10 May 2018

Apa Penyebab Keringat Berlebihan pada Wajah?

Apa Penyebab Keringat Berlebihan pada Wajah?

Halodoc, Jakarta — Ketika sistem saraf mendeteksi tubuh terlalu panas, ia akan memberikan respon dengan mengubah pola aliran pernapasan dan aliran darah, yang menyebabkan seseorang berkeringat sebagai mekanisme pendinginan. Keringat bisa terjadi di setiap bagian tubuh manusia. Namun, umumnya keringat biasa terjadi pada ketiak, tangan, kaki, dan wajah. Penelitian di Mayo Clinic menunjukkan bahwa keringat berlebihan atau hiperhidrosis pada wajah memengaruhi sekitar 2,8 persen orang Amerika. Apa penyebab penyakit hiperhidrosis atau keringat berlebihan pada wajah?

Keturunan

Keringat di wajah yang berlebihan dipengaruhi oleh genetika. Manusia memiliki antara dua sampai empat juta kelenjar keringat di lapisan kulit. Jumlah kelenjar dan lokasinya berhubungan langsung dengan faktor keturunan. Jika seseorang memiliki hiperhidrosis wajah, kemungkinan besar anggota keluarga yang lain juga memiliki sejumlah besar kelenjar keringat aktif di wajah dan kulit kepala.  

Aktivitas Otak dan Saraf Tidak Beraturan

Sistem saraf simpatik, merupakan sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk "melindungi" tubuh dari bahaya dan menginstruksikan otak untuk mengeluarkan keringat. Bila saraf tidak berfungsi dengan baik karena Syringomyelia atau kelainan saraf lainnya, sistem saraf tersebut akan mengirimkan sinyal campuran ke hipotalamus yang mengendalikan kelenjar keringat, kelaparan, dan haus, sehingga menyebabkan keringat berlebihan pada wajah. Begitupun emosi seperti depresi, stres dan kecemasan, dapat mengubah aktivitas saraf di hipotalamus, menyebabkan kebingungan dan menyebabkan kelenjar keringat terlalu banyak beraktivitas.

Kegemukan

Orang yang kelebihan berat badan cenderung berkeringat lebih banyak. Ini karena tubuh menyimpan kelebihan mineral yang harus dikeluarkan kelenjar keringat. Semakin banyak lemak yang disimpan di tubuh, semakin besar jumlah keringat wajah berlebih.

Latihan dan Panas Berlebihan

Latihan, seperti berlari atau mengangkat beban berat, bisa menyebabkan tubuh terlalu panas, sehingga menyebabkan keringat di wajah menjadi berlebihan. Aktivitas mengeluarkan keringat ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh.

Jika kamu terus berkeringat tanpa melakukan akitivitas berat atau karena cuaca panas, segera tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan. Kamu juga bisa bertanya kepada para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat tentang penyakit hiperhidrosis dan penanganannya. Selain itu, di aplikasi ini bisa membeli obat dan vitamin, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.