• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Berbagai Fakta Unik Seputar Burung Nuri Afrika

Inilah Berbagai Fakta Unik Seputar Burung Nuri Afrika

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Berbagai Fakta Unik Seputar Burung Nuri Afrika

“Burung nuri abu-abu Afrika adalah hewan eksotis yang tidak hanya cantik, tapi juga cerdas. Burung ini bisa mengingat 1000 lebih kata dan menggunakannya untuk berkomunikasi. Tidak heran bila burung nuri abu-abu Afrika menjadi spesies burung yang populer sebagai hewan peliharaan di beberapa negara. Mengetahui fakta unik burung nuri abu-abu Afrika bisa menginspirasi kamu untuk ikut terlibat dalam melestarikan burung ini.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu melihat burung nuri abu-abu Afrika? Jenis burung eksotis ini tidak hanya memiliki rupa yang cantik, tapi juga cerdas. Burung nuri abu-abu Afrika mampu mengingat kosa kata hingga 1000 kata atau lebih, dan menggunakan kata-kata yang sudah mereka pelajari tersebut untuk diucapkan. Itu bukan satu-satunya hal yang membuat burung tersebut begitu istimewa. 

Mengetahui fakta unik dan menarik tentang burung nuri abu-abu Afrika, kamu bisa mempelajari lebih banyak tentang burung yang luar biasa ini, sehingga bisa menginspirasi kamu untuk terlibat dalam pemeliharaan spesies ini.

Baca juga: 4 Jenis Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Fakta Unik dari Burung Nuri Afrika

Seperti namanya, burung nuri abu-abu Afrika adalah burung nuri yang berukuran sedang berwarna abu-abu dengan bintik-bintik hitam. Mereka memiliki paruh hitam besar dan ‘topeng’ putih di sekitar mata mereka yang berwarna kuning, serta memiliki ekor merah yang mencolok. 

Meskipun biasanya mereka tinggal di hutan yang lebat, burung nuri abu-abu Afrika juga bisa ditemukan di tepi hutan, pembukaan lahan, hutan bakau, hutan sabana, area budidaya, bahkan kebun. Makanan mereka meliputi buah, biji-bijian, nektar, serbuk sari, dan kadang-kadang serangga.

Bukan tanpa alasan bila burung nuri abu-abu Afrika menjadi spesies burung paling populer sebagai hewan peliharaan di Eropa, Amerika Serikat dan Timur Tengah. Berikut adalah fakta-fakta burung nuri Afrika yang juga bisa membuat kamu tertarik pada spesies ini:

  1. Ada Lebih dari Satu Jenis

Meskipun semua jenis burung nuri abu-abu Afrika terlihat mirip, ada dua jenis yang berbeda dan beberapa subspesies yang kurang dikenal dari burung kesayangan ini. Jenis yang paling umum dan populer adalah burung nuri abu-abu Afrika Kongo. Ini adalah jenis yang paling besar dari burung nuri abu-abu Afrika dengan bulu berwarna abu-abu yang lebih terang dan paruh berwarna hitam pekat. 

Jenis kedua yang paling umum adalah burung nuri abu-abu Afrika Timneh yang diakui sebagai spesies tersendiri pada tahun 2021. Burung nuri abu-abu Afrika Timneh berukuran sedikit lebih kecil dari Kongo, dan warna bulunya lebih gelap. Ciri khas lainnya dari burung nuri abu-abu Afrika Timneh adalah ia memiliki rahang atas berwarna tanduk dan bukan hitam.

Terlepas dari perbedaan yang ada di antara mereka, kedua jenis burung nuri abu-abu Afrika ini sama-sama cerdas dan menjadi hewan peliharaan yang sangat baik.

  1. Termasuk Spesies Burung yang Paling Cerdas

Selain menjadi salah satu spesies burung peliharaan yang paling populer, burung nuri abu-abu Afrika juga merupakan salah satu jenis burung yang paling cerdas

Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak penelitian sudah dilakukan pada kapasitas mental burung nuri abu-abu Afrika oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Dr. Irene Pepperberg menggunakan burung nuri abu-abu Afrika miliknya yang bernama Alex dan juga burung nuri Afrika lainya dalam uji coba penelitian yang berfokus pada komunikasi.

Dari penelitian tersebut, Dr. Irene menemukan bahwa burung nuri abu-abu Afrika tidak hanya mampu mempelajari kata-kata manusia dalam jumlah yang luar biasa banyaknya, mereka bisa belajar menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pemiliknya.

Burung yang memiliki nama latin Psittacus erithacus ini termasuk dalam genus spesies ini dikatakan memiliki kapasitas mental dan emosional yang setara dengan seorang anak berusia 5 tahun.

  1. Merawat Burung Nuri Afrika Butuh Kerja Keras

Karena tingkat kecerdasannya yang tinggi, burung nuri abu-abu Afrika bisa membentuk ikatan yang sangat kuat dengan pemiliknya dan sangat bergantung secara emosional. Bila kamu ingin memelihara burung nuri abu-abu Afrika, kamu perlu mencurahkan banyak waktu untuk untuk mengurus dan bersosialisasi dengannya setiap hari. Karena dengan begitu, burung tersebut baru bisa mengembangkan kemampuannya secara maksimal.

Selain itu, burung nuri abu-abu Afrika juga membutuhkan banyak latihan untuk menjaga otot-otot kuat mereka tetap kencang dan menjaga kondisi fisik tetap bugar. Hal ini berarti mereka harus menghabiskan beberapa jam per hari untuk bermain di luar kandang, di area yang diawasi.

Baca juga: 3 Kegiatan Bermain dengan Hewan Peliharaan yang Wajib Dicoba

  1. Memiliki Umur Panjang

Burung nuri abu-abu Afrika diketahui bisa hidup hingga 80 tahun di penangkaran. Bila kamu ingin mengadopsi burung eksotis ini, kamu harus berkomitmen untuk memeliharanya hingga seumur hidup.

Burung nuri abu-abu Afrika terlalu sensitif secara emosional, sehingga mereka sulit bertahan bila dipindahtangan dari satu pemilik ke pemilik lain, jika sudah ada ikatan kuat secara emosional dengan pemilik sebelumnya.  

  1. Tidak Bisa Diam

Bila kamu tahu sulitnya menjaga anak kecil agar tetap terhibur dan tidak bosan, hal itu juga lah yang akan kamu rasakan saat mengurus burung nuri abu-abu Afrika. Burung yang cerdas ini membutuhkan banyak stimulasi mental agar ia tidak bosan dan tetap bahagia dan sehat.

Jadi, kamu perlu memberi mereka berbagai macam mainan dan melatih pikiran mereka dengan berbagai cara. Bila tidak, burung nuri abu-abu Afrika bisa mengembangkan perilaku destruktif dan mengembangkan kebiasaan tidak menyenangkan yang mungkin memerlukan campur tangan dokter hewan.

Baca juga: Fakta Seputar Burung Nuri yang Memiliki Bentuk yang Indah

Nah, itulah beberapa fakta unik seputar burung nuri Afrika. Bila hewan peliharaan kamu sakit, kamu bisa beli obat yang diresepkan oleh dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Facts About African Grey Parrots.
Seaworld Park & Entertainment. Diakses pada 2021. African Grey Parrots.