02 October 2018

Jaga Kadar Asam Folat dalam Tubuh Agar Tidak Terjadi 5 Hal Ini

Asam folat, kadar asam folat

Halodoc, Jakarta - Apa itu asam folat? Mengapa asam folat sangat penting bagi tubuh? Asam folat merupakan bentuk dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi. Mulai dari membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah.

Manfaat Asam Folat

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi pria, manfaat asam folat adalah menambah jumlah atau volume sperma. Asam folat yang dikonsumsi oleh pria bisa meningkatkan jumlah atau kuantitas sperma sampai dengan 74 persen. Peningkatan jumlah atau kuantitas ini berguna untuk meningkatkan peluang kehamilan seseorang. Hal itu dikarenakan dibutuhkan ribuan sel sperma untuk bisa membuahi sel telur. Jumlah sperma yang sedikit bisa menghasilkan sel sperma yang sedikit pula, sehingga minimnya terjadi pembuahan.

2. Menyuburkan Kandungan

Asam folat bagus untuk dikonsumsi pasangan yang ingin segera mempunyai momongan. Bagi pasangan yang belum dikaruniai momongan, ada baiknya mengonsumsi asam folat dan makanan yang mengandung asam folat. Asam folat bisa digunakan untuk menyuburkan kandungan atau sel telur.

3. Menguatkan Sel Telur

Tidak hanya menyuburkan kandungan atau menyuburkan sel telur saja. Asal folat juga bisa digunakan untuk menguatkan sel telur, sehingga sel telur itu akan kuat menempel pada dinding rahim. Banyak yang gagal dalam kehamilannya dikarenakan sebelum berkembang menjadi embrio sel telur itu sudah gugur dari dinding rahim.

Namun, ternyata asam folat juga dapat menyebabkan suatu masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara kurang atau berlebihan. Apa saja dampak yang diakibatkan bagi kesehatan tubuh jika mengkonsumsi asam folat secara kurang atau berlebihan?

Dampak Kelebihan dan Kekurangan Asam Folat

1. Mati Rasa

 

 

Dalam keadaan yang sangat parah, asam folat dapat terus-menerus mengikis keberadaan vitamin B12. Akibatnya dalam jangka panjang, tubuh akan mengalami kerusakan jaringan yang dapat menyebabkan munculnya gejala tubuh mengalami mati rasa dan kehilangan kemampuan dalam merespon rangsangan dari luar tubuh. Selain itu, tubuh juga tidak dapat meneruskan respon rasa pada saraf sebagaimana mestinya

2. Insomnia

Ada begitu banyak hal yang mampu menyebabkan timbulnya insomnia. Salah satunya adalah jadwal tidur yang tidak teratur. Hal ini terjadi karena tubuh kelebihan asam folat atau vitamin B9. Kelebihan vitamin jenis ini ternyata dapat menghambat kemampuan seseorang mengatur jadwal tidur tepat waktu. Hal ini dikarenakan tubuh tidak berada dalam kondisi seimbang sebagaimana mestinya

3. Hipertensi

Kelebihan kadar asam folat juga dapat serta-merta memengaruhi kondisi tekanan darah untuk naik lebih tinggi lagi, sehingga mengakibatkan hipertensi atau darah tinggi. Hal ini dipastikan karena sistem sirkulasi darah bereaksi terhadap keberadaan asam folat dalam jumlah tinggi dalam tubuh

4. Anemia

Kekurangan persediaan asam folat dalam tubuh sama artinya dengan berkurangnya pasokan bahan pembuat sel darah terutama sel darah merah atau eritrosit. Hal ini mengakibatkan meningkatnya potensi anemia. Berkurangnya jumlah eritrosit berpengaruh terhadap berkurangnya jumlah hemoglobin pengangkut oksigen dalam aliran darah. Hal ini terlihat dengan munculnya gejala anemia seperti mudah lelah, letih, dan tubuh kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari

5. Diare

Tanpa adanya asam folat yang mencukupi dalam tubuh, maka sistem pencernaan pun mengalami gangguan. Kemampuan usus dalam menyerap sari dan cairan menjadi tidak optimal. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti diare. Hal lain yang dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan dapat terjadi pada organ lambung, yaitu permasalahan maag. Maag juga disebabkan oleh kurangnya ketersediaan asam folat dalam tubuh.

Segeralah berdiskusi dengan dokter jika kamu mempunyai gejala-gejala seperti di atas. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa berdiskusi langsung dengan Chat, Voice/Video Call di mana pun dan kapan pun. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek Antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google play!

Baca juga: