Jenis-Jenis Heloma yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
jenis heloma

Halodoc, Jakarta - Heloma, atau yang lebih dikenal dengan mata ikan, merupakan kondisi yang terjadi ketika adanya penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi secara berulang. Kondisi satu ini berbeda dengan kapalan, sebab heloma akan berukuran lebih kecil dan memiliki bentuk yang berbeda dengan kapalan. Selain itu, pada heloma kulit di sekitar akan berwarna kemerahan karena peradangan.

Penebalan kulit pada heloma tidak hanya menimbulkan peradangan. Namun, rasa nyeri akan membuat pengidapnya merasa sangat tidak nyaman ketika beraktivitas menggunakan kaki. Biasanya, heloma terjadi karena pemakaian sepatu yang tidak sesuai ukuran kaki, atau terlalu sering memakai sepatu heels yang tidak nyaman dengan kondisi kaki. 

Baca juga: Lapisan Kulit Menebal, Mungkin Terkena Heloma

Jenis-Jenis Heloma yang Perlu Diketahui

Heloma yang akrab disapa dengan satu nama ini, sebenarnya memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu:

  • Heloma Durums

Kondisi ini merupakan heloma yang paling sering terjadi. Biasanya, heloma durums terjadi karena penggunaan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki. Hal ini membuat jari-jari kaki saling bergesekan satu sama lain.

  • Heloma Molles

Kondisi ini merupakan heloma yang disebabkan oleh ukuran ujung tulang jari-jari kaki yang terlalu besar. Hal ini membuat jari-jari kaki saling bergesekan dan menimbulkan heloma molles.

Kedua heloma tersebut akan ditandai dengan gejala yang sama. Cara mendeteksinya pun dapat dengan mudah kamu lakukan. Beberapa gejala yang tampak, antara lain:

  • Terdapat lapisan kulit yang menebal.

  • Terdapat benjolan keras pada lapisan kulit yang menebal.

  • Terdapat rasa nyeri karena adanya penebalan kulit yang bertekstur keras atau lunak.

Jika kamu memiliki sejumlah gejalanya dan terlalu sulit untuk membedakan heloma atau kapalan, segera periksakan diri ke dokter dengan langsung membuat janji di sejumlah rumah sakit terdekat pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunggu sampai gejala muncul disertai dengan nanah atau darah. 

Ketika gejala muncul, dokter biasanya akan melakukan penanganan dengan memberikan sejumlah obat-obatan. Dalam kasus yang jarang terjadi, jika heloma yang dialami sudah masuk ke dalam kategori parah, dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur pembedahan guna memperbaiki posisi tulang yang mengakibatkan gesekan.

Baca juga: Mata Ikan, Enggak Terlihat tapi Ganggu Kaki Melangkah

Apa Faktor Risiko Lain dari Heloma?

Pemakaian sepatu yang tidak nyaman dan tidak sesuai akan menyebabkan adanya tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus-menerus. Hal ini merupakan penyebab utama terjadinya heloma. Tidak hanya itu, berikut beberapa faktor pemicu lain:

  • Pemusik yang kerap kali memainkan instrumen musik dengan jari-jari tangan secara terus-menerus, seperti gitar.

  • Seseorang dengan kelainan atau cacat bentuk pada jari kaki.

  • Seseorang dengan kelainan kelenjar keringat.

  • Seseorang dengan bekas luka atau kutil pada area tubuh yang dapat mengalami heloma.

  • Seseorang dengan kebiasaan berjalan yang salah, seperti dengan sisi dalam atau sisi luar kaki saja.

Baca juga: Mata Ikan Menyerang, Perlukah Operasi?

Perlu diketahui, heloma merupakan penyakit yang tidak hanya bisa muncul pada area kaki saja. Kondisi yang satu ini juga dapat muncul pada telapak tangan atau jari-jari tangan karena kebiasaan berulang yang dilakukan. Hal ini hanya dapat dicegah dengan menjauhi apa yang menjadi faktor pemicu terjadinya heloma dan menggunakan bantalan sepatu yang sesuai dengan bentuk tulang kaki.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Corns and Calluses.
NHS Choices. Diakses pada 2019. Corns and Calluses.