5 Camilan Sehat untuk Menyambut Tamu Datang Saat Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Camilan Sehat untuk Menyambut Tamu Datang Saat Lebaran

Halodoc, Jakarta - Namanya momen istimewa, tentu belum lengkap rasanya tanpa aneka makanan dan camilan lezat. Begitu pula hari Lebaran, yang akan datang dalam hitungan hari. Ketupat, opor ayam, dan aneka kue lebaran tentu sudah mulai disiapkan untuk menyambut tamu yang akan datang. Namun ingat, jangan asal enak, perhatikan juga nilai gizinya agar terhindar dari beragam masalah kesehatan usai lebaran. Yuk, intip beberapa rekomendasi camilan sehat untuk Lebaran sehat kamu dan keluarga!

1. Kue Kering Rendah Lemak

Lebaran selalu lekat dengan sajian berbagai kue kering, ya. Nah, agar sajian kue kering kamu super sehat, kamu bisa mengakalinya dengan selalu menggunakan mentega atau margarin yang rendah lemak. Usahakan juga memilih sajian kue kering dengan tambahan isi atau topping dari buah alami dan kacang-kacangan. Kombinasi sajian kue kering ini akan memberikan asupan lemak yang rendah dan kaya akan kandungan serat.

Baca juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Dikonsumsi Saat Puasa

2. Kacang-Kacangan

Sajian kacang-kacangan cukup umum disajikan saat lebaran tiba, yang ternyata juga menyimpan manfaat bagi tubuh. lho. Kacang-kacangan bisa jadi pilihan yang sehat karena memiliki kandungan serat, protein nabati dan fitonutrien yang tinggi. Hal ini akan mendukung penyerapan lemak dalam tubuh dari kadar serat dalam kacang-kacangan.

Ada cukup banyak jenis kacang yang bisa disajikan, kacang tanah, kacang mede, atau kacang pistachio bisa jadi pilihan yang mudah diperoleh. Agar asupan lemak bisa terkontrol, usahakan sajikan kacang dengan metode panggang, sehingga penggunaan lemak lebih rendah.

Jangan lupa, pastikan agar konsumsi kacang tidak berlebihan. Satu porsi kacang adalah sebesar 40-50 gram yang setara dengan 3-4 sendok makan penuh kacang. Selain kacang panggang, kamu juga bisa menyajikan kacang dalam bentuk segar, misalnya edamame rebus. Meskipun tidak seawet kacang panggang, kacang rebus bisa jadi alternatif sajian kacang yang sehat.

3. Buah Kering

Jika bingung menyajikan buah segar yang cenderung kurang awet sebagai sajian, buah kering bisa jadi pilihan sajian yang super sehat di meja saji saat lebaran tiba. Kismis, kurma atau buah prune bisa jadi pilihan sajian yang sehat saat Ramadan.

Baca juga: Buka Puasa di Kantor? Coba 5 Menu Sehat Ini

Kandungan gula alami yang ada pada buah akan memberikan rasa manis yang lebih sehat. Selain itu, buah juga memiliki kandungan serat yang baik untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Pastikan juga kamu memilih buah kering alami tanpa tambahan gula, ya.

4. Biskuit Gandum

Alih-alih memilih butter cookies atau biskuit manis lainnya, biskuit dari gandum utuh bisa jadi camilan sehat saat Lebaran, lho. Kandungan serat yang ada pada biskuit gandum bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan penyerapan kolesterol dalam tubuh sehingga kadar lemak dalam tubuh bisa berkurang.

5. Salad Buah

Usai menyantap aneka makanan berat dan berlemak saat Lebaran, kita biasanya akan menyuguhkan es buah atau menu segar lainnya sebagai pencuci mulut. Nah, kamu bisa juga lho mengkreasikan buah-buahan yang ada di lemari es menjadi salad buah. Buah mengandung gula alami, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Buah juga sangat penting jadi penetral dari segala makanan tinggi lemak yang sudah dimakan saat lebaran.

Baca juga: Demi Sahur Sehat, Hindari 5 Asupan Ini

Itulah sedikit penjelasan tentang camilan sehat untuk menyambut tamu saat Lebaran. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!