• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Bikin Berat Badan Naik

5 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Bikin Berat Badan Naik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Faktanya, seseorang bisa mengalami kenaikan berat badan akibat berbagai alasan. Salah satunya karena terlalu banyak makan atau minuman yang mengandung kalori berlebih. Apalagi kini di Indonesia semakin banyak minuman-minuman yang dikemas tanpa memerhatikan kandungan gizi di dalamnya. Mulai dari kopi kekinian, minuman boba, atau minuman-minuman kreasi kekinian lainnya.

Hal yang perlu digaris bawahi, nutrisi harian umumnya didapatkan melalui makanan. Jadi, ketika kamu memilih minuman, pastikan kadar nutrisinya tidak berlebihan. Umumnya, minuman yang bisa menaikkan berat badan adalah minuman yang mengandung gula tinggi. Nah, ini jenis minuman kekinian yang tidak sehat dan memicu kenaikan berat badan:

Baca juga: Bubble Tea Bisa Sebabkan Kematian, Begini Penjelasannya

  • Bubble Tea atau Boba Tea

Kamu pasti akrab dengan minuman tidak sehat satu ini. Minuman manis yang ditambahkan dengan bola-bola berbahan dasar tepung tapioka ini menjadi sangat populer dan kerap dicampurkan ke dalam minuman. Mulai dari teh, susu, hingga kopi, semua minuman tersebut bisa dikombinasikan dengan boba. Mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena dalam secangkir boba tea dapat terkandung gula yang sangat tinggi, bisa sampai 20 sendok. Padahal orang dewasa hanya membutuhkan gula harian sebanyak 8 hingga 11 sendok teh saja. Jika kamu rutin konsumsi boba, jangan heran jika berat badan kamu bisa bertambah.

  • Soda 

Soda yang ditambahkan pemanis bisa dikatakan sebagai minuman yang mudah menaikkan berat badan seseorang. Minuman manis ini hanya berisi gula tanpa memberikan nutrisi penting lain yang bermanfaat untuk tubuh. Melansir Healthline, penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum soda manis jauh lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada orang yang tidak. Satu studi menemukan bahwa orang yang minum soda di atas makanan normal mereka mengkonsumsi 17 persen lebih banyak kalori. Seiring waktu, hal ini menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Minum soda tidak hanya meningkatkan risiko obesitas, tetapi juga diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Baca juga: Sering Konsumsi Minuman Panas Sebabkan Kanker Tenggorokan, Benarkah?

  • Kopi dengan Tambahan Gula 

Kopi bisa menjadi minuman yang sangat sehat, tetapi jika diberi tambahan gula atau sirup, kopi bisa mengandung gula sebanyak sekaleng soda. Seperti halnya soda, minuman kopi berkadar gula tinggi dapat berdampak buruk dan pastinya bisa menaikkan ukuran pinggang kamu. Jika kamu meminum kopi dengan gula berlebihan secara teratur, maka jangan heran jika berat badan kamu terus naik. 

  • Milkshake

Salah satu minuman tidak sehat ini juga sayangnya menjadi minuman kesukaan banyak orang. Susu dengan rasa yang manis tersebut tidak baik untuk kesehatan terutama pada anak-anak karena asupan gulanya yang tinggi. Segelas milkshake terdapat empat kali asupan gula yang direkomendasi dokter pada anak-anak dalam satu hari. 

  • Jus Buah

Jus buah sering dianggap sebagai pilihan minuman yang sehat, padahal tidak selamanya demikian. Pasalnya, sebagian besar jus yang dijual dalam kemasan juga mengandung gula dan soda. Mereka juga minim serat dan nutrisi lain yang seharusnya bisa ditemukan dalam buah-buahan utuh. Minum jus buah dalam jumlah yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, terutama pada anak-anak. Oleh karena itu, buah utuh adalah pilihan yang lebih sehat untuk menurunkan berat badan. Jika kamu ingin memasukkan jus buah dalam diet harian, pilih jus buah tanpa pemanis dan pertahankan ukuran porsi hanya sebanyak 150 ml per hari.

Baca juga: Singapura Larang Minuman Manis, Ini 5 Bahayanya

Itulah minuman tidak sehat yang harus dibatasi untuk dikonsumsi supaya kamu tidak mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, kamu harus menerapkan pola hidup sehat supaya kamu jadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Chat saja dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran kesehatan yang kamu butuhkan. Dokter akan siaga 24 jam untuk mengatasi semua keluhan kesehatanmu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Foods & Beverages That Are Highly Fattening.
Massachusetts General Hospital. Diakses pada 2020. Rethink Your Drink: How Sugary Drinks Cause Unhealthy Weight Gain.