Jerawat Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jerawat Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius?

Halodoc, Jakarta - Jerawat umumnya terjadi pada seseorang yang memasuki masa remaja. Kondisi yang menyerang wajah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tidak sedikit yang mengira bahwa jerawat disebabkan oleh hormon dan kurangnya menjaga kebersihan muka. Faktanya, jerawat bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat adalah penyakit serius. Dengan kata lain, jerawat bisa terjadi sebagai tanda munculnya penyakit serius. Kenapa hal ini bisa terjadi? Untuk selengkapnya, simak penjelasan berikut!

Jerawat Merupakan Tanda Beberapa Penyakit Serius

Umumnya, jerawat merupakan suatu kondisi kulit yang melibatkan perubahan hormon. Jerawat yang terjadi dapat terbagi menjadi tiga bagian, yaitu ringan (jerawat terjadi sesekali), sedang (mengalami radang papula), atau parah (nodul dan kista).

Jerawat yang terjadi dimulai ketika pori-pori wajah mengalami sumbatan. Hal tersebut dapat berkembang, sehingga menyebabkan lesi pada kulit. Lesi yang tidak menyebabkan radang dapat menimbulkan komedo. Apabila peradangan terjadi, jerawat pun akan muncul.

Ternyata, jerawat yang tumbuh di wajah dapat menjadi gejala dari penyakit serius. Beberapa penyakit serius yang menimbulkan gejala tersebut berhubungan dengan gangguan hormon. Berikut adalah beberapa penyakit serius yang dapat terjadi:

  1. Polycystic Ovary Syndrome

Sindrom ovarium polikistik adalah sebuah kondisi yang menyebabkan gangguan fungsi ovarium pada wanita. Gangguan ini dapat menyebabkan hormon wanita terganggu. Karenanya, jerawat dapat muncul sebagai gejala penyakit ini. Maka dari itu, jika kamu mengalami jerawat tumbuh yang parah, tidak ada salahnya segera periksakan diri ke dokter.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami

  1. Kanker Kulit

Pada kasus yang jarang terjadi, kanker kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat. Apabila kamu mengalami jerawat dan gangguan tersebut bertahan dalam waktu yang lama, segerakanlah untuk berdiskusi dengan dokter.

Kamu juga bisa menggunakan Halodoc untuk mendiskusikan kondisi kesehatanmu. Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah berbicara dengan dokter kapan dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan sampai dalam waktu kurang dari satu jam. Praktis kan? Yuk, download aplikasinya di smartphone-mu sekarang juga!

  1. Impetigo

Jika kamu mengalami jerawat berwarna madu dan letaknya di dekat mulut atau hidung, mungkin saja kamu mengidap impetigo. Gangguan tersebut mirip dengan jerawat, tetapi pada kenyataannya bukan. Gangguan ini merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat

  1. Gangguan Sistem Pencernaan

Jerawat yang tumbuh pada dahi kamu dapat menjadi pertanda munculnya penyakit serius. Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda gangguan pada sistem pencernaan. Jerawat pada dahi dapat terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Maka dari itu, perhatikan selalu makanan yang kamu konsumsi.

  1. Hiperplasia Adrenal Kongenital

Penyakit satu ini dapat menimbulkan gejala berupa jerawat. Akibat penyakit ini, seorang wanita bisa terlihat lebih maskulin karena hormon testosteron menjadi lebih dominan. Akhirnya, jerawat pun dapat tumbuh dengan mudah pada wajah.

Baca juga: Begini Cara Atasi Jerawat Pasir di Wajah

  1. Gangguan Ginjal

Jerawat yang tumbuh di sekitar mata dan telinga dapat menjadi pertanda munculnya gangguan ginjal. Pasalnya, kulit di sekitar mata terhubung dengan ginjal. Selain itu, jerawat pada area telinga juga berhubungan terhadap hal tersebut.