Jarang Diketahui, Tidur Siang Punya Manfaat bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hidup Sehat, manfaat tidur siang

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar orang menggunakan waktunya pada siang hari untuk bekerja, dan malam hari untuk tidur. Namun, tahukah kamu kalau tidur siang dapat memberikan segudang manfaat bagi tubuh? Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otak dan juga tubuh. Berikut ini 4 manfaat tidur siang yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Tidur Siang Bisa Membuat Otak Mengingat Hal yang Tidak Pernah Terjadi

1. Meningkatkan Produktivitas

Seseorang yang kurang tidur di malam hari dan menyempatkan tidur siang di pada siang harinya akan merasa lebih bersemangat. Selain itu, kewaspadaan akan meningkat setelah bangun tidur. Tidur siang yang dilakukan selama 20–60 menit akan menghasilkan lebih banyak stamina untuk menunjang produktivitas.

2. Mengurangi Stres

Tidur siang yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan kadar hormon stres menjadi lebih rendah. Hal ini tentu bermanfaat bagi tubuh, tubuh menjadi lebih rileks dan stres perlahan akan menurun. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan tidur siang saat jam istirahat. Temukan tempat yang tenang dan nyaman untuk tidur siang. Setelah bangun, tubuhmu akan terasa lebih segar, dan bekerja akan lebih fokus.

4. Meningkatkan Kreativitas

Istirahat dan relaksasi tak hanya penting bagi kesehatan tubuh, tidur siang juga membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Pasalnya, tidur siang akan membuat otak lebih segar untuk membuat ide-ide baru.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Tidur siang selama 30 menit dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak sebanyak 40 persen. Seseorang yang terus bekerja tanpa istirahat akan memiliki nilai IQ yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang rutin menjalani tidur siang. Hal yang lebih penting, seseorang yang rutin melakukan tidur siang akan mempunyai kemampuan menghafal yang lebih baik.

Terkadang, tidur siang diperlukan dalam waktu yang lebih lama, apalagi jika tubuhmu terasa sangat kelelahan. Seseorang akan membutuhkan aktivitas yang satu ini jika mereka tiba-tiba mengantuk atau mengalami gangguan tidur di malam hari. Jika hal tersebut terjadi, kamu dapat langsung mendiskusikan hal ini dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Dokter akan meresepkan obat, jika kamu membutuhkannya untuk mencegah gangguan tidur di malam hari.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Begini Cara Tidur Siang yang Baik

Meski tidur siang memiliki segudang manfaat, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa orang yang tidak bisa tidur jika tidak di kamarnya sendiri. Jika kamu ingin melakukan aktivitas yang satu ini, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Tidur siang sebaiknya dilakukan selama 30 menit. Semakin lama tidur siang dilakukan, kamu bisa saja terbangun dengan tubuh lemas dan merasa uring-uringan.

  • Tidur siang sebaiknya dilakukan saat waktu menunjukkan pukul 14.00 atau 15.00.

  • Tidur siang sebaiknya dilakukan di tempat yang tenang dengan suhu yang nyaman.

  • Ketika terbangun dari tidur siang, jangan langsung melakukan aktivitas. Jika dilakukan, hal tersebut akan membuat kamu sakit kepala, bahkan tidak enak badan.

Baca juga: Tidur Siang saat Puasa Bikin Gemuk, Benarkah?

Tidur siang yang tidak terlalu lama dilakukan akan menghasilkan efektivitas maksimum. Melakukan hal yang satu ini tidak ada salahnya, jika kondisimu memungkinkan. Namun, jika tiba-tiba kamu merasa sangat mengantuk dan kelelahan tanpa didasari oleh suatu hal, diskusikan dengan dokter, ya. Karena dikhawatirkan kamu mengidap kondisi medis lain yang membahayakan.

Referensi:
National Sleep Foundation. Diakses pada 2019. Napping. 
Mental Floss. Diakses pada 2019. 8 Scientific Benefits of Napping.