• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Kue Khas Lebaran yang Bisa Dicoba

4 Jenis Kue Khas Lebaran yang Bisa Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Lebaran sebentar lagi tiba! Meskipun lebaran kali ini sedikit berbeda, karena tidak bisa mudik maupun bersilaturahmi ke rumah-rumah sanak saudara, hal ini tidak menyurutkan kemeriahan perayaannya. 

Kamu tetap bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga di rumah dengan mencicipi berbagai macam kue lebaran yang nikmat. Bahkan, kamu juga bisa mengirimkan kue-kue khas lebaran ini pada orang-orang terdekat sebagai wujud kasih dan perhatian kamu. Yuk, intip pilihan jenis kue lebaran yang bisa dicoba di bawah ini.

1. Nastar

Perayaan lebaran rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran kue nastar. Kue berbentuk bulat dan kecil ini menyimpan kejutan rasa selai nanas yang manis yang ditutupi oleh adonan berwarna keemasan yang terbuat dari tepung, gula, dan telur. Rasanya yang sangat enak dijamin bisa bikin siapa saja yang mencobanya jadi ketagihan.

2. Kastengel

Bagi kamu pencinta keju, kue kastengel mungkin adalah kue yang paling dinanti-nanti saat lebaran. Namun tahukah kamu, kastangel merupakan camilan perpaduan Belanda-Indonesia yang memiliki nama asli Kaasstengels, yang artinya keju-jari. Kue yang satu ini juga cukup disukai banyak orang, terutama oleh para penyuka camilan asin.

3. Putri Salju

Disebut putri salju, karena kue yang satu ini yang dilapisi oleh bubuk gula berwarna putih seperti salju. Putri salju juga menjadi salah satu jenis kue yang populer di kala lebaran dan dapat memanjakan lidah kamu. 

Mencoba satu potong saja jelas tidak akan cukup, apalagi kue berbentuk bulan sabit ini juga punya kejutan rasa kacang yang renyah dan gurih yang terdapat di bagian tengahnya. Saat isi toples sudah habis pun, dijamin kamu akan tergoda untuk membersihkan lapisan saljunya yang manis dengan jari hingga tidak tersisa.

4. Kue Lapis Legit

Salah satu kue paling bergengsi dan selalu sajikan di hari raya Idul Fitri adalah lapis legit. Dibuat dengan hati-hati dengan teknik pelapisan beberapa adonan yang tipis berwarna coklat gelap dan coklat muda, kue basah ini tentu saja merupakan suguhan mewah yang cocok menjadi teman minum kopi.

Baca juga: 5 Kue Lebaran Lezat dan Kalorinya

Namun, hati-hati. Jangan sampai suguhan kue-kue khas lebaran tersebut membuat kadar gula darah dan berat badan kamu jadi naik! Karena itu, kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi kue khas lebaran yang manis tersebut.

Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menahan diri dari godaan mengonsumsi kue-kue manis secara berlebihan saat lebaran:

  • Makan Secara Perlahan

Setelah satu bulan menahan diri dengan berpuasa, kamu akan sangat tergoda untuk merayakan hari kemenangan dengan makan secara besar-besaran. Karena itu, cobalah untuk makan secara perlahan serta fokus pada rasa dan sensasi mengunyah dari setiap suapan makanan yang masuk ke dalam mulutmu. Hal ini dapat membantu mencegah kamu dari godaan makan secara berlebihan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih?

  • Kontrol Porsi Makan

Sebelum perayaan lebaran dimulai, tentukan dalam diri kamu sendiri tentang apa dan berapa banyak makanan yang akan kamu makan. Hal ini akan membantu mencegah kamu dari makan berlebihan. Cobalah untuk tidak duduk di depan meja yang penuh dengan suguhan kue-kue khas lebaran. Kalau bisa, simpanlah toples-toples camilan tersebut di tempat yang tidak menarik perhatian.

  • Kalahkan Keinginan Makan Manis

Sebelum perayaan lebaran, kamu mungkin juga bisa mengonsumsi camilan sehat, seperti kurma kering dengan kacang kenari yang dapat membantu kamu memuaskan keinginan untuk makan manis dan mencegahmu untuk mengonsumsi kue khas lebaran secara berlebihan.

Baca juga: 5 Tips Lebaran Sehat

Itulah 4 jenis kue lebaran yang bisa kamu coba. Yuk, jaga kesehatanmu selama lebaran dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Bila kamu sakit atau ingin bertanya seputar masalah kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter ahli melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar ruamh. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Wonderful Indonesia. Diakses pada 2020. Celebrate Eid Al-Fitr in Indonesia with These 10 Delicious Foods.
Diabetes NSW & Act. Diakses pada 2020. Nine tips for a healthy Eid ul-Fitr.