khawatir, marula oil cocok untuk semua jenis kulit, bahkan mampu mengurangi produksi minyak berlebih bagi kulit berminyak dan mengurangi munculnya jerawat. Minyak marula juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berkhasiat untuk mencerahkan serta mengurangi tanda penuaan pada kulit.

5. Rosehip Oil

Rosehip oil berasal dari tanaman sejenis mawar yang tumbuh di daerah Cina dan Amerika Selatan. Rosehip oil diambil dari biji buah rosehip yang diproses secara cold press. Khasiat dari rosehip di antaranya mampu memudarkan noda hitam di kulit yang berasal dari bekas luka atau bekas jerawat. Minyak ini juga berguna untuk melembabkan dan mencegah penuaan dini pada kulit.

6. Minyak Argan

Biji argan banyak tumbuh di daerah Maroko. Minyak yang dihasilkannya memiliki manfaat kecantikan dari ujung kepala dan ujung kaki. Minyak argan juga mengandung antioksidan, yang dipercaya dapat menghaluskan dan melembapkan kulit, mencegah penuaan dini, dan membuat rambut berkilau.

7. Minyak Kelapa

Banyak orang yang sudah mengetahui khasiat minyak kelapa untuk kulit, seperti mencegah kulit kering karena panas matahari atau radiasi dari sinar UV. Pasalnya, saat mengaplikasikan minyak kelapa kamu akan merasakan efek menenangkan. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga bisa mengatasi bibir pecah-pecah dan kulit kering. Bahkan, ia menjadikan kulit bermasalah menjadi berkilau kembali. Beberapa jenis minyak kelapa bahkan bisa dikonsumsi langsung untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Itulah 7 minyak alami yang bisa kamu gunakan sebagai perawatan kulit. Minyak alami dipercaya lebih aman karena belum terkontaminasi dengan zat kimia sehingga baik untuk kulit. Jika kamu memiliki masalah lain berkaitan dengan kulit, kamu juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc. Kamu bisa berkonsultasi di aplikasi dengan cara Chat atau Voice/Video Call kapan pun dan di mana pun. Download aplikasi Halodoc sekarang untuk kepraktisan kesehatanmu !

Baca juga: