03 September 2018

Ini Pentingnya Menggunakan Serum Wajah

serum wajah

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang mengira bahwa rajin cuci muka, menggunakan moisturizer, sunscreen dan scrub saja sudah merupakan rangkaian perawatan yang cukup untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Nyatanya, seperti layaknya tubuh, wajah juga butuh asupan nutrisi, lho. Namun, wajah hanya membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang sedikit saja dan itu bisa kamu dapatkan melalui serum wajah.

Apa Itu Serum Wajah?

Serum wajah merupakan sebotol kecil eliksir berwarna jernih, bertekstur ringan dan bebas minyak. Dengan bahan kandungan aktif seperti vitamin, mineral, dan juga antioksidan, serum dapat menembus ke bagian kulit terdalam lebih cepat, mudah dan merata daripada pelembab wajah biasa. Serum wajah biasanya berupa gel atau lotion yang digunakan dengan cara dioleskan ke wajah, layaknya pelembab kulit. Dapat memberi banyak manfaat untuk kulit wajah, inilah alasan mengapa kamu wajib menambahkan serum wajah ke dalam ritual perawatan kecantikan kamu setiap hari:

1. Melembabkan Kulit Wajah

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam serum wajah bermanfaat untuk mengembalikan kelembaban kulit. Namun demikian, ada beberapa perbedaan antara serum dan pelembab wajah. Serum memiliki kandungan bahan aktif yang lebih kaya dan sangat terkonsentrasi daripada kandungan dalam pelembab. Itulah mengapa harga sebotol kecil serum jauh lebih mahal daripada sebuah pelembab wajah.   

2. Baik untuk Kulit Berminyak

Buat kamu yang punya jenis kulit wajah berminyak, serum wajah sangat baik untuk mengurangi minyak berlebih. Serum wajah pada dasarnya diformulasikan tanpa adanya tambahan minyak seperti yang umumnya bisa kamu temukan pada pelembab. Jadi, kamu enggak perlu khawatir wajah akan tambah berminyak bila memakai serum wajah. Justru dengan menggunakan serum wajah, beberapa masalah pada kulit wajahmu seperti noda hitam, kapiler pecah, dan lain-lain bisa diatasi.

Namun, hal ini bukan berarti kamu yang punya jenis kulit wajah normal dan kering tidak bisa menggunakan serum. Semua orang dengan jenis kulitnya masing-masing tetap bisa mendapatkan kebaikan dari serum wajah. Hanya saja kamu perlu mencari jenis serum yang sesuai dengan jenis kulitmu serta memerhatikan urutan pemakaiannya. Bagi orang berjenis kulit normal sampai berminyak, disarankan untuk menggunakan serum dulu, baru kemudian menggunakan pelembab agar minyak yang ditimbulkan oleh pelembab tidak menghalangi serum, sehingga serum dapat terserap dengan baik ke dalam kulit. Sedangkan bagi jenis kulit kering, disarankan untuk menunggu 15 menit setelah mencuci muka baru mulai menggunakan serum.

3. Menangkal Dampak Buruk Polusi dan Sinar Matahari

Polusi dan sinar matahari yang menerpa kamu setiap hari saat beraktivitas di luar rumah bisa menimbulkan noda hitam pada wajah, sehingga wajahmu terlihat kusam dan tidak segar. Serum wajah bermanfaat untuk menangkal dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari polusi dan sinar matahari. Karena itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan serum wajah setiap akan beraktivitas di luar ruangan.

4. Menyamarkan Noda Hitam Pada Wajah

Bila noda hitam terlanjur muncul pada kulit wajah, kandungan vitamin E yang ada dalam serum dapat bekerja sebagai antioksidan yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Serum bekerja dengan cara mengurangi kerusakan yang terjadi akibat sinar matahari dan radikal bebas yang kamu temui setiap hari, sehingga noda hitam pada kulit wajah bisa dihilangkan. Hasilnya, wajahmu akan kembali cerah dan berseri.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya disebabkan oleh sinar UV yang memicu timbulnya noda hitam, keriput, serta garis-garis halus sebelum waktunya. Nah, penggunaan serum wajah bisa mencegah terjadinya penuaan dini tersebut, karena kandungan yang terdapat di dalamnya dapat menutrisi kembali wajah dan memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat paparan sinar UV yang berasal dari matahari.

Jadi, jangan sepelekan penggunaan serum wajah, karena produk skincare ini memiliki segudang manfaat untuk wajahmu. Bila kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kulit melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: