• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin Ganggu, Ini 5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Bikin Ganggu, Ini 5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Jerawat menjadi salah satu masalah yang hampir semua orang mengalaminya. Jerawat sendiri adalah peradangan kulit di mana kelenjar minyak mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri, kemudian terisi oleh kotoran, dan membengkak.

Seseorang yang mengalami jerawat, pasti ingin sekali menghilangkan jerawat dengan cepat. Banyak krim dan obat di pasaran yang dapat menyembuhkan jerawat, tetapi proses penyembuhannya tidak instan. Untungnya, ada banyak metode alami yang efektif untuk menyembuhkan jerawat dalam waktu singkat. Berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Tea Tree Oil

Kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Cairan ini mengandung antibakteri yang bisa melawan bakteri penyebab masalah kulit. Khasiatnya, bisa membantu mengurangi kemerahan, peradangan pada jerawat, serta mengeringkan komedo dan whitehead. Ketika diaplikasikan pada kulit, kamu akan merasakan sensasi menenangkan.

Cara menggunakannya yakni, celupkan bola kapas di tea tree oil dan usapkan pada area yang bermasalah. Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit dan cuci wajah kamu. Kamu juga bisa mencampur beberapa tetes tea tree oil dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Lalu oleskan ke jerawat dan noda hitam pada wajah kamu, lalu biarkan selama 20 menit kemudian cucilah wajah kamu.

(Baca juga: Komedo Bandel Susah Hilang, Ini Tipsnya)

Es Batu

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan es batu. Cara ini berguna untuk mengurangi kemerahan, bengkak, dan peradangan jerawat secara cepat. Es batu sendiri dipercaya bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di bagian yang bermasalah, mengecilkan pori-pori kulit, hingga membersihkan kotoran dan minyak yang menempel di kulit. Kamu bisa menggunakan es batu atau es yang sudah dihancurkan. Caranya kamu bisa membungkus es dalam sepotong kain dan menempelkannya pada area yang bermasalah selama beberapa detik. Kemudian tunggu beberapa saat dan ulangi lagi prosesnya.

Lemon

Jus lemon memiliki banyak kandungan vitamin C yang berguna untuk membuat jerawat lebih cepat kering. Tapi gunakan jus dari buah lemon segar, ya, bukan jus dalam botol yang mengandung pengawet. Bila ingin menggunakan lemon, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Cara pertama adalah dengan mencelupkan kain bersih pada jus lemon segar dan mengusapkannya pada jerawat sebelum tidur.

Cara kedua, kamu bisa mencampur 1 sendok makan jus lemon dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian setelah tercampur, oleskan pada jerawat di malam hari. Kemudian pada pagi harinya, kamu bisa mencuci wajah dengan air hangat. Tetapi, metode ini kurang cocok bagi pemilik kulit sensitif.

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa membantumu menghilangkan jerawat dengan cepat karena bumbu dapur yang satu ini mengandung zat antivirus, antijamur, antiseptik, dan antioksidan. Kandungan sulfur yang ada pada bawang putih bisa menyembuhkan jerawat secara cepat. Caranya potong bawang putih segar menjadi 2 bagian. Lalu oleskan bawang putih ke jerawat dan biarkan selama 5 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Namun bawang putih bisa menyebabkan iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Cobalah untuk mengoleskan madu setelah mengoleskan bawang putih, karena madu mampu menenangkan kulit.

Penguapan

Penguapan bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Hal ini dikarenakan penguapan bisa membuka pori-pori kamu dan membiarkan kulit kamu bernapas. Penguapan bisa menghilangkan minyak, kotoran, dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori dan menyebabkan infeksi atau peradangan. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal mengisi wadah besar dengan air panas dan membiarkan uapnya menyelimuti wajah kamu selama beberapa menit. Setelah itu, cuci wajah kamu dengan air hangat. Setelah dikeringkan, gunakan pelembap bebas minyak.

Dengan menerapkan 5 cara di atas kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk meredakan jerawat membandel di wajahmu.  Untuk tahu cara lainnya untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, kamu bisa menanyakan pada dokter yang terpercaya di aplikasi Halodoc. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter ahli via Chat, Voice/Video Call melalui layanan Contact Doctor. Kamu juga bisa membeli keperluan medis seperti obat atau vitamin melalui layanan Pharmacy Delivery. Pesananmu akan diantar dalam waktu tidak lebih dari satu jam, lo.

(Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat)

Selain itu, kamu bisa melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan melalui layanan Lab Service. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc.  Ayo download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.