Inilah Tips Bikin Es Buah Rendah Kalori

Inilah Tips Bikin Es Buah Rendah Kalori

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi takjil, seperti es buah dianggap sebagai “ritual” yang cocok untuk dilakukan setelah satu harian berpuasa. Es buah sering menjadi pilihan karena memiliki rasa yang menyegarkan dan bisa membantu mengatasi rasa haus dan lapar setelah hampir seharian berpuasa. Selain itu, sebagian orang berpikir bahwa makanan ini cukup sehat dan rendah kalori karena terbuat dari potongan beragam buah.

Namun jangan terkecoh, memang es buah tergolong makan sehat karena terdiri dari beragam buah yang bermanfaat untuk tubuh. Tapi jangan salah, jumlah kalori yang ada dalam satu porsi es buah ternyata tergolong cukup tinggi.

Baca juga: 4 Kalori Camilan Khas Buka Puasa

Dalam satu gelas es buah, diperkirakan adalah sekitar 247 kalori, yang terdiri dari 0 persen lemak, 99 persen karbohidrat, dan 1 persen protein. Dalam satu gelas es buah, terkandung 0,77 gram protein, 62,92 gram karbohidrat, serta 62,92 gram gula. Namun terkadang, jumlah kalori dalam es buah juga tergantung pada isian yang terdapat di dalamnya. Semakin beragam campuran yang ada, maka kemungkinan jumlah kalori akan bertambah semakin besar.

Baca juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk dapat menikmati es buah saat berbuka puasa tanpa mengkhawatirkan jumlah kalori yang akan masuk ke dalam tubuh? Jawabannya ada. Simak tips membuat es buah rendah kalori yang bisa diterapkan selama bulan puasa berikut!

1. Pilih Buah Terbaik

Salah satu cara menekan jumlah kalori dalam es buah adalah dengan memilih jenis buah terbaik. Kamu bisa memilih jenis buah yang tidak banyak mengandung kalori, tapi tetap kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Jenis buah yang bisa dipilih, di antaranya pisang, apel, semangka, melon, dan alpukat.

2. Hindari Gula dan Kental Manis

Menambahkan gula dan kental manis dalam bahan membuat es buah memang bisa membuat rasa makanan ini lebih nikmat. Namun tahukah kamu, kedua bahan tersebut merupakan biang kerok yang menyebabkan jumlah kalori dalam makanan meningkat. Agar lebih sehat dan rendah kalori, batasi atau hindari menggunakan gula tambahan maupun kental manis saat membuat es buah.

3. Ganti dengan Air Kelapa

Sebagai ganti gula dan kental manis, kamu bisa menggunakan air kelapa murni yang dikenal dengan khasiatnya. Cara membuatnya adalah dengan memotong beberapa jenis buah yang sudah dipilih, kemudian letakkan dalam sebuah wadah. Setelah itu, kamu bisa menyiramkan air kelapa asli ke dalam campuran buah tersebut dan tambahkan perasan lemon. Sentuhan terakhir agar lebih segar adalah menambahkan es batu, dan es buah pun siap disantap untuk berbuka puasa.

4. Es Buah Green Tea

Salah satu varian yang bisa dibuat untuk menu berbuka puasa adalah es buah green tea. Cara membuatnya adalah dengan menyeduh green tea, dan diamkan sampai dingin. Kemudian, tuang green tea ke dalam wadah berisi buah yang sudah dipotong-potong. Kamu bisa mendapatkan manfaat sehat dari buah-buahan dan green tea sekaligus.

Baca juga: Banyak Dikonsumsi Saat Berbuka, Ini Manfaat Buah Kurma

Selain makanan sehat saat berbuka puasa, jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Namun jangan sampai berlebihan. Agar puasa lebih lancar, cari tahu tips sehat puasa bersama dokter di Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download Halodoc di App Store dan Google Play!